Analisis Inovasi Produk dan CRM (Customer Relationship Management) terhadap Peningkatan Penjualan Produk IKM Crystal Aksesoris Kabupaten Sidoarjo dimasa Pandemi
Abstract
Crystal Aksesories adalah salah satu IKM dari Sidoarjo yang bergerak dalam bidang fashion yang sangat dituntut untuk memiliki kreatifitas serta inovasi dalam memuaskan para konsumennya, sehingga aspek strategi sangat penting. Tujuan penelitian Untuk mengetahui bentuk inovasi produk crystal aksesories dalam peningkatan penjualan produk dimasa pandemic dan Untuk mengetahui peran CRM dalam peningkatan penjualan produk crystal aksesories dimasa pandemic. Jenis deskriftif kualitatif .Metode pengumpulan data adalah: Metode Observasi, Metode Wawancara, Metode Dokumentasi dan Study Pustaka. Teknik Analisis Data menggunakan data reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah bentuk inovasi produk yang dilakukan oleh IKM Crystal Accsesories Kabupaten Sidoarjo adalah inovasi desain. Inovasi desain berupa menambah jenis produk baru ( produk conektor masker) dan menambah desain produk lama. ( produk Bros dan Kalung) sedangkan Tujuan CRM bagi IKM Crystal Accsesories Kabupaten Sidoarjo adalah yang bertujuan menyimpan informasi data pelanggan dan meningkatkan retensi pelanggan.
Kata Kunci: IKM, Inovasi Produk, CRM