Analisis Perbedaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigetion Dan Make A Match Pada Hasil Belajar

  • Albertus Garut Program Studi Pendidikan MatematikaFakultas Keguruan Dan Ilmu PendidikanUniversitas Dr Soetomo
  • Bambang Purnomo Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Dr Soetomo Surabaya
  • Rahmawati Erma Standsyah Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Dr Soetomo Surabaya
Abstract views: 297 , PDF (Bahasa Indonesia) downloads: 421

Abstract

Hasil belsajar siswa sangat dipengaruhi oleh keaktifan siswa di kelas. Model pembelajaraan yang sangat berpengaruh adalah kooperatif tipe Group Investigetion dan model pembelajaraan kooperatif tipe Make A Match. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika materi persamaan linear dua variable menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation dengan Make A Match di kelas X SMK 17 Agustus 1945 Surabaya. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif, jenis penelitian eksperimen dengan desain penelitian pre-post kelompok static (the static group pretest-posttest design). Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X semester genap SMK 17 Agustus 1945 Surabaya tahun ajaran 2017/2018. Sampel dalam penelitian ini adalah dua kelas untuk kelas eksperimen I yaitu kelas RPL 2 dan kelas eksperimen II siswa kelas RPL 3. Dari hasil penelitian menunjukan ada perbedaan hasil belajar  matematika siswa yang signifikan antara kelas eksperimen I dan kelas eksperimen II. Hasil pembelajaraan dengan model pembelajaraan kooperatif tipe Group Investigation  memiliki nilai rata-rata 88,96 lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaraan tipe Make A Match dengan rata rata 77,27.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Ahmad Susanto. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta.Kencana
[2] Bahri Djamarah,Syaiful. 2002. Psikologi Belajar .Jakarta: Rineka Cipta
[3] Curran, Lorna. 1994, Huda Miftahul.2014. Model-model pengajaran dan pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
[4] Hamalik, Oemar. 2008. Proses belajar mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara
[5] Kokom Komulasari. 2010. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi: Bandung: PT. Refika Aditama.
[6] Sudjana,Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung :Remaja Rosda karya
[7] Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta:Prestasi Pustaka.
[8] Yamin, Martinis.2013. Strategi dan Metode dalam Model pembelajaran. Cet. I. Ciputat-Jakarta: Referensi (GP Press Group)
Published
2019-05-09
Section
Articles