Inovasi Layanan Pasien COVID 19 di RSUD Bangkalan
Abstract
Inovasi organisasi sebagai gagasan, ide, atau perilaku baru dalam suatu organisasi yang dapat berupa produk, atau jasa yang baru, teknologi baru, teknologi proses, system struktur dan administrasi baru atau rencana baru bagi anggota organisasi. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan studi pustaka, studi lapangan yaitu observasi partisipatif dan wawancara. Sumber informasi yang peneliti gunakan dalam penelitian ini berasal dari wawancara secara langsung dengan informan, yaitu pegawai Rumah Sakit Umum Daerah Bangkalan. Adapun teknik penentuan informan menggunakan snowball. Berdasarkan pada penelitian yang telah dilaksanakan dapat diketahui bahwa layanan di Rumah Sakit Umum Daerah Bangkalan dalam inovasinya sudah berjalan cukup baik sejak pandemi covid 19, namun masih ada ditemukan kendala bahwa pegawai kurang meningkatkan inovasi pelayanan dalam menunjang kinerja pelayanan secara optimal sehingga diperlukanya sebuah model dan langkah kedepan guna meningkatkan pelayanan dengan baik yang menuju kontrak pelayanan.
References
Muluk, M.R. Khairul. (2008). Knowledge Management (Kunci Sukses Inovasi Pemerintah Daerah). Malang: Banyumedia.
Parasuraman, A., Berry, Leonard L, and Zeithaml, Valarie A. 1994.“Reassessment of Expectations as a Comparison Standar in Measurung Service Quality: Implications for Future Research.
Rogers, Everett M., 2003. Diffution Of Innovation. Five Edition . New York. Free Press.
Suwarno,Yogi, 2008.”Inovasi di Sektor Publik”.STIA-LAN.Jakarta.melalui<http://www.zerosugar.files.wordpress.com/2012/04/e-book-inovasi-di-sektor-publik-Yogi-Suwarno.pdf>
Menteri Kesehatan Republik Indonesia nomor 129/MENKES/SK/II/2008
MENPAN Nomor 63 Tahun 2004
http://kbbi.web.id/inovasi, diakses 28 Mei 2018
Copyright (c) 2022 Sri Kamariyah, Priyanto, Mohammad Syaiful Bahri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with JIMPKS: Jurnal Ilmiah Manajemen Publik dan Kebijakan Sosial agree to the following terms:
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
-
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
-
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.