MODEL PENGEMBANGAN STRATEGI PEMBANGUNAN NEGARA MARITIM MELALUI ELEMEN AKTIVASI DAN PENGEMBANGAN TEKNOLOGI MARITIM UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING KEMARITIMAN DAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT MARITIM DALAM ASEAN ECONOMIC COMMUNITY 2016

Chandra Kartika

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memberikan sebagian besar masalah yang ada di kemaritiman di Indonesia. Penulis ingin melihat fenomena yang terjadi secara aktual dan secara pengamatan dan pengukuran di luar semakin banyak nilai-nilai yang turun pada kemaritiman, ini disebabkan beberapa faktor salah satunya karena turunnya kejayaan negara Indonesia sebagai negara maritim serta melihat permasalahan yang sering muncul dikarenakan bergesernya orientasi pasar maritim agro menuju orientasi pasar agro saja. Dari pengeseran tersebut yang dapat melemahkan dalam perlindungan, pengembangan maritim serta pembangunan. Maka dari permasalahan tersebut merupakan urgensi reorientasi negara maritim Indonesia menjadi tawaran yang mendesak. Penelitian ini mencoba untuk mengetahui dimensi keterkaitan dengan desain reoriantasi yang mengaktivasi seluruh elemen yang dapat meningkatkan pembangunan maritim Indonesia. yaitu Country , Civil Sosiety, Knowledge and ability dan melalui teknologi kemaritiman. Dimensi yang membentuk elemen tersebut dapat menghasilkan sinergitas tata kelola yang dapat meningkatkan pembangunan maritim dan  merupakan dasar reorientasi kedepan.

Elemen Pembentukan pengetahuan dan kemampuan meritim merupakan bagian dari peningkatan wawasan maritim yang menjadi dasar reorientasi. Tahun pertama untuk mengetahui keterkaitan permasalahan dengan mengkomper situasi yang ada di Maritim Jatim, sehingga dapat meningkatkan suatu kualitas kemaritiman tersebut dengan cara  pembentukan suatu karakter masyarakat untuk merasakan suatu  pengembangan sistem informasi yang berhubungan dengan maritime, edukasi kepada masyarakat tentang strategi maritime serta mengumpulkan data primer dan sekunder melalui observasi, survey, kuisioner. Tahun Kedua untuk memberikan analisa suatu penyempurnaan konsep dimensi yang berkaitan dengan strategi pembangunan  Negara Maritim, dengan memberikan pelatihan dan  ketrampilan  mayarakat serta pemilik perikanan, untuk meningkatkan pelayanan yang berhubungan dengan keterkaitan strategi maritim, pembentukan model strategi kemaritiman serta memberikan penyempurnaan strategi .

Metode Pelaksanaan yang diterapkan adalah dengan menggunakan ukuran sampel pada penelitian ini  sebanyak 100 responden yang diambil dari masyarakat bahari  yang pernah datang di Obyek tersebut dari 1 tempat ke tempat penelitian yang lain serta sudah ditentukan dalam penelitian yaitu di Bahari Jatim. Penelitian ini menggunakan analisis kuantitatif melalui pendekatan-pendekatan metoda analisis explanatory atau penelitian penjelas, dengan menggunakan AMOUS dari suatu temuan diharapkan untuk ditemukan hasil yang positif dan dapat menggambarkan tingkat pengembangan maritime yang lebih luas dan kepastian agar dapat membantu memperbaiki tingkat pembangunan negara Indonesia melalui elemen Aktivasi dan teknologi maritim.

 

Keyword : Country, Civil Society, Knowledge And Ability, Teknologi Maritim

Full Text:

PDF

References


Anshory & Arbaningsih, 2008. Kemaritiman

Indonesia.http://sayidiman.suryohadiprojo.com/. Diakses pada tanggal 8 Mei 2013 pukul 02.00 wita

Anonim. 2011. Kendala Pengelolaan Kelautan.Http://wahyuan.wordpress.com Diakses pada tanggal 8 Mei 2013 pukul 02.00 wita

Ahmadin. 2006. Tana Doang Dalam Catatan Sejarah Maritim Pelautkah

Orang Selayar. Yogyakarta: Ombak.

Dahuri, Rokhmin dan Jacob Rais. 1996. Pengelolaan Sumberdaya WilayahPesisir dan Lautan Secara Terpadu. Jakarta: PT. Pradnya Paramita

Guan, John. 1997. Keahlian Pelaut dan Ilmu Pelayaran. Bandung : Tarsit

Groeneveldt. W.P. 2009. Nusantara Dalam Catatan Tionghoa. Jakarta:Komunitas Bambu.

Lapian, Adrian B. 2008. Pelayaran Dan Perniagaan Nusantara Abad Ke-16 Dan 17. Jakarta: Komunitas Bambu.

Tim Pengajar WSBM Universitas Hasanuddin. 2012. Himpunan Materi Kuliah Wawasan Sosial Budaya Maritim. Unit Pelaksana Teknis Mata Kuliah Umum, Universitas Hasanuddin, Makassar.

Nasution, Arif-dkk. 2005. Isu-isu kelautan dari kemiskinan hingga bajak laut. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.Tim Penyusun.1998. Buku Pintar Seri Senior.

Darwin. 2009. Dunia Akui Bahari Indonesia. (www.google.com) diakses 16

September 2009.

Hari, Harmin. 2009. Benarkah Indonesia Negara Bahari?. (www.google.com) diakses 16 September 2009.

Sabrie, Hakim Benardie. 2008. Bengkulu dalam Sejarah Maritim. (www.google.com) diakses 16 September 2009.

Sulistiyono, Singgih Tri. 2009. AL dan Pembangunan Maritim Indonesia.

(www.google.com) diakses 16 September 2009




DOI: http://dx.doi.org/10.25139/dev.v1i2.385

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Develop ISSN : 2580-1767, Prodi Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNITOMO,