Inovasi Layanan Pasien COVID 19 di RSUD Bangkalan

  • Sri Kamariyah universitas Dr Soetomo Surabaya
  • Priyanto Priyanto Universitas Dr.Soetomo Surabaya
  • Mohammad Syaiful Bahri Universitas Dr.Soetomo Surabaya
Abstract views: 92 , PDF downloads: 99
Keywords: Inovasi, Layanan, Pasien, Covid 19

Abstract

Inovasi organisasi sebagai gagasan, ide, atau perilaku baru dalam suatu organisasi yang dapat berupa produk, atau jasa yang baru, teknologi baru, teknologi proses, system struktur dan administrasi baru atau rencana baru bagi anggota organisasi. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan studi pustaka, studi lapangan yaitu observasi partisipatif dan wawancara. Sumber informasi yang peneliti gunakan dalam penelitian ini berasal dari wawancara secara langsung dengan informan, yaitu pegawai Rumah Sakit Umum Daerah Bangkalan. Adapun teknik penentuan informan menggunakan snowball. Berdasarkan pada penelitian yang telah dilaksanakan dapat diketahui bahwa layanan di Rumah Sakit Umum Daerah Bangkalan dalam inovasinya sudah berjalan cukup baik sejak pandemi covid 19, namun masih ada ditemukan kendala bahwa pegawai kurang meningkatkan inovasi pelayanan dalam menunjang kinerja pelayanan secara optimal sehingga diperlukanya sebuah model dan langkah kedepan guna meningkatkan pelayanan dengan baik yang menuju kontrak pelayanan.

References

Muluk, M.R. Khairul. (2008). Knowledge Management (Kunci Sukses Inovasi Pemerintah Daerah). Malang: Banyumedia.

Parasuraman, A., Berry, Leonard L, and Zeithaml, Valarie A. 1994.“Reassessment of Expectations as a Comparison Standar in Measurung Service Quality: Implications for Future Research.

Rogers, Everett M., 2003. Diffution Of Innovation. Five Edition . New York. Free Press.

Suwarno,Yogi, 2008.”Inovasi di Sektor Publik”.STIA-LAN.Jakarta.melalui<http://www.zerosugar.files.wordpress.com/2012/04/e-book-inovasi-di-sektor-publik-Yogi-Suwarno.pdf>

Menteri Kesehatan Republik Indonesia nomor 129/MENKES/SK/II/2008

MENPAN Nomor 63 Tahun 2004

http://kbbi.web.id/inovasi, diakses 28 Mei 2018

Published
2022-07-26
How to Cite
Kamariyah, S., Priyanto, P., & Bahri, M. S. (2022). Inovasi Layanan Pasien COVID 19 di RSUD Bangkalan. Jurnal Ilmiah Manajemen Publik Dan Kebijakan Sosial, 6(1), 39-52. https://doi.org/10.25139/jmnegara.v6i1.4584