SISTEM INFORMASI INVENTORY SUROBOYO BUS PADA UPTD PENGELOLAAN TRANSPORTASI UMUM DINAS PERHUBUNGAN SURABAYA BERBASIS WEB

  • moh. yahya hamdhani moh. yahya yahya
  • Cempaka Ananggadipa Swasyastu Teknik Informatika, Universitas Dr. Soetomo, Surabaya
  • Ratna Nur Tiara Shanty Teknik Informatika, Universitas Dr. Soetomo, Surabaya
  • Alda Raharja Teknik Informatika, Universitas Dr. Soetomo, Surabaya
  • Litafira Syahadianti Teknik Informatika, Universitas Dr. Soetomo, Surabaya
Abstract views: 46 ,

Abstract

Pada saat ini kemajuan teknologi untuk pengelolaan informasi berkembang secara pesat. Teknologi informasi saat ini sudah digunakan di berbagai bidang kehidupan sehari-hari. Dengan memanfaatkan adanya teknologi ini diharpkan pekerjaan menjadi lebih cepat dan efisien. Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi permasalahan terkait pencatatan manual data keluar masuk barang di Suroboyo Bus serta rekapitulasi data yang menyebabkan kelebihan atau kekurangan stok barang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Weighted Moving Average (WMA) dan Reorder Point (ROP). Sistem ini dirancang untuk memprediksi stok barang, menggunakan bahasa pemrograman PHP dan MySQL sebagai database. Metode yang digunakan tersebut dapat membatu untuk mempermudah dalam merekap data keluar masuk barang. Hasil dari penelitian ini aplikasi sistem informasi inventory Suroboyo bus pada UPTD Pengelolaan Transportasi Umum Dinas Perhubungan Surabaya berbasis web, mampu memberikan persedian barang yang akan dibelanjakan sesuai kebutuhan dan fungsi sesuai yang diharapkan dengan nilai uji kuesioner  66,7% tingkat kepuasan  sangat setuju  dari 2 responden dan 33,3% tingkat kepuasan setuju dari 1 responden , sistem sudah sesuai kebutuhan dalam mempermudah pencatatan keluar masuk barang menggunakan metode Weighted Moving Average (WMA) dan Reorder Point (ROP). Dengan adanya aplikasi ini, pencatatan sampai rekapitulisasi berfungsi  yang diharapkan dan mampu memudahkan pekerjaan sesuai uji kuensioner yang telah diberikan kepada responden pengguna aplikasi dengan tingkat kepuasan  sangat setuju 66.7% dan tingkat kepuasan setuju 33,3%. Melalui penelitian ini, diharapkan dapat merancang sistem inventory berbasis web yang memudahkan pencatatan dan pengelolaan persediaan barang operasional Suroboyo Bus. Fitur rekapitulasi data keluar masuk barang juga ditambahkan pada website sistem inventory. Dengan menerapkan metode Weighted Moving Average dan Reorder Point, diharapkan dapat mengurangi masalah kelebihan atau kekurangan stok barang, meningkatkan efisiensi pengelolaan persediaan, serta meningkatkan keakuratan manajemen barang dalam sistem informasi.Metode penelitian yang digunakan adalah model waterfall, yang mencakup tahapan analisis kebutuhan, desain sistem dan perangkat lunak, implementasi, pengujian, integrasi, operasi, dan pemeliharaan sistem. Dengan demikian, penelitian ini diharapkan dapat memberikan solusi yang efektif dalam mengelola inventaris barang Suroboyo Bus secara efisien dan akurat

References

D. Heryanto and I. Solikin, "Peramalan Stock Motor Pada Pt Thamrin Brothers Cabang Tugu Mulyo Menggunakan Weighted Moving Average (WMA)," Jurnal Ilmiyah Media Informatika, 2015.

M. Latif and R. Herdiansyah, "Peramalan Persediaan Barang Menggunakan Metode Weighted Moving Average dan Metode Double Exponential Smoothing," Journal of Information System Research (JOSH), 2022.

L. S. Marita and . I. Darwat, "Prediksi Persediaan Barang Menggunakan Metode Weighted Moving Average, Exponential Smoothing dan Simple Moving Average," Jurnal TEKNO KOMPAK, 2022.

D. P. Y. Ardiana and L. H. Loekito, "Sistem Informasi Peramalan Persediaan Barang Menggunakan Metode Weighted Moving Average," Jurnal Teknologi Informasi dan Komputer, 2018.

R. Y. Hayuningtyas, "Peramalan Persediaan Barang Menggunakan Metode Weighted Moving Average Dan Metode Double Exponential Smoothing," Jurnal PILAR Nusa Mandiri, 2017.

D. Sutaji, "Pengertian PHP Menurut Para Ahli," Jurnal Teknik Informatika, 2012.

R. Awanda and K. Oktafianto, "Peramalan Permintaan Paving Menggunakan Metode Weighted Moving Average Dan Exponential Smoothing," journal Unirow, 2021.

S. Kusuma, C. Suhery and . R. Hidayati, "Implementasi Metode Weighted Moving Average Pada Sistem Prediksi Stok Tembakau Lokal Berbasis Web (Studi Kasus Outlet Progressive Nicotiana)," Jurnal Komputer dan Aplikasi, 2021.

Z. Silvya, A. Zakir and D. Irwan, "Penerapan Metode Weighted Moving Average Untuk Peramalan Persediaan Produk Farmasi," JITEKH, 2020.

A. R. Yusmita, H. Anra and H. Novriando, "Sistem Informasi Pelatihan pada Kantor Unit Pelaksana Teknis Latihan Kerja Industri (UPT LKI) Provinsi Kalimantan Barat," Jurnal Sisten dan Teknologi Informasi, vol. 8, 2020.

Published
2024-05-31
How to Cite
moh. yahya, moh. yahya hamdhani, Swasyastu, C. A., Shanty, R. N. T., Raharja, A., & Syahadianti, L. (2024). SISTEM INFORMASI INVENTORY SUROBOYO BUS PADA UPTD PENGELOLAAN TRANSPORTASI UMUM DINAS PERHUBUNGAN SURABAYA BERBASIS WEB. Jurnal Ilmiah Terapan, Sains Dan Teknologi (JITSI), 2(1), 1-9. https://doi.org/10.25139/jitsi.v2i1.8187
Section
Articles