PENGARUH CITRA PERUSAHAAN DAN GAYA HIDUP TERHADAP NIAT PEMBELIAN MELALUI KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus pada pelanggan Samsung Smartphone di Universitas Wijaya Putra Surabaya)

Dimas Aryo Kuswandiro, Chandra Kartika

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena yang terjadi di Universitas Wijaya Putra dimana banyak mahasiswa menggunakan Samsung Smartphone, dan di era digital marketing yang sedang melanda terutama kaum millenial diharapkan Smartphone dapat memberikan dampak positif. Adapun yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah citra perusahaan dan gaya hidup berpengaruh terhadap niat pembelian melalui kepuasan pelanggan pada pelanggan Samsung Smartphone di Universitas Wijaya Putra Surabaya. Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh niat beli pelanggan di Universitas Wijaya Putra Surabaya, tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh masing-masing variabel, citra perusahaan dan gaya hidup berpengaruh terhadap niat pembelian melalui kepuasan pelanggan. Dalam penelitian ini data dikumpulkan melalui kuesioner yang dibagikan kepada 100 orang responden pelanggan Samsung Smartphone di Universitas Wijaya Putra Surabaya dengan menggunakan metode accidental sampling untuk mengetahui tanggapan responden terhadap masing-masing variabel. Teknik analisis data yang digunakan adalah Path Analysis (Analisis Jalur) yang berfungsi untuk membuktikan hipotesis penelitian. Data data yang telah memenuhi uji validitas, uji reliabilitas dan uji asumsi klasik, diolah sehingga menghasilkan model analisis jalur, sebagai berikut Y1 = 0,434 +  0,371 X2 + pY1€1 dan Y2 = 0,169 X1 + 0,397 X2 + 0,169 Y1 + pY22 hasil analisis dari semua variabel yang tidak memiliki pengaruh positif dan tidak signifikan adalah antara variabel citra perusahan terhadap niat pembelian dan variabel kepuasan pelanggan terhadap niat pembelian. Uji-t menunujukan bahwa satu variabel lainnya memiiki pengaruh signifikan antara gaya hidup terhadap niat pembelian, dan melalui Uji-F diketahui bahwa baik antara variabel citra perusahaan dan gaya hidup secara simultan berpengaruh terhadap niat pembelian dan antara variabel citra perusahaan, gaya hidup, dan niat pembelian berpengaruh simultan terhadap kepuasan pelanggan.


Keywords


Citra Perusahaan, Gaya Hidup, Niat Pembelian, Kepuasan Pelanggan

Full Text:

PDF

References


Ariyo, Rachmad. 2016. Kajian Teori dan Kerangka Konseptual. Padang : Universitas Negeri

Padang.

Cynthia, Stephanie. 2015. Analisa Pengaruh Corporate Image dan Customer Satisfaction Terhadap Store Firm Performance Pada Industri Ritel Khususnya Convenience Store di Surabaya. Surabaya : Universitas Kristen Petra.

Daryanto dan Setyobudi, I. 2014. Konsumen dan Layanan Prima. Cetakan I. Yogyakarta : Gava

Media.

Dwi, Suci. 2016. Pengaruh Gaya Hidup dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian pada Pelanggan Peacockoffie Semarang. Semarang : Universitas Diponegoro.

Ferryanto, Ahmad. 2014. Analisa Pengaruh Corporate Image Terhadap Customer Satisfaction. Surabaya : Universitas Kristen Petra.

Japarianto, Edwin. 2015. Analisa Lifestyle, Hedonic Motivation Terhadap Purchase Intention di Gold’s Gym Surabaya Town Square, Jurnal Managemen Pemasaran Petra Vol 1, Halaman 1. Surabaya : Universitas Kristen Petra.

Julianto, Steven. 2012. Pengaruh Perceived Risk dan Customer Satisfaction Terhadap Purchase Intention dan Intention To Revisit pada Gramedia Online Surabaya. Surabaya : Universitas Widya Mandala Surabaya.

Kertajaya, Hermawan dan Setiawan, I. 2014. Wow Marketing. Cetakan I. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Kurniawaty, Erlita. 2017. Pengaruh Citra Perusahaan dan Tarif Premi Terhadap Minat Beli yang Berdampak Pada Kepuasan Pelanggan di PT Asuransi Cigna Jakarta, Jurnal Kreatif Pemasaran, Sumber Daya Manusia dan Keuangan, Vol 5, Halaman 1. Jakarta : Universitas Pamulang.

Laurent, Orincia. 2012. Analisis Pengaruh Lifestyle dan Service Quality Melalui Customer Satisfaction Terhadap Repurchase Iintention Fenny Butik di Sidoarjo. Surabaya : Universitas Pelita Harapan.

Made, I. 2017. Pengaruh Gaya Hidup Terhadap Niat Pembelian Sepeda Motor Sport Honda yang Dimediasi Oleh Sikap, E jurnal Manajemen Unud, Vol 6, halaman 1. Bali : Universitas Udayana.

Nuril M. 2017. Pengaruh Service Quality, Perceived Value Terhadap Behavior Intention Melalui Customer Satisfaction Sebagai Variabel Intervening. Surabaya : Universitas Wijaya Putra Surabaya.

Otieno Owino, Edward. 2013. The Influence of Service Quality and Corporate Image on Customer Satisfaction Among University in Kenya. Kenya : University of Nairobi.

Permadi, Giardo. 2013. Pengaruh Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian dan Dampaknya terhadap Kepuasan Konsumen. Malang : Unversitas Brawijaya Malang.

Prasetio, William. 2014. Pengaruh Service Quality, Trust dan Corporate Image Terhadap Customer Satisfaction Sebagai Variebel Mediator. Jakarta : Universitas Tarumanegara.

Pratama. 2016. Pengaruh Komunikasi Wom, Citra Merek dan Gaya Hidup Terhadap Purchase Intention. Surabaya : STIE Perbanas.

Purnanta, Luthfy. 2017. Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Citra Perusahaan, Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan. Malang : Universitas Brawijaya Malang.

Purwanti, Lili. 2017. Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Behavioral Intention, Jurnal Manajemen Maranatha, Vol 17, halaman 1. Batam : Universitas International Batam.

Qing, Ping. 2012. “The lmpact of Lifestyle and the Ethnocentrism on Consumer’s Purchase Intention of Fresh Fruit in China”, Journal of Consumer Marketing, Vol. 29, page 43-45.

Rangkuti, RR. 2014. Pengaruh Social Influence dan Lifestyle Terhadap Purchase Intention pada Carrefour. Bali : Universitas Udayana.

Ruhamark, Dian. 2016. Pengaruh Word Of Mouth Terhadap Purchase Intention Melalui Brand Image pada Lembaga Kursus Bahasa Inggris Dynamic English Course Pare. Kediri : Universitas Kediri.

Soebagyo, Tommy. 2014. Analisa Pengaruh Store Image Terhadap Purchase Intention di Toserba “Ramai” Ngawi, Jurnal Manajemen Pemasaran, Vol 1, halaman 1-9. Surabaya : Universitas Kristen Petra.

Sugiyono, 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Cetakan XXII. Bandung : Alfabeta, cv.

Villa, Indah Sistuti. 2014. Pengaruh Corporate Social Responsibilty dan Corporate Image dalam Mempengaruhi Purchase Iintention Pelanggan Pastagigi Pepsodent di Kota Jember. Jember : Universitas Jember.

Viranti, Jelia. 2016 . Pengertian Citra Perusahaan dan Manfaatnya. Depok : Universitas Gunadarma.

Yi Lin, Long. 2010. “The Influence of Corporate Image, Relationship Marketing, and Trust on Purchase Intention : The Moderating Effects of Word of Mouth”, Tourism Review, Vol 65, Page 16-34.

Nugraheni SL, Veronika and Cahyono, Dwi (2017) Sistem Pengupahan di Indonesia. Jurnal Ekonomi dan Hukum Islam (ECONOMIC), 8 (2). pp. 144-153. ISSN e-issn : 2477-5576 p-issn : 2088-6365

Nugraheni SL. Veronika, H. Djanggih, A. Aswari, N. Hipan, and A. P. U. Siahaan, (2018), Technique for order preference by similarity to ideal solution as decision support method for determining employee performance of sales section, Int. J. Eng. Technol., vol. 7, no. 2.14 Special Issue 14.




DOI: http://dx.doi.org/10.25139/dev.v3i2.1789

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Develop

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.