Strategi Membangun Kepercayaan Publik Dalam Penanganan Covid-19 Di Kota Surabaya

  • Kamelia Irfani
  • Lukman Arif Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
Abstract views: 603 , PDF downloads: 668
Keywords: Strategi, Kepercayaan Publik, COVID-19

Abstract

Fenomena peningkatan kasus yang terus terjadi dan disertai kecenderungan sikap masyarakat yang menunjukkan penolakan terhadap kebijakan yang diambil pemerintah merepresentasikan kepercayaan publik yang rendah, maka diperlukan sebuah kajian strategi yang tepat dan terkelola dengan baik agar terbentuk kepercayaan publik sehingga skema penanganan dapat berjalan dengan sebagaimana mestinya dan wabah COVID-19 dapat segera teratasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan atau menjelaskan gambaran secara komprehensif tentang strategi Pemerintah Kota Surabaya dalam membangun kepercayaan publik terhadap penanganan COVID-19 di Kota Surabaya melalui delapan fokus kajian dengan menggunakan indikator yang dikemukakan OECD (2000) dalam kajiannya tentang membangun kepercayaan publik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualititatif dan pendekatan penelitian deskriptif. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi, kemudian dianalisa menggunakan model interaktif (interactif model of analysis) yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat enam fokus kajian yang memiliki kesesuaian strategi membangun kepercayaan publik dalam penanganan COVID-19 di Kota Surabaya yang meliputi nilai dan standar perilaku, pelaporan pelanggaran, integritas manajemen, umpan balik, penegakan ke pencegahan, antisipasi masalah dan kebaruan teknologi. Sementara dua fokus kajian lain yang tidak memiliki kesesuaian strategi yakni visi misi pelayanan dan efektivitas. Untuk itu diperlukan beberapa pembenahan atas ketidaksesuaian strategi yang dapat dilakukan Pemerintah Kota Surabaya diantaranya merumuskan visi misi sebagai kerangka dalam upaya penyelesaian permasalahan kesehatan, melakukan evaluasi secara berkala terhadap implementasi dari pembentukan pakta integritas, dan meningkatkan branding dari keseluruhan platform yang dimiliki Pemerintah Kota Surabaya baik berupa aplikasi maupun website kepada seluruh masyarakat.

References

Antari, N. P. B. W. (2020). Penguatan Whistleblowing System di Indonesia (Studi Kasus Whistleblowing System di Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI)). Public

Inspiration: Jurnal Administrasi Publik, 5 (2)(2), 158–167. Retrieved from https://ejournal.warmadewa.ac.id/i

ndex.php/public-inspiration.

Azmi, F. (2021). Kota Surabaya Masih“Juara” Penyumbang Kasus Aktif COVID-19 di Jatim. Retrieved from https://news.detik.com/berita-jawa-timur/d-5643016/kota-surabaya-masih-juara-penyumbang-kasus-aktif-covid-

-di-jatim

Berita jatim. (2021). Bluefish Goyang Hingga Pagi, Satgas Covid Kota Surabaya Kecolongan. Retrieved from

https://beritajatim.com/peristiwa/bluefish-goyang-hingga-pagi-satgas-covid-kota-surabaya-kecolongan/

Bungin, B. (2007). Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Putra Grafika.

Celah, I. (2021). DPRD Sarankan Satpol PP Kota Surabaya Diganti, Dinilai Lemah Dalam Penegakan Perda. Retrieved from https://celah.id/dprd-sarankan-satpol-pp-kota-surabaya-diganti-dinilai-lemah-dalam-penegakan-perda/

Daraba, D. (2019). Reformasi Birokrasi & Pelayanan Publik (Leisyah, Ed.). Makassar. DJKN. (2020). Membangun kepercayaan publik melalui komunikasi yang efektif.

Ernes, Y. (2020). Survei soal Penanganan Corona: Kepercayaan Publik ke Pemerintah Tinggi. Retrieved from

https://news.detik.com/berita/d-4926730/survei-soal-penanganan-corona-kepercayaan-publik-ke-

pemerintah-tinggi.

Firdaus, I. T., Tursina, M. D., & Roziqin,A. (2021). Transformasi Birokrasi Digital Di Masa Pandemi Covid-19 Untuk Mewujudkan Digitalisasi Pemeritahan Indonesia. 4(2), 226–239.

Gitiyarko, V. (2021). PSBB Hingga PPKM, Kebijakan Pemerintah Menekan Laju Penularan Covid-19. Retrieved from

https://kompaspedia.kompas.id/baca/paparan-topik/psbb-hingga-ppkm-kebijakan-pemerintah-menekan-laju-penularan-covid-19.

Hall, M. A., Dugan, E., Zheng, B., & Mishra, A. K. (2001). Trust in Physicians and Medical Institutions: What Is It, Can It Be Measured, and Does It Matter? Milbank Quarterly, 79(4). https://doi.org/https://doi.org/10.1111/14680009.00223

Indonesia, C. (2021). Survei: Publik Lebih Percaya Gubernur Ketimbang Jokowi. Retrieved fromhttps://www.cnnindonesia.com/na

sional/20210222182050-32-609496/survei-publik-lebih-percaya-gubernur-ketimbang-jokowi

Indonesia, L. S. (2021). LSI: Kepercayaan Publik terhadap Jokowi dalam Tangani Covid-19 Menurun.

Strategi Membangun Kepercayaan Publik Dalam Penanganan Covid-19 – Kamelia I , Lukman A Jurnal Ilmiah Manajemen Publik dan Kebijakan Sosial - Vol. 6 No. 1 Tahun 2022 I 85

Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 60 Tahun 2021 Tentang PPKM Level 3, Level 2, dan Level 1 COVID-19

di Wilayah Jawa dan Bali. Komite Nasional Kebijakan Governance. (2008). Pedoman Sistem Pelaporan Pelanggaran - SPP (Whistleblowing System - WBS).

Retrieved from http://www.knkg-indonesia.org/dokumen/Pedoman-Pelaporan-Pelanggaran-Whistleblowing-System-WBS.pdf

Liputan6. (2020). Jokowi Minta Kepala Daerah Satu Visi dan Misi Tangani Corona Covid-19. Retrieved from

https://www.liputan6.com/news/re ad/4216686/jokowi-minta-kepala-daerah-satu-visi-dan-misi-tangani-corona-covid-19

Madrim, S. (2020). Survei Indikator:Pemda Lebih Baik Menangani Covid-19 Dibanding Pemerintah Pusat.

MediaIndonesia.com. (2021). Indonesia diPeringkat Kedua Indeks Global dalam Kepercayaan. Retrieved

from https://mediaindonesia.com/ekonomi/402227/indonesia-di-peringkat-kedua-indeks-global-dalam-kepercayaan

Mujani, S. (2020). Asesmen Publik Atas Kinerja Pemerintah Indonesia Menangani Wabah Covid-19: Sebuah Penjelasan Ekonomi Politik. Jurnal Penelitian Politik,

(2).

Muslim, M. (2017). Membangun Visi Perusahaan. Jurnal Esensi, 20(3).

Nararya, S. (2017). Apa yang dimaksud dengan Umpan Balik (feedback)dalam komunikasi? Retrieved

from dictio.id website: https://www.dictio.id/t/apa-yang-dimaksud-dengan-umpan-balik-

feedback-dalam-komunikasi/9058.

Nasution, Z. I. (2021). Evaluasi Kebijakan Penanganan Covid-19 Di Kota Surabaya: Studi Kasus Kebijakan

PSBB. Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 4(1).

Nathaniel, F. (2020). Tingkat Kepercayaan pada Negara: Modal Penting Penanganan

COVID-19. Retrieved from https://tirto.id/tingkat- kepercayaan-pada-negara-modal-penting-penanganan-covid-19-

eJVn

OECD. (2000). Building Public Trust: Ethics Measures in OECD Countries. PUMA Policy Brief, (7),1–6.

Peraturan Walikota Surabaya Nomor 28 Tahun 2021 tentang Tata Cara Penanganan Pengaduan Tindak

Pidana Korupsi (Whistleblowing System) di Lingkungan Pemerintah Kota Surabaya.

Peraturan Walikota Surabaya Nomor 67 Tahun 2020 Tentang Penerapan Protokol Kesehatan Dalam

Rangka Pencegahan Dan Memutus Mata Rantai Penyebaran COVID-19 Di Kota Surabaya.

Prasetyo, K. (2021). Public Trust Pada Pemerintah Daerah Dalam Penanganan Pandemi Covid-19

Melalui Policy Dimensions Analysis. Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur.

Prasetyo, K., & Kriswibowo, A. (2022). Public Trust pada Pemerintah Daerah dalam Penanganan Pandemi COVID-19. Jurnal Governansi, 8(1), 1–14.

Putra, M. A. R. (2017). Peningkatan Kepercayaan Publik Melalui Pemerintahan Partisipatif. Jurnal Ilmu Administrasi Negara, 12(2), 1–9.

Rifqiy, I. A. (2021). Data Akurat, Public Trust Meningkat.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Research and Development (Edisi-II; Sutopo, Ed.). Bandung:Alfabeta.

Surat Edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 25 Tahun 2021

Tentang Penyesuaian Sistem Kerja Pegawai Aparatur Sipil Negara Selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Pada Masa Pandemi CoronaVirus Disease 2019.

Taufiqurokhman. (2016). Manajemen Stratejik. https://doi.org/10.31227/osf.io/gj9 de

Wahyuningsih, R. D. (2011). Membangun Kepercayaan Publik melalui Kebijakan Sosial Inklusif. Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 15(1), 29–40. https://doi.org/10.22146/jsp.10923

Winanti dan Ma‟udi. (2020). Tata Kelola Penanganan COVID-19 di Indonesia: Kajian Awal. Yogyakarta: Gajah Mada

University Pres

Published
2022-07-27
How to Cite
Irfani, K., & Arif, L. (2022). Strategi Membangun Kepercayaan Publik Dalam Penanganan Covid-19 Di Kota Surabaya. Jurnal Ilmiah Manajemen Publik Dan Kebijakan Sosial, 6(1), 69-86. https://doi.org/10.25139/jmnegara.v6i1.4538