Implementasi Pengembangan Kepripadian Berbasis Kurikulum Merdeka Di SMK Yos Sudarso 1 Sidoarjo

  • Faridah Sudaryanti
  • Sapto Pramono Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Dr.Soetomo Surabaya
Abstract views: 47 , Full Text downloads: 38
Keywords: Kata Kunci: Implementasi kebijakan, Kurikulum Merdeka, SMK Yos Sudarso 1 Sidoarjo

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis implementasi
kebijakan pengembangan kepribadian siswa berbasis Kurikulum Merdeka di
SMK Yos Sudarso 1 Sidoarjo dan faktor pendukung dan penghambatnya.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif deskriptif. Teori yang digunakan
adalah teori implementasi kebijakan menurut George Edward III, dengan 4
variabel yaitu komunikasi, sumber daya, disposisi dan struktur birokrasi.
Pengumpulan data penelitian ini dilakukan melaui observasi, wawancara, studi
dokumen. Selanjutnya, analisis data yang digunakan adalah kondensasi data,
penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menemukan Implementasi kebijakan pengembangan
kepribadian siswa berbasis Kurikulum Merdeka di SMK Yos Sudarso 1 Sidoarjo
pada variabel komunikasi, disposisi dan struktur birokrasi, menunjukkan indikasi
yang positif dan sudah optimal dalam mendukung implementasi kebijakan,
namun dalam variabel sumber daya masih ada keterbatasan anggaran, sehingga
capaian impementasi kebijakan masih belum optimal.
Faktor pendukung implementasi tersebut, meliputi a) adanya peraturan
menteri tentang Kurikulum Merdeka, b) adanya dukungan anggaran dari sekolah,
c) adanya Capaian Pembelajaran (CP), Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) dan
Modul Ajar, d) adanya Laboraturium Komputer, Perpustakaan, dan Modul ajar
siswa, e) adalah kesungguhan pimpinan dan guru pelaksana, f) kurikulum
Merdeka dapat menjadi sarana pengembangan SDM bagi guru, g) adanya
proses implementasi kebijakan melalui tahapan perenanaan, pelaksanaan dan
evaluasi yang memadai, g) adanya Wifi yang memadai, h) adanya Laboratorium
komputer yang memadai, i) adanya kegiatan outdoor sebagai projek P5, j)
adanya dukungan dari para orang tua siswa, k) menambah pengalaman siswa..
Faktor penghambat kebijakan kebijakannya yaitu a) Kemampuan dan
minat literasi siswa yang masih kurang, c) belum optimalnya karakter siswa
dalam kemandirian, d) belum optimalnya kesadaran siswa untuk
mengembangkan minat dan bakat, e) keterbatasan anggaran pengembangan
kegiatan P5, f) belum adanya modul resmi dari dinas terkait, f) penyusunan
modul sendiri memerlukan waktu yang cukup lama, g) Terkadang siswa perlu
iuran kelompok untuk mengerjakan suatu projek.
Peneliti menyusun rekomendasi yaitu hendaknya SMK Yos Sudarso 1
Sidoarjo berupaya untuk a) meningkatkan minat literasi siswa melalui kegiatan
pengembangan kepribadian seperti praktek diskusi grup, praktek memimpin
grup, penyelesaian permasalahan kelas, praktek presentasi materi pelajaran,
praktek bilingual, dan lain-lain, b) mengembangkan kegiatan P5 yang dapat
menghasilkan pemasukan finansial untuk mendukung kegiatan P5, b)
menyususun modul ajar secara bertahap, dimana tiap tahap yang sudah selesai
bisa langsung digunakan dalam pembelajaran, c) mengembangkan keterampilan
soft skill melalui pembelajaran yang lebih interaktif, kreatif, dan inovatif, d)
mengembangkan keterampilan sosial dan emosional siswa, seperti kemampuan
mengelola emosi, membangun hubungan yang sehat, dan menghargai
keberagaman, e) mengembangkan projek dengan produk yang dapat dipasarkan
pada warga sekolah dan lingkungan sekitar sekolah.

References

Abdul Wahab, Solichin, 1997. Evaluasi
Kebijakan Publik. Malang: Penerbit
FIA UNIBRAW dan IKIP Malang
Abdul Wahab, Solichin. 1999. Analisis
Kebijakan Publik Teori dan
Aplikasinya. Malang. PT Danar
Wijaya, 1999
Abdul Wahab, Solichin. 2004.
Analisis Kebijakan dari Formula
Keimplementasian Kebijakan
Negara. Jakarta: Bumi Aksara
Armstrong, Thomas. 2003. Smart
Baby's Brain. Jakarta : Prestasi
Pustaka.
Aprinto, Brian, at all. 2014. Pedoman
Lengkap Soft Skill Kunci Sukses
Dalam Karier, Bisnis, Dan
Kehidupan Pribadi. Jakarta : PPM
Manajemen.

Arifin, Zainal. 2011. Penelitian
Pendidikan. Bandung: Remaja
Rosdakarya
.
Arikunto, Suharismi, 2002. Prosedur
Penelitian Suatu Pendekatan dan
Praktek. Jakarta: Rinea Cipta
Arikunto, Suharsimi. 2016. Prosedur
Penelitian: Suatu Pendekatan
Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Al Mighwar, Muhammad,. 2006.
Psikologi Remaja Bandung:
Pustaka Setia.
Alwisol, 2009. Psikologi Kepribadian.
Malang: UMM Press.
Aprinto, Brian, at all. 2014. Pedoman
Lengkap Soft Skill Kunci Sukses
Dalam Karier, Bisnis, Dan
Kehidupan Pribadi. Jakarta : PPM
Manajemen.
Arikunto, Suharismi, 2002. Prosedur
Penelitian Suatu Pendekatan dan
Praktek. Jakarta: Rinea Cipta
Bungin, Burhan 2003. Analisis Data
Penelitian Kualitatif. PT Raja
Grafindo Persada,. Jakarta
Dhiman., Singh & Kumar. 2012.
Personality Development: A Worthy
Need. International Journal of
Education and Applied Research,
Vol. 2, Issue 1, pp. 62-64
Edward III, George C. 1980.
Implementing Public Policy.
Washington DC: Congressional
Quarterly Press.
Elfindri, at. all. 2015. Soft Skills Untuk
Pendidikan. Jakarta : Baduose
Media. 

9

Febriani, A. Feby. 2023.
Pengembangan Skill Mahasiswa
Melalui Program Pertukaran
Mahasiswa Merdeka Di Universitas
Muhammadiyah Sidenreng
Rappang. Jurnal Ilmiah Dinamika
Sosial, Volume 7 Number 1, Feb
2023 | pp.01-
10.https://ejournal.unesa.ac. id
/index.php/publika/article/view/
50044
Feist, J., & Feist, G.J. 2008. Theories
of Personality. (Edisi 6). Jakarta:
Salemba Humanika.
Gardner, Howard. 1993. Multiple
Intelligence: The Teory in Practice
A Reader.USA: Basic Book
Gunarsa, Singgih D. dan Yulia,
Singgih D. Gunarsa. 2011.
Psikologi Perkembangan Anak dan
Remaja Jakarta: Penerbit Libri.
https://binus.ac.id/character-building/
2020/12/sejarah-perjalanan-
kurikulum-pendidikan-indonesia/,
diakses tanggal 23 Juni 2023 jam
17.10 WIB
https://itjen.kemdikbud.go.id/web/berba
gai-kurikulum-yang-pernah-
diterapkan-di-indonesia/, diakses
tanggal 22 Juni 2023 jam 06.19
WIB).
https://ditsmp.kemdikbud.go.id/kenali-
3-opsi-ini-sebelum-mendaftar -
implementasi-kurikulum-merdeka-
jalur-mandiri/, diakses tanggal 24
Juni 2023 jam 15.37 WIB)
https://bgpsulawesiutara.kemdikbud.go
.id/2023/03/10/apa-itu-projek-
penguatan-profil-pelajar-pancasila/,
diakses tanggal 25 Juni 2023 jam
3.58.

https://kbbi.web.id/, diakses tanggal 25
Juni 2023 jam 3.58, diakses
tanggal 25 Juni 2023 jam 3.58.
.
https://repository.uksw.edu/bitstream/
123456789/ 16639/2.
Illah, Sailah. 2008. Pengembang-
an Soft Skills di Perguruan Tinggi.
Jakarta: Direktorat Jendral
PerguruanTinggi. 
Islamy, Irfan. 1997. Prinsip-Prinsip
Perumusan Kebijakan Negara.
Jakarta : Bumi Aksara,.
Islamy, Irfan. 1997. Prinsip-Prinsip
Perumusan Kebijakan Negara.
Jakarta : Bumi Aksara,.
Islamy, Irfan. 1998. Kebijakan.
Bandung: Pandawa Press.
Kartono. 1980. Pengantar Metodologi
Research Sosial, Alumni,.
Bandung.
Keputusan Badan Standar, Kurikulum
dan Asesment Pendidikan
Kementrian
Pendidikan,Kebudayaan, Riset dan
Teknologi Nomor 034/H/KR/ 2022
tentang Satuan Pendidikan
Pelaksana Implementasi Kurikulum
Merdeka pada Tahun ajaran 2022 /
2023
Keputusan Menteri Pedidikan
Kebudayaan Riset dan Teknologi /
Mendikbudristek Nomor. 56 / M
Tahun 2022 Tentang Pedoman
Penerapan Kurikulum Dalam
Rangka Pemulihan Pembelajar- an
(Kurikulum Merdeka).
Koswara. 2005.Teori Kepribadian Edisi
II. Bandung: PT. Eresco.
Kurinasih, Imas dan Sani, Berlin. 2014.
Implementasi Kurikulum 2013
Published
2023-12-06
How to Cite
Sudaryanti, F., & Pramono, S. (2023). Implementasi Pengembangan Kepripadian Berbasis Kurikulum Merdeka Di SMK Yos Sudarso 1 Sidoarjo. Soetomo Magister Ilmu Administrasi, 471-478. Retrieved from https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/smia/article/view/7418