PENGARUH MOTIVASI KERJA DAN PROFESIONALITAS GURU PEMBIMBING TERHADAP KINERJA GURU PEMBIMBING

Erik Teguh Prakoso

Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini antara lain: 1) seberapa besar pengaruh motivasi kerja guru pembimbing terhadap kinerja guru pembimbing SMK Kabupaten Magelang, 2) seberapa besar pengaruh profesionalitas guru pembimbing terhadap kinerja guru pembimbing SMK Kabupaten Magelang, dan 3) seberapa besar pengaruh motivasi kerja dan profesionalitas guru pembimbing  terhadap kinerja guru pembimbing SMK Kabupaten Magelang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) pengaruh motivasi kerja guru pembimbing terhadap kinerja guru pembimbing SMK Kabupaten Magelang, 2) pengaruh profesionalitas guru pembimbing terhadap kinerja guru pembimbing SMK Kabupaten Magelang, dan 3) pengaruh motivasi kerja dan profesionalitas guru pembimbing  terhadap kinerja guru pembimbing SMK Kabupaten Magelang

Penelitian ini adalah penelitian populasi. Populasi sekaligus sampel dalam penelitian ini adalah semua guru pembimbing SMK Kab Magelang. Instrumen pengambilan data dengan menggunakan angket. Metode analisis data dengan menggunakan analisis regresi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja guru pembimbing 35,8%, 2) pengaruh profesionalitas guru pembimbing terhadap kinerja guru pembimbing 24,9%, dan 3) pengaruh motivasi kerja dan profesionalitas guru pembimbing terhadap kinerja guru pembimbing 39,1%.

Saran yang penulis ajukan yaitu: 1) perlu adanya sosialisasi dan pelatihan dalam hal motivasi kerja, profesionalitas guru pembimbing, dan kinerja guru pembimbing sebagai upaya untuk menanamkan serta memantapkan pengetahuan yang telah dimiliki oleh guru pembimbing dengan harapan mereka dapat menerapkannya di sekolah dengan baik, dan 2) harus ada pengawasan yang melekat dan berkelanjutan terhadap kinerja guru pembimbing sebagai upaya menindaklanjuti jawaban yang diberikan kepada peneliti.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi, Cepi Safruddin Abdul Jabar, (2007), Evaluasi Program Pendidikan, Jakarta, PT Bumi Aksara

_________________, (2001), Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta, PT Bumi Aksara.

Arsyad, Azhar, (2002), Media Pembelajaran, Jakarta, PT Raja Grafindo Persada.

Charlie Cory, Teacher Motivation-Who Teachers The Teachers ?, Articles.

Danim, Sudarwan, (2004), Motivasi Kepemimpinan & Efektivitas Kelompok, Jakarta, PT Rineka Cipta.

Direktorat Pendidikan Tinggi, (2008), Rambu-rambu Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling dalam Pendidikan Formal.

, (2007), Rambu-rambu Penyelenggaraan Pendidikan Profesional Konselor.

Djumransjah, M, (2006), Filsafat Pendidikan, Jawa Timur, Bayumedia Publishing.

Glenn Rowley, (2008), How not to measure teacher performance, Communications@acer.edu.au

Hamalik, Oemar, (2006), Pendidikan Guru, Jakarta, Bumi Akasara.

Haryono, Slameto, (2008), Kompetensi Pedagogik, Semarang, Dinas Provinsi Jawa Tengah.

Juntika Achmad, ( 2005 ), Strategi Layanan Bimbingan dan Konseling, Bandung, Revika Aitama.

Keputusan Menteri Negara Aparatur Negara Nomor: 84/1993, Tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya.

Kunandar, (2007), Guru Profesional : Implementasi KTSP dan Sukses dalam Sertifikasi Guru, Jakarta, PT Raja Grafindo Persada.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia, (2008), Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Konselor. Departemen Pendidikan Tinggi.

Prayitno, ( 2006 ), Spektrum Profesi Konseling, Universitas Negeri Padang.

Prawirosentono, Suryadi, (2008), Manajemen Sumberdaya Manusia, Kebijakan Kinerja Karyawan Kiat Membangun Organisasi Kompetitif Era Perdagangan Bebas Dunia, Yogyakarta, BPFE.

Purwanto, Ngalim, (2006), Administrasi dan Supervisi Pendidikan, Bandung,PT Remaja Rosdakarya

Mangkunegara, Anwar Prabu, (2005), Perilaku dan Budaya Organisasi, Bandung, PT Refika Aditama

Mudyahardjo,Redja, (2004), Filsafat Ilmu Pendidikan, Bandung, PT Remaja Rosdakarya

_______, Nasution, S, (2000), Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar & Mengajar, Jakarta, PT Bumi Aksara.

Mohamad Surya, ( 2003 ), Psikologi Konseling, Bandung, CV Bani Quraisy.

Sa’ud, Udin Syaefudin, Abin Syamsudin Makmun, (2007), Perencanaan Pendidikan Suatu Pendekatan Komprehensif, Bandung, PT Remaja Rosdakarya.

Soetjipta, Kosasi, Raflis, (1999), Profesi Keguruan, Jakarta, Rineka Cipta.

Sugiyono, (2007), Statistika untuk Penelitian, Bandung, Alfabeta

________, (2006), Metode Penelitian Pendidikan , Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D, Bandung, alfabeta.

Sulaiman, Wahid, (2004), Analisis Regresi menggunakan SPSS, Yogyakarta, Andi Offset.

Sulisitiyani, Teguh, Ambar, (2007), Kepemimpinan Profesional: Pendekatan Leadership Games, Yogyakarta, Gava Media.

Surapranata, Sumarna, (2006), Analisis, Validitas, Reliabilitas dan Interpretasi Hasil Tes Implementasi Kurikulum 2004, Bandung, Remaja Rosdakarya.

Suyanto, (2006) Dinamika Pendidikan Nasional ( Dalam Percaturan Dunia Global), Jakarta, PSAP Muhammadiyah.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta, PT Kloang Klede Putra Timur.

Uno, Hamzah B., (2008), Teori Motivasi dan Pengukurannya : Analisis di Bidang Pendidikan, Jakarta, PT Bumi Aksara.

______________, (2007), Profesi Kependidikan, Problema, Solusi, dan Reformasi Pendidikan di Indonesia, Jakarta, Bumi Aksara

Usman, Moh. Uzer, (2008), Menjadi Guru Profesional, Bandung, PT Remaja Rosdakarya.

Utomo, Yuni Prihadi, (2007), Eksplorasi Data dan Analisis Regresi dengan SPSS, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Muhammadiyah University Press

Wibowo, Eddy, Mungin, Sugiharto, (2008), Strategi Pengembangan Kompetensi Kepribadian Guru, Semarang. Dinas Provinsi Jawa Tengah

Wibowo, (2007), Manajemen Kinerja, Jakarta, PT Raja Grafindo.

Winardi, (2001), Motivasi Pemotivasian Dalam Manajemen, Jakarta, PT. Raja Grapindo Persada.




DOI: http://dx.doi.org/10.25139/dev.v2i1.957

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Develop ISSN : 2580-1767, Prodi Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNITOMO,