Peran Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Pegawai di Kecamatan Sumbermalang Kabupaten Situbondo

  • Iwan Syafrio Budi Warno
  • Sapto Pramono Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Dr.Soetomo Surabaya
Abstract views: 43 , Full Text downloads: 21
Keywords: Role of Style, Leadership, Performance

Abstract

Penelitian ini adalah Peran Gaya Kepemimpinan terhadap Kinerja Pegawai Kecamatan Sumbermalang Kabupaten Situbondo.  Dengan  rumusan masalah yaitu Bagaimana gaya kepemimpin camat di Kecamatan Sumbermalang. Berdasarkan penelitian ini diketahui bahwa hasil angket dari Pengaruh Gaya Kepemimpinan Camat terhadap Kinerja  Pegawai Kecamatan di Kecamatan  Sumbermalang Kabupaten Situbondo peneliti melakukan interprestasi dengan melakukan perhitungan df  sebesar 20 orang dengan  rumus (N1+N2) – 2 = (20+20) – 2 = 38 maka, dengan df sebesar 38 berkonsultasi pada table nilai “t” baik pada taraf signifikan 5 % = 2, 02 dan pada taraf signifikan 1% = 2, 71. Langkah selanjutnya dengan membandingkan besarnya “t” yang diperoleh sebesar 22, 020.

Dengan hasil yang kemudian dijadikan kesimpulan sebagai berikut: 1). Peran Gaya Kepemimpinan Camat di Kantor kecamatan Sumbermalang Kabupaten Situbondo menerapkan  gaya  kepemimpinan  demokratis.  2). Kinerja Pegawai di Kantor Camat  Sumbermalang Kabupaten Situbondo bahwa Kinerja yang diterapkan baik, 3). Adanya pengaruh yang signifikan antara gaya kepemimpinan camat dengan kinerja pegawai kecamatan di Kecamatan  Sumbermalang Kabupaten Situbondo.

Hal ini ditunjukkan dengan hasil analisis to sebesar 22, 020, sedangkan pada t table taraf signifikan 5% = 2, 02, dan pada taraf  1% = 2, 71. Dengan demikian to jauh lebih besar dari pada ttabel yaitu 2,02< 22, 020 > 2, 71. Ini mengandung makna bahwa Gaya Kepemimpinan Camat telah berhasil dalam meningkatkan kinerja pegawainya dengan baik.

References

Arep dan Tanjung. 2003. Manajemen Motivasi. Jakarta: PT Grasindo
Arikunto, Suharsimi. 1991. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Fahmi, Irham. 2013. Manajemen Pengambilan Keputusan. Bandung: Alfabeta. Hadiri, Martini dan Nawawi Hadari. 2003. Kepemimpinan yang Efektif. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Gibran, Soerdjaone. 2013. Pengaruh Motivasi Dan Kepemimpinan Camat Terhadap Semangat Kerja Pegawai Kantor Kecamatan Gondokusuma Yogyakarta.
Hasibuan, M. 2003. Organisasi dan Motivasi: Dasar Peningkatan Produktivitas. Jakarta: Bumi Aksara
Kartini dan Kartono. 2005. Pemimpin dan Kepemimpinan. Jakarta: PT. RajaGrasindo Persada.
Kumayas, Putra. 2013. Peran Kepemimpinan Camat Dalam Peningkatan Disiplin Kerja (Suatu Studi Di Kantor Kecamatan Mapanget Kota Manado).
Mathis, dkk.Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Pertama. Jakarta: Salemba Empat.
Nasution. 2001. Metode Reasearch, Penelitian Ilmiah. Jakarta: Bumi Aksara. Prawirosentono, Suryadi. 1999. Kebijakan Kinerja Karyawan. Yogyakarta BPFE.
Rivai. 2003. Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Rivai. 2005. Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi. Bandung: PT Raja Grafindo Persada.
Sastrohadiwiryo, Siswanto. 2005. Manajemen Tenaga Kerja Indonesia. Bandung: Bumi Aksara.
Sedarmayanti. 2013. Sumber Daya Manusia, Reformasi Birokrasi dan Manajemen Pegawai Negeri Sipil. Bandung: PT Refika Aditama.
Shofi, Irfan. 2013. Pengaruh Perilaku Pemimpin (Camat) Terhadap Semangat Kerja Pegawai Di Kantor Camat Banyuglugur Kabupaten Situbondo.
Siagian, Sondang. 2007. Organisasi Kepemimpinan dan Perilaku Administrasi.Jakarta: PT. Gunung Agung.
Sinambela, Lijan Poltak Sinambela. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia.Jakarta: Bumi Aksara.
Sugiyono. 2003. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sujak, Abi. 1990. Kepemimpinan Manager Eksistensinya Dalam Perilaku Organisasi. Jakarta: Rajawali Pers.
Thoha, Miftah. Kepemimpinan Dalam Manajemen. 2013. Jakarta: Rajawali Pers. Tika, Pabundu. 2006. Budaya Organisasi dan Peningkatan Kinerja Perusahaan.Jakarta: Bumi Aksara.
Wardhana, Yoga Kusuma. 2014. Peran Gaya Kepemimpinan, Motivasi, dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja (Studi Kasus Pada Kantor Kecamatan Cisauk Kabupaten Tangerang.
Wirawan. 2013.Kepemimpinan (Teori, Psikologi, Perilaku Organisasi, Aplikasi dan Penelitian. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Published
2023-12-09
How to Cite
Budi Warno, I. S., & Pramono, S. (2023). Peran Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Pegawai di Kecamatan Sumbermalang Kabupaten Situbondo. Soetomo Magister Ilmu Administrasi, 869-876. Retrieved from https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/smia/article/view/7489