Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Masyarakat dalam Pengurusan Perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM) di Mall Lippo Plaza Surabaya
Abstract
Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan fasilitas terhadap kepuasan pemohon dalam pengurusan perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM) di Mall Lippo Plaza Sidoarjo. Dalam penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat sebagai masukan bagi instansi pemerintah dan memenuhi kepuasan masyarakat dengan menggunakan aspek kualitas pelayanan dan fasilitas pendukung bagi masyarakat. Hasil penelitian dengan menggunakan regresi linear berganda, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa hasil pengujian dengan uji F, menunjukkan bahwa Kualitas Pelayanan (X1) dan Fasilitas (X2) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pemohon (Y) pada kepengurusan Surat Izin Mengemudi (SIM) di Mall Lippo Plaza Sidoarjo. Koefisien korelasi berganda (R) adalah = 0,717, yang berarti lebih besar dari 0,5 dan nilainya tinggi sehingga menunjukkan bahwa korelasi atau hubungan antara variabel bebas (Kualitas Pelayanan (X1) dan Fasilitas (X2)) dengan variabel terikat yaitu Kepuasan Pemohon (Y) dalam kepengurusan Surat Izin Mengemudi (SIM) di Mall Lippo Plaza Sidoarjo yang sangat erat. Koefisien determinasi berganda (R square) adalah 0,576, yang berarti bahwa variabel bebas (Pelayanan (X1) dan Fasilitas (X2)) mampu menjelaskan dan memberikan pengaruh terhadap variabel terikat (kepuasan (Y)) sebesar 51,4 %, sehingga dapat dikatakan bahwa Pelayanan (X1) dan Fasilitas (X2) memberikan pengaruh yang cukup besar terhadap Kepuasan Pemohon (Y) dalam kepengurusan Surat Izin Mengemudi (SIM) di Mall Lippo Plaza Sidoarjo, sedangkan sisanya sebesar 48,6 % dipengaruhi oleh variabel bebas lain diluar model. Hasil pengujian dengan uji t, menunjukkan bahwa Kualitas Pelayanan (X1) secara parsial berpengaruh signifikan dan positif terhadap Kepuasan Pemohon (Y) pada kepengurusan Surat Izin Mengemudi (SIM) di Mall Lippo Plaza Sidoarjo. Pengujian dengan uji t, menunjukkan bahwa Fasilitas (X2) secara parsial berpengaruh signifikan dan positif terhadap Kepuasan Pemohon (Y) pada Kepengurusan Surat Izin Mengemudi (SIM) di Mall Lippo Plaza Sidoarjo.
References
Arikunto, S. (2017). Pengembangan Instrumen Penelitian dan Penilaian Program. Pustaka Pelajar.
Hermawan, W., Budiman, D., & Hutagao, P. (2016). Pengaruh Kepuasan Masyarakat Terhadap Kualitas Pelayanan Dalam Pendaftaran Tanah Pertama Kali Pada Kantor Pertanahan Kabupaten Bogor. Jurnal Ilmu Keluarga dan Konsumen, 9, 65–75.
Kasmir. (2017). Customer Services Excellent (Teori dan Praktik). Rajawali Pers.
Kotler, P. (2005). Manajemen Pemasaran. Prenhallindo.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2001). Prinsip-Prinsip Pemasaran (Jilid 2). Erlangga.
Laksana, F. (2016). Manajemen Pemasaran: Pendekatan Praktis (Edisi Pertama). Penerbit Graha Ilmu.
Lovelock, C., & Wright, L. (2002). Principles Of Service Marketing And Management And Management (2nd ed.). Pearson Education International.
Nasution, M. N. (2001). Manajemen Mutu Terpadu (Total Quality Management). Ghalia Indonesia.
Pasolong, H. (2017). Teori Administrasi Publik. Alfabeta.
Rusydi, M. (2017). Customer Excellence. Gosyen Publishing.
Subroto, B. S. (2013). Dimensi-Dimensi Administrasi Pendidikan di Sekolah. Jakarta: Bina Aksara.
Tjiptono, F. (2006). Manajemen Jasa. Yogyakarta: Andi.
Tjiptono, F. (2014). Manajemen Pemasaran Jasa. Yogyakarta: Andi.
Tjiptono, F. (2017). Pengaruh Pelayanan dan Kredibilitas Kepada Konsumen Terhadap Minat Beli Pada Perusahaan Jamur Crispy di Banjarmasin. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 11(1), 12–27.
Tjiptono, F., & Chandra, G. (2011). Service, Quality, and Satisfaction (Ed 3). Yogyakarta: Andi.
Copyright (c) 2024 Bagus Anggoro, Sedarmayanti, Sri Kamariyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with JIMPKS: Jurnal Ilmiah Manajemen Publik dan Kebijakan Sosial agree to the following terms:
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
-
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
-
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.