Strategi Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Timur Dalam Mewujudkan Program Jatim Bangkit (Riset Deskriptif Kualitatif pada Kampanye Jatim Bangkit)19

  • Rizka Ufliasari Airlangga University
Abstrak views: 207 , PDF downloads: 247
Kata Kunci: Promosi, Kampanye, Program Jatim Bangkit

Abstrak

Semua sektor, mulai dari usaha mikro, menengah, dan kecil (UMKM) hingga industri pariwisata terkena dampak wabah COVID-19. Membuat kebijakan skala mikro yang mendorong pemulihan ekonomi lokal secara cepat merupakan tanggung jawab utama pemerintah daerah. Jawa Timur untuk terus mewaspadai potensi ancaman dari dampak pandemi COVID-19, meskipun provinsi tersebut digambarkan memiliki stabilitas sistem keuangan yang baik pada triwulan IV Oktober-Desember 2020. Khofifah Indar Parawansa memahami persoalan tersebut dengan merealisasikan kampanye "Jatim Bangkit". Kampanye yang dilakukan secara online dan offline ini bertujuan untuk mendukung kegiatan UMKM dan industri pariwisata selama pandemi. Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif di bawah paradigma deskriptif. Penelitian ini mencoba mendeskripsikan implementasi seluruh rangkaian program Kampanye “Jatim Bangkit”. Berdasarkan temuan tersebut, banyak instansi, antara lain Dinas Koperasi dan UMKM Jatim, Humas Jatim, dan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jatim, serta akun Instagram pribadi Gubernur Jatim, menggunakan konten Instagram untuk mempromosikan Kampanye "Jatim Bangkit". Upaya internet ini juga telah berhasil menghasilkan percakapan dan menerima umpan balik yang mendukung dari masyarakat umum. Selain itu, Kampanye “Jatim Bangkit” disosialisasikan sebagai bagian dari program Pariwisata Bangkit yang dilaksanakan secara offline melalui acara Gowesata. Kampanye ini berupa acara balap bersepeda dari Malang ke Bali dengan tujuan untuk mempromosikan pariwisata di daerah tujuan.

Referensi

Beritalima.com. (2021). Dukung Gubernur Gelorakan Jatim Bangkit, Perempuan Tani Perkuat UMKM Pertanian Hingga Panen Raya. Beritalima.Com. https://beritalima.com/dukung-gubernur-gelorakan-jatim-bangkit-perempuan-tani-perkuat-umkm-pertanian-hingga-panen-raya/

Dewi, E. (2020). Gender, Kepemimpinan Dan Kemanusiaan: Sebuah Refleksi Situasi Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Hubungan Internasional, 2(1), 85–88.

Effendy, O. U. (1994). Dinamika Komunikasi. PT Remaja Rosdakarya.

Fatkhuri, M. W. (2009). Efektifitas Perda Minuman Keras Terhadap Tindak Kriminal di Kabupaten Kulonprogo. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Hadi, A. P., Zainudin, A., & Setiawan, N. D. (2021). Pemanfaatan Metode AIDA Dalam Desain Website Sebagai Media Promosi Produk Pada UMKM. JUPITER (Jurnal Penelitian …, 13(2), 1–6. https://doi.org/https://doi.org/10.5281/3657.jupiter.2021.10

Hariyono. (2018). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Perempuan Terhadap Iklim Komunikasi Dan Kinerja Pegawai Pada Dinas Sosial. Jurnal Simbolika, 4(2), 73–85.

Kanalsatu.com. (2021). Ketua Dekranasda Jatim : Di Masa Pandemi, UMKM Jadi Tulang Punggung Perekonomian Jatim. Kanalsatu.Com. http://kanalsatu.com/id/post/56164/ketua-dekranasda-jatim---di-masa-pandemi--umkm-jadi-tulang-punggung-perekonomian-jatim

Kominfo.jatimprov.go.id. (2021a). Gelar Dialog Jatim Bangkit, Diskominfo Jatim Bahas Pemulihan Kondisi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di Bondowoso- Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur. Kominfo.Jatimprov.Go.Id. https://kominfo.jatimprov.go.id/read/umum/gelar-dialog-jatim-bangkit-diskominfo-jatim-bahas-pemulihan-kondisi-pariwisata-dan-ekonomi-kreatif-di-bondowoso

Kominfo.jatimprov.go.id. (2021b). Gelar Talkshow Jatim Bangkit, Diskominfo Bahas Sinergi OPOP dan UMKM Jatim- Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur. Kominfo.Jatimprov.Go.Id. https://kominfo.jatimprov.go.id/read/umum/gelar-talkshow-jatim-bangkit-diskominfo-bahas-sinergi-opop-dan-umkm-jatim

Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen pemasaran (A. Maulana & W. Hardani (eds.)). Erlangga. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=109678

Liliweri, A. (2011). Komunikasi Serba Ada Serba Makna - Prof. Dr. Alo Liliweri, M.S - Google Buku. Prenada Media Group. https://books.google.co.id/books?id=MBZNDwAAQBAJ&printsec=frontcover#v=onepage&q&f=false

Öztamur, D., & Sarper, İ. (2014). Exploring The Role of Social Media for SMEs : As A New Marketing Strategy Tool for The Firm Performance Perspective. Procedia, 150, 511–520. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.09.067

Ruslan, R. (2008). Manajement Public Relations Dan Media Komunikasi Konsepsi Dan Aplika Edisi Revisi (Revisi). Raja Grafindo Persada.

Srihasnita, R., Agus, I., & Hirma, D. (2018). Analisis Pengaruh Gaya Kepemimpinan Perempuan dan Etos Kerja Terhadap Disiplin Kerja Dosen dan Karyawan Universitas XX di Kota Padang. Menara Ekonomi, IV(1), 111–124.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Thompson, M. (2020). Why the Gendered Political Economy of COVID-19 Matters. Brave New Europe. https://braveneweurope.com/merisa-thompson-why-the-gendered-political-economy-of-covid-19-matters

Venus, A. (2004). Manajemen Kampanye: Panduan Teoritis dan Praktis dalam Mengefektifkan Kampanye Komunikasi. Simbiosa Rekatama Media.

West, R., & Turner, L. H. (2007). Introducing Communication Theory : Analysis and Application. McGraw Hill. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=285203

Undang-undang Nomor 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah.

Diterbitkan
2023-06-26