Strategi Pengembangan Desa Inovasi Pariwisata Kota Batu Dengan Local Economic Resources Development (LERD)

Anggraeni Rahmasari, Juliani Pudjowati

Abstract


Pembangunan ekonomi lokal tidak dapat dilepaskan dari upaya mendorong pengembangan tingkat desa yang berbasis pada kearifan lokal, potensi sumber daya dan keunikannya atau Local Economic Resources Development (LERD). Istilah Desa Inovasi adalah desa yang mampu memanfaatkan sumber daya desanya dengan cara baru, mengacu pada gagasan bahwa desa dalam kehidupannya untuk melakukan kegiatan-kegiatannya bukan hanya sekedar rutinitas hidup saja, tetapi kehidupan yang selalu bergerak penuh dengan inovasi-inovasi dalam meningkatkan taraf hidup masyarakatnya. Pengembangan desa inovasi dapat mejadi salah satu solusi percepatan peningkatan kesejahteraan masyarakat. Pengembangan desa inovasi pada dasarnya dapat diterapkan pada beberapa sektor diantaranya adalah pengembangan desa inovasi sektor pariwisata yang merupakan salah satu strategi yang perlu dikembangkan untuk mengatasi berbagai permasalahan yang timbul di desa terutama dalam rangka meningkatkan daya saing desa yang kemudian berujung pada peningkatan daya saing daerah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, yaitu suatu penelitian kontekstual yang menjadikan manusia sebagai instrumen dan disesuaikan dengan situasi yang wajar dalam kaitannya dengan pengumpulan data yang pada umumnya bersifat kualitatif. Tujuan yang hendak didapat dari penelitian ini, adalah mengetahui potensi desa, mengidentifikasi hambatan yang dihadapi dan mendapatkan solusi strategi pengembangan desa inovasi sektor pariwisata di Kota Batu.
Kata kunci: strategi pengembangan, desa inovasi, pariwisata, Kota Batu


Full Text:

PDF

References


Huraerah, Abu, 2008. Pengorganisasian & Pengembangan masyarakat : Model dan Strategi Pembangunan Berbasis kerakyatan. Penerbit Humanioran, Cetakan Pertama, bandung.

Irwanto. 2008. Focus Group Discussion :Suatu Pengantar Praktis. Jakarta : Pusat kajian pembangunan masyarakat - Unika Atmajaya.

Local Economic Resources Development (LERD) kerja sama antara Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS) dengan Research Center for Conflict and Policy (RCCP)- Fakultas Ilmu Administrasi-Universitas Brawijaya, November tahun 2011

Mulyana, Deddy, 2004. Metodologi Penelitian Kualitatif. Penerbit PT. Remaja Rosdakarya, Cetakan keempat, Bandung.

Manullang, Sastrawan dkk, 2008. Community Development – Terjemahan. Penerbit Pustaka Pelajar, edisi I, Yogyakarta.Moleong, Lexy J. 2008. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suharto, Edi, Phd, 2005. Membangun Masyarakat Membangun Rakyat. Penerbit Refika Aditama, cetakan pertama, Bandung.Singarimbun, Masri, & Sofian Effendi (ed.). 2005. Metode Penelitian Survey. Jakarta : LP3ES.

Soetomo, 2006. Strategi-Strategi Pembangunan Masyarakat. Penerbit Pustaka pelajar, Cetakan I, Yogyakarta.

Soemarwoto, Otto. 2007. Analisis Mengenai Dampak Lingkungan. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Wahyudi, Isa, Busyra Azheri, 2008. Corporate Sociaol Responsibility : Prinsip, Pengaturan dan Implementasi. Penerbit Inspire, Cetakan pertama, Malang.




DOI: http://dx.doi.org/10.25139/dev.v1i1.68

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Develop ISSN : 2580-1767, Prodi Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNITOMO,