Analisis Pelayanan Administrasi Kependudukan

(Studi Analisis Di Kelurahan Ampel Kecamatan Semampir Kota Surabaya)

  • Yazid Firmansyah Zahir
  • Sapto Pramono Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Dr.Soetomo Surabaya
Abstract views: 47 , Full Text downloads: 96
Keywords: Kata Kunci : Administrasi kependudukan, Pelayanan Administrasi Kependudukan

Abstract

ABSTRAK

Administrasi kependudukan adalah rangkaian kegiatan penataan dan penertiban
dalam penertiban dokumen dan data kependudukan melalui pendaftaran penduduk,
pencatatan sipil, pengelolaan informasi administrasi kependudukan serta
pendayagunaan hasilnya untuk pelayanan publik dan pembangunan sektor lain.
Seiring dengan berjalannya kebijakan otonomi daerah, aparat birokrasi pemerintahan
di daerah dapat mengelola dan menyelenggarakan pelayanan publik yang lebih peduli
dengan kebutuhan masyarakat daerahnya. Terdapat konsep yang mendasar dalam hal
mengelola urusan yang mengatur pemerintah lokal ini yakni adanya prakarsa sendiri
berdasarkan pada aspirasi masyarakat daerah tersebut. Otonomi daerah bermakna
kemauan masyarakat lokal untuk memecahkan berbagai macam masalah masyarakat
setempat demi mencapai kesejahteraan mereka. Namun pada kenyataanya
penyelenggaraan pelayanan publik yang dilakukan oleh pemerintah masih dihadapkan
pada pelayanan yang belum efektif dan efisien serta kualitas sumber daya manusia
yang belum memadai. Hal ini terlihat dari masih banyaknya pengaduan dari
masyarakat baik secara langsung maupun tidak langsung, seperti melalui media
massa yang menuntut peningkatan kualitas pelayanan publik. Penelitian ini bertujuan
untuk menganalisis Pelayanan Administrasi Kependudukan di Kantor Kelurahan Ampel
Kecamatan Semampir Kota Surabaya. Dan mnganalisis Faktor-faktor apakah yang
mempengaruhi Pelayanan Administrasi Kependudukan di Kantor Kelurahan Ampel
Kecamatan Semampir Ampel Kota Surabaya. Hasil dari penelitian ini hasil penelitian
yang telah peneliti lakukan di Kelurahan Ampel Kecamatan Semampir Kota Surabaya,
maka peneliti dapat menyimpulkan bahwa pelayanan administrasi kependudukan yang
diberikan oleh pelaksana atau penyelenggara yang ada di Kelurahan Ampel
Kecamatan Semampir Kota Surabaya sudah baik dan sudah menerapkan prinsip-
prinsip pelayanan yang di tertuang dalam Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur
Negara Nomor 63 Tahun 2003, meskipun ada beberapa poin prinsip pelayanan yang
belum dapat direalisasikan oleh petugas Kelurahan Ampel Kecamatan Semampir Kota
Surabaya misalnya seperti poin kedisiplinan dan kenyamanan. Akan tetapi, setidaknya
hampir semua poin sudah diterapkan dengan baik misalnya seperti kesederhanaan,
kejelasan, kepastian waktu, akurasi, keamanan, tanggung jawab, kelengkapan alat,
kemudahan akses dan kenyamanan walaupun di dalamnya masih ada masyarakat
yang belum merasa puas.

References

Abang Ishar Ay, 2016, Sejarah
Kesultanan Melayu Sanggau,
Jakarta : Indonesia, Yayasan
Pustaka Obor Indonesia.
Albi Anggito dan Johan Setiawan,
2018, Metodologi Penelitian
Kualitatif, Jawa Barat :
Indonesia, CV Jejak.
Bailah, 2019, Pengelolaan Administrasi
Penduduk Desa. Jawa Timur :
Indonesia,
Barata, Atep Adya, 2003, Dasar-Dasar
Pelayanan Prima, PT. Elex
Media Komputindo, Jakarta
Disertasi. Depok: FISIP UI. Hal. 17 34
Sinambela, Lijan Poltak, dkk.
2006. Reformasi Pelayanan
Publik, Teori, Kebijakan, dan
Implementasi. Jakarta:
STIALAN Pess. Hal 20 35
Ibrahim, Amin. 2008.
Dwitanto, Agus dkk. 2003, Reformasi
Tata Pemerintahan dan
Otonomi Daerah. Pusat Study
Kependudukan dan
Kebudayaan UGM 2003,
Jogjakarta
Faisal, Sanapiah, 2008. Format-format
Penelitian Sosial, Jakarta:
Penerbit PT. Rajagrafindo.
Ferry Fadzlul Rahman, 2020,
Introduction To Public Health
Management,
Harapan Pengguna, Palembang
: Indonesia, Bening media
publishing.
Hardiansyah. 2011. Kualitas Pelayanan
Publik. Gava Media: Jakarta.

Julia, 2018, Orientasi Estetik Gaya
Piringan Kacapi Indung dalam
Kesenian Tembang Sunda
Cianjuran di Jawa Barat, Jawa
Barat : Indonesia, UPI
Sumedang Press. Kelurahan
Kali Kecamatan Biau Kabupaten
Buol”. Katalogis, Volume 6,
Lembaga Administrasi Negara, 2003,
Penyusunan Standar Pelayanan
Publik, Deputi Kajian
Manajemen Kebijakan dan
Pelayanan, Jakarta
Lembaga Administrasi Negara. 2004.
Sistem Administrasi Negara
Kesatuan Republik Indonesia
(SANKRI). Buku 3. Jakarta: LAN
Lijan, Poltak Sinambela, 2006,
Reformasi Pelayanan Publik
(Teori, Kebijakan Dan
Implementasi), PT. Bumi
Aksara, Jakarta
Moenir, H.A.S., 1992, Manajemen
Pelayanan Umum di Indonesia,
Jakarta, Bumi Aksara
Muhammad Tahir, MM, 2020,
Perpustakaan Antara Layanan,
Kinerja, dan
Nomor 6, hal 160 – 162
Organization, and Policy,
Yogyakarta : Indonesia, Cv Budi
Utama
Suyanto, Bagong, Dkk, 2011. Metode
Penelitian Sosial Edisi Revisi,
Jakarta: Kencana.
Syafie, Inu Kencana. 2003.
Kepemimpinan Pemerintahan
Indonesia Cetakan Pertama,

Bandung: Penerbit PT. Refika
Aditama.
Syahdan Juni 2018.”Kualitas
Pelayanan Administrasi
Kependudukan Di Kantor Tim
Penyusun, 2023. Pedoman
Penulisan Proposal (usulan
Penelitian) Tesis, Program Studi
Magister Ilmu Administrasi
Fakultas Ilmu Administrasi
Universitas dr. Soetomo
Surabaya
Tjiptono, Fandy. 2000. Manajemen
Jasa. Yogyakarta: Andi.
Trilestari, Endang Wirjatmi. 2005.
Model Kinerja Pelayanan Publik
Dengan Pendekatan Systems
Thinkinks and System
Dinamics.
Uwais Inspirasi Indonesia. Agung
Kurniawan, 2005, Transformasi
Pelayanan Publik,
Pembaharuan, Yogyakarta.
Zeithaml, Valarie A. Parasuraman &
Leonard L. Berry. 1990.
Delivering Quality Service. New
York: The Free Press. Hal 41
31.
Published
2023-12-05
How to Cite
Zahir, Y. F., & Pramono, S. (2023). Analisis Pelayanan Administrasi Kependudukan: (Studi Analisis Di Kelurahan Ampel Kecamatan Semampir Kota Surabaya). Soetomo Magister Ilmu Administrasi, 381-388. Retrieved from https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/smia/article/view/7398