Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Masyarakat dalam Pengurusan Perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM) di Mall Lippo Plaza Surabaya

  • Bagus Anggoro Magister Ilmu Administrasi, Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Dr. Soetomo Surabaya
  • Sedarmayanti Magister Ilmu Administrasi, Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Dr. Soetomo Surabaya
  • Sri Kamariyah universitas Dr Soetomo Surabaya
Abstract views: 35 , PDF (Bahasa Indonesia) downloads: 39
Keywords: Kualitas Pelayanan, Fasilitas, Kepuasan Masyarakat, SIM

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan fasilitas terhadap kepuasan pemohon dalam pengurusan perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM) di Mall Lippo Plaza Sidoarjo. Dalam penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat sebagai masukan bagi instansi pemerintah dan memenuhi kepuasan masyarakat dengan menggunakan aspek kualitas pelayanan dan fasilitas pendukung bagi masyarakat. Hasil penelitian dengan menggunakan regresi linear berganda, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa hasil pengujian dengan uji F, menunjukkan bahwa Kualitas Pelayanan (X1) dan Fasilitas (X2) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pemohon (Y) pada kepengurusan Surat Izin Mengemudi (SIM) di Mall Lippo Plaza Sidoarjo. Koefisien korelasi berganda (R) adalah = 0,717, yang berarti lebih besar dari 0,5 dan nilainya tinggi sehingga menunjukkan bahwa korelasi atau hubungan antara variabel bebas (Kualitas Pelayanan (X1) dan Fasilitas (X2)) dengan variabel terikat yaitu Kepuasan Pemohon (Y) dalam kepengurusan Surat Izin Mengemudi (SIM) di Mall Lippo Plaza Sidoarjo yang sangat erat. Koefisien determinasi berganda (R square) adalah 0,576, yang berarti bahwa variabel bebas (Pelayanan (X1) dan Fasilitas (X2)) mampu menjelaskan dan memberikan pengaruh terhadap variabel terikat (kepuasan (Y)) sebesar 51,4 %, sehingga dapat dikatakan bahwa Pelayanan (X1) dan Fasilitas (X2) memberikan pengaruh yang cukup besar terhadap Kepuasan Pemohon (Y) dalam kepengurusan Surat Izin Mengemudi (SIM) di Mall Lippo Plaza Sidoarjo, sedangkan sisanya sebesar 48,6 % dipengaruhi oleh variabel bebas lain diluar model. Hasil pengujian dengan uji t, menunjukkan bahwa Kualitas Pelayanan (X1) secara parsial berpengaruh signifikan dan positif terhadap Kepuasan Pemohon (Y) pada kepengurusan Surat Izin Mengemudi (SIM) di Mall Lippo Plaza Sidoarjo. Pengujian dengan uji t, menunjukkan bahwa Fasilitas (X2) secara parsial berpengaruh signifikan dan positif terhadap Kepuasan Pemohon (Y) pada Kepengurusan Surat Izin Mengemudi (SIM) di Mall Lippo Plaza Sidoarjo.

References

Arikunto, S. (2017). Pengembangan Instrumen Penelitian dan Penilaian Program. Pustaka Pelajar.

Hermawan, W., Budiman, D., & Hutagao, P. (2016). Pengaruh Kepuasan Masyarakat Terhadap Kualitas Pelayanan Dalam Pendaftaran Tanah Pertama Kali Pada Kantor Pertanahan Kabupaten Bogor. Jurnal Ilmu Keluarga dan Konsumen, 9, 65–75.

Kasmir. (2017). Customer Services Excellent (Teori dan Praktik). Rajawali Pers.

Kotler, P. (2005). Manajemen Pemasaran. Prenhallindo.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2001). Prinsip-Prinsip Pemasaran (Jilid 2). Erlangga.

Laksana, F. (2016). Manajemen Pemasaran: Pendekatan Praktis (Edisi Pertama). Penerbit Graha Ilmu.

Lovelock, C., & Wright, L. (2002). Principles Of Service Marketing And Management And Management (2nd ed.). Pearson Education International.

Nasution, M. N. (2001). Manajemen Mutu Terpadu (Total Quality Management). Ghalia Indonesia.

Pasolong, H. (2017). Teori Administrasi Publik. Alfabeta.

Rusydi, M. (2017). Customer Excellence. Gosyen Publishing.

Subroto, B. S. (2013). Dimensi-Dimensi Administrasi Pendidikan di Sekolah. Jakarta: Bina Aksara.

Tjiptono, F. (2006). Manajemen Jasa. Yogyakarta: Andi.

Tjiptono, F. (2014). Manajemen Pemasaran Jasa. Yogyakarta: Andi.

Tjiptono, F. (2017). Pengaruh Pelayanan dan Kredibilitas Kepada Konsumen Terhadap Minat Beli Pada Perusahaan Jamur Crispy di Banjarmasin. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 11(1), 12–27.

Tjiptono, F., & Chandra, G. (2011). Service, Quality, and Satisfaction (Ed 3). Yogyakarta: Andi.

Published
2024-02-02
How to Cite
Anggoro, B., Sedarmayanti, & Kamariyah, S. (2024). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Masyarakat dalam Pengurusan Perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM) di Mall Lippo Plaza Surabaya. Jurnal Ilmiah Manajemen Publik Dan Kebijakan Sosial, 8(1), 25-37. https://doi.org/10.25139/jmnegara.v8i1.7653