Sistem Rekomendasi Posisi Pemain Basket Dengan Metode Fuzzy Tsukamoto Berbasis Web

  • Aditya Hernanda Universitas Dr, Soetomo Surabaya
  • Yudi Kristyawan Universitas Dr.Soetomo
  • Lambang Probo Sumirat Universitas Dr.Soetomo
Abstract views: 61 , PDF (Bahasa Indonesia) downloads: 49

Abstract

Klub basket merupakan wadah bagi para pemain basket untuk menyalurkan bakatnya dalam bidang olahraga basket dan untuk mengembangkan kualitas para pemain. Para pemain berkembang kea rah yang profesional dan harus ditangani oleh pelatih yang profesional. Setiap tahun, minat para pemain semakin besar untuk ikut bergabung ke dalam tim basket sehingga pemilihan pemain untuk bergabung ke dalam tim inti menjadi sulit. Hal ini dikarenakan skill dari para pemain memiliki rata-rata yang hampir sama atau hampir setara satu sama lain. Saat ini tuntutan para pelatih adalah untuk menentukan posisi ideal bagi para pemainnya dengan cermat agar dapat membangun tim yang kuat tetapi pelatih saat ini hanya mengandalkan insting dan arogansi pemain serta tidak didukung oleh data yang tersimpan tentang nilai keterampilan individu pemain. Pelatih mengamati secara langsung keterampilan masing-masing pemain. Pengamatan ini kemudian dievaluasi. Namun cara evaluasi masih dilakukan secara manual, pelatih membutuhkan lebih banyak waktu dan ketepatan untuk menentukan posisi ideal para pemain basket. Diperlukan sistem untuk membantu membuat keputusan posisi para pemain dan membantu evaluasi para pelatih menjadi lebih efisien dalam hal waktu, maka dibuatkan sistem yang bisa membantu permasalahan para pelatih dengan menggunakan metode fuzzy Tsukamoto. Sistem pemilihan posisi pemain basket ini dibuat berdasarkan data dan kriteria dari SMA Hangtuah 1 Surabaya, kriteria yang digunakan adalah fundamentasl dasar pemain basket, seperti dribble, shooting, passing, under ring dan tinggi badan. Proses pengujian metode fuzzy Tsukamoto ini berjalan dengan baik. Pengujian dilakukan dengan 14 data pemain yang sudah diambil secara individu dengan metode yang sudah ditentukan. Dengan perolehan akurasi 86%. Dari hasil yang diperoleh menunjukan bahwa metode fuzzy Tsukamoto mampu menghasilkan rekomendasi posisi pemain basket SMA Hangtuah 1 Surabaya

References

S. Nurhayati, M. Tonggiroh and R. F. Hasan, "SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN PEMAIN INTI BOLA BASKET PADA FMBBC MANDALA JAYAPURA," Seminar Nasional Riset dan Teknologi (SEMNAS RISTEK), 27 Januari 2020.

D. P. Puji Astuti and Mashuri, "PENERAPAN METODE FUZZY TSUKAMOTO DAN FUZZY SUGENO DALAM PENENTUAN HARGA JUAL SEPEDA MOTOR," UNNES Jurnal Of Mathematics, vol. 9, no. 2, 2020.

F. Satria and A. J. P. Sibarani, "Penerapan Metode Fuzzy Tsukamoto untuk Pemilihan Karyawan Terbaik Berbasis Java Desktop," Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Digital Zone, vol. 11, pp. 130-143, 1 Mei 2020.

A. V. Pakpahan and F. N. Fatrian, "Implementasi Fuzzy Tsukamoto Untuk Penilaian Kinerja Karyawan (Studi Kasus PT Sinar Mulia Plasindo Lestari)," Jurnal Komputer Bisnis, vol. 14, no. 2, December 2021.

A. Dharmalu and I. Hiswara, "IMPLEMENTASI LOGIKA FUZZY MAMDANI PADA SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN JUMLAH STANDAR KARYAWAN TOKO," JURNAL TEKNOLOGI TECHNOSCIENTIA, vol. 13, no. 2, Februari 2021.

E. Y. Puspaningrum, C. A. Putra and H. Maulana, "IMPLEMENTASI METODE OPTIMISASI MULTI-OBJECTIVE BERBASIS ANALISIS RASIO PADA SISTEM PENERIMAAN SELEKSI PEMAIN BASKET," SCAN, vol. 15, no. 3, Oktober 2020.

F. Hasanah, "KONSEP PERTANDINGAN BOLA BASKET SELAMA MASA PANDEMI COVID-19," Tugas Akhir Mata Kuliah T dan P Bola Basket, no. 2, 2020.

A. Erga and Y. Nataliani, "Seleksi Fitur pada Pengelompokan Posisi Pemain Basket menggunakan Fuzzy C-Means," JOINTECS, vol. 6, no. 2, pp. 77-84, 2021.

Suhartini, M. Sadali and Y. K. Putra, "Sistem Informasi Berbasis Web Sma Al- Mukhtariyah Mamben Lauk Berbasis Php Dan Mysql Dengan Framework Codeigniter," Jurnal Informatika dan Teknologi, vol. 3, no. 1, pp. 79 - 83, Januari 2020.

M. Mandasari and R. kaban, "PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN BERBASIS WEB DENGAN METODE RAPID APPLICATION DEVELOPMENT (RAD) DAN FRAMEWORK CSS BOOTSTRAP," Jurnal Poliprofesi, 2 Oktober 2020.

Y. Anggraini, D. Pasha, Damayanti and A. Setiawan, "SISTEM INFORMASI PENJUALAN SEPEDA BERBASIS WEB MENGGUNAKAN FRAMEWORK CODEIGNITER (STUDI KASUS : ORBIT STATION)," Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi, vol. 1, no. 2, pp. 64 - 70, Desember 2020.

Published
2023-10-30
How to Cite
Hernanda, A., Kristyawan, Y., & Probo Sumirat, L. (2023). Sistem Rekomendasi Posisi Pemain Basket Dengan Metode Fuzzy Tsukamoto Berbasis Web . Jurnal Ilmiah Terapan, Sains Dan Teknologi (JITSI), 1(2), 117-124. https://doi.org/10.25139/jitsi.v1i2.6158
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)