Efektivitas Pemberdayaan Pelaku UMKM Dalam Program Desa Berdaya Pada Taman Kuliner Paciran dan Pusat Oleh-Oleh (Studi Pelaku UMKM Desa Paciran Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan)

  • Inung Cintiyah Putri Fella Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Dr. Soetomo Surabaya
  • Eny Haryati Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Dr. Soetomo Surabaya
  • Suroso Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Dr. Soetomo Surabaya
Abstract views: 81 , Full Text downloads: 61

Abstract

ABSTRAK

 

Indonesia memiliki masalah kemiskinan dan   tingkat pengangguran yang   cukup tinggi. Berbagai upaya yang dilakukan pemerintah dalam hal menanggulangi kemiskinan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan nasional. Di wilayah Kabupaten Lamongan memiliki SDA yang melimpah ruah, baik dalam bidang pertanian,perkebunan dan perikanan. Selain dari usaha tersebut masyarakat juga memiliki usaha dari UMKM yang ada di Kabupaten Lamongan dengan berbagai jenis terutama UMKM makanan, minuman, bahkan souvenir. Konsep Desa Berdaya adalah program pemberdayaan dan cakupan wilayah desa (dan sebagai kelurahan), melalui pendekatan terintergrasi yaitu program capacity building (pembinaan masyarakat), ekonomi, pendidikan, kesehatan, lingkungan hingga kesiapsiagaan bencana. Adanya program ini juga ikut mendukung penurunan angka kemiskinan di Jawa Timur. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yaitu dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil analisa yang dilakukan oleh peneliti terkait efektivitas pemberdayaan pelaku UMKM dalam program desa berdaya pada taman kuliner paciran dan pusat oleh-oleh di Desa Paciran secara keseluruhan belum efektif dalam pelaksanaannya. Dalam efektivitas pemberdayaan pelaku UMKM dalam proram desa berdaya di Desa Paciran maka dapat ditarik kesimpulan dengan empat indikator menurut Budiani yaitu sasaran program sosialisasi, program sosialisasi, program tujuan, dan program pembinaan ada beberapa indikator yang menyatakan bahwa kesuluruhan belum efektif dalam pelaksanaanya. Seharusnya pihak pemerintah provinsi memberi kelanjutan dana bantuan desa yang berdaya untuk Desa Paciran, perlu adanya sosialisasi dan pengawasan lagi dari pemerintah Provinsi.

 

Kata kunci : Efektivitas, Pemberdayaan, UMKM, Program Desa Berdaya

Published
2023-10-31
How to Cite
Fella, I. C. P., Haryati, E., & Suroso. (2023). Efektivitas Pemberdayaan Pelaku UMKM Dalam Program Desa Berdaya Pada Taman Kuliner Paciran dan Pusat Oleh-Oleh (Studi Pelaku UMKM Desa Paciran Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan). Soetomo Administrasi Publik , 289 - 294. Retrieved from https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/sap/article/view/7206

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>