Pengaruh Bauran Pemasaran (4P) Terhadap Keputusan Pembelian Produk Cat Nippon Paint di Surabaya Timur
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran (4P) terhadap keputusan pembelian produk cat Nippon Paint di Surabaya Timur baik secara simultan dan parsial. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode kausal. Populasi dalam penelitian ini merupakan seluruh konsumen Nippon Paint di wilayah Surabaya Timur dengan populasi sasaran yaitu konsumen berusia diatas 17 tahun dan pernah melakukan pembelian cat CCM/CCPro Nippon Paint. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 96 responden, dengan teknik simple random sampling dan cochran dalam menentukan jumlah sampelnya dikarenakan populasi penelitian ini tidak diketahui. Data dalam penelitian ini didapatkan dengan menyebarkan kuisioner kepada responden. Selanjutnya data dilakukan analisis data menggunakan uji instrumen, uji asumsi klasik, uji analisis regresi linier berganda, uji F (Uji Simultan), uji t (Uji parsial), dan uji R2 ( Uji determinasi berganda). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa bauran pemasaran (4P) yang meliputi produk, harga, tempat, dan promosi secara simultan dan signifikan memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian dan secara parsial, variabel produk, promosi, dan harga memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian, sedangkan variabel tempat tidak berpengaruh secara signifikan.
Kata kunci : Keputusan Pembelian, Produk, Harga, tempat, Promosi