Pengaruh E-WOM Terhadap Keputusan Pembelian Online Produk Abon Bu Sarti Surabaya
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh E-WOM sebagai variabel independen yang terdiri dari intensitas (X1), konten (X2), pendapat positif (X3), dan pendapat negatif (X4) terhadap keputusan pembelian sebagai variabel dependen (Y) pada konsumen online produk Abon Bu Sarti Surabaya baik secara simultan maupun parsial. Populasi sasaran dalam penelitian ini adalah konsumen online di Indonesia berusia lebih dari 17 tahun yang sudah pernah membeli dan membaca review Abon Bu Sarti di media sosial dan aplikasi belanja online dengan sampel sebesar 96. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dalam bentuk asosiatif dengan hubungan kausal. Analisis yang digunakan adalah analisis linier regresi berganda dengan hasil yaitu . Hasil penelitian menunjukkan variabel E-WOM yang terdiri dari intensitas, konten, pendapat positif, dan pendapat negatif berpengaruh secara simultan dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai F sebesar 35,621, dan variabel konten E-WOM serta pendapat positif E-WOM berpengaruh secara parsial dan signifikan terhadap keputusan pembelian, dimana variabel konten E-WOM memiliki pengaruh dominan dengan nilai koefesien determinasi parsial sebesar 0,288369 (28,84%). Koefisien determinasi simultan penelitian ini sebesar 0,593 yang menunjukan bahwa pengaruh E-WOM yang terdiri dari intensitas, konten, pendapat positif, dan pendapat negatif terhadap keputusan pembelian sebesar 59,3% serta sisanya 40,7% dipengaruhi oleh faktor atau variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Kata kunci: intensitas E-WOM, konten E-WOM, pendapat positif E-WOM, pendapat negatif E-WOM, keputusan pembelian.