Kualitas Pelayanan Administrasi Kependudukan Kepada Masyarakat Pembuat Akte Kelahiran di UPT Dispendukcapil Kecamatan Purwosari


Abstrak
Dalam sebuah pelaksanaan pelayanan publik aparatur sipil negara bertanggung jawab memberikan pelayanan prima guna mewujudkan kesehjateraan masyarakat apalagi dalam bidang administrasi kependudukan salah satunya akte kelahiran. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan belum optimalnya kualitas pelayanan pembuatan akte kelahiran anak di UPT Dispendukcapil Kecamatan Purwosari dilihat dari kurangnya pemahaman tentang prosedur pelayanan, sarana dan prasarana yang kurang memadai serta asumsi masyarakat tentang ketepatan waktu yang dijanjikan tidak sesuai.Tujuan dari penelitian ini yakni untuk mendeskripsikan, menganalisis, dan menginterpretasikan kualitas pelayanan dalam pembuatan akte kelahiran anak dan kendala yang terjadi dalam penerbitan akte kelahiran anak luar nikah di UPT Dispendukcapil Kecamatan Purwosari. Adapun metode penelitian yang digunakan yakni metode kualitatif dengan sumber data yang didapat dengan hasil wawancara, observasi dan dokumentasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan pembuatan akte kelahiran di UPT Dispendukcapil Kecamatan Purwosari sudah cukup baik namun terdapat beberapa indikator yang masih belum terpenuhi serta terdapat kendala-kendala yang ditemukan seperti sarana-prasarananya kurang memadai yang berimplikasi pada lambatnya proses pelayanan dan pemahaman masyarakat yang kurang paham akan prosedur pembuatan akte kelahiran anak sehingga masyarakat menganggap lambat dalam hal ketepatan waktu penerbitan.
Referensi
Abdillah, Wawan Setiawan, P. F. A (2020) Pelayanan Pembuatan Akta Kelahiran di Kabupaten Subang, Jurnal Birokrasi & Pemerintah Daerah. Vol. 2. subang.
Arifin, H. et al. (2019) 'Kualitas Pelayanan Publik Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sidoarjo Terhadap Masyarakat Pembuat Akta Kelahiran (Studi Kasus pada Dispendukcapil Kabupaten Sidoarjo)', Jurnal Respon Publik, 13(3), pp. 62-68.
Cermati.com (2020) Cara, Syarat, dan Biaya Mengurus Akta Kelahiran Baru, Cermati.com. Available at : http://www.cermati.com/artike/cara-syarat-dan-biaya-mengurus-akta-kelahiran-baru%0A%0A (Accessed: 20 February 2021).
Dan, K., Sipil, P. and Pasuruan, K. (2017) ‘Jurnal Ilmiah Administrasi Publik ( JIAP )’, 3(3), pp. 230–241.
Dan, K., Sipil, P. and Semarang, K. (2014) ‘purposive sampling .’
Disdukcapil, U. P. T., Tampan, K. and Pekanbaru, K. (no date) ‘No Title’, pp. 31–55.
Hardiansyah, (2011), Kualitas Pelayanan Publik (Konsep, Dimensi, Indikator dan Implementasinya)
Herman, M. (2018) ‘PENGARUH PERILAKU DAN KINERJA PEGAWAI TERHADAP KUALITAS KABUPATEN DAN KOTA DI PROVINSI KALIMANTAN SELATAN’, 3(2), pp. 51–62.
Magister, P. et al. (2015) ‘KEPUASAN MASYARAKAT’, 4(2), pp. 418–425.
Nurdin, I, 2019, Kualitas Pelayanan Publik (Perilaku Aparatur dan Komunikasi Birokrasi Dalam Pelayanan Publik)
Pencatatan, D. and Kabupaten, S. (2019) ‘Penerapan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah Dalam Pembuatan Akta Kelahiran Pada Dinas Kependudukan’, 2(1), pp. 15–24.
Syamsuri (2011) mengukur kualitas pelayanan publik, tentang pelayanan publik. Available at : http://tentangpelayananpublik.blogspot.com/2011/12/mengukur-kualitas-pelayanan-publik.html (Accessed: 24 December 2020)
Undang-Undang No. 24 Tahun 2013 tentang perubahan atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan
Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik
Authors who publish with JIMPKS: Jurnal Ilmiah Manajemen Publik dan Kebijakan Sosial agree to the following terms:
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
-
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
-
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.