Evaluasi Kebijakan Pengembangan Destinasi Wisata Peninggalan Kerajaan Majapahit di Kabupaten Mojokerto Untuk Meningkatkan Kunjungan Wisatawan

  • Azizatul Kamaliyah Suwandi Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Dr. Soetomo Surabaya
  • Eny Haryati Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Dr. Soetomo Surabaya
  • Suroso Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Dr. Soetomo Surabaya
Abstract views: 147 , Full Text downloads: 84

Abstract

ABSTRAK

Pariwisata merupakan salah satu sektor pembangunan yang amat penting terutama dalam rangka pemberdayaan masyarakat pada pertumbuhan ekonomi dan pemertaan hasil-hasil pembangunan. Evaluasi kebijakan pengembangan pariwisata adalah kegiatan yang berguna untuk mengidentifikasi masalah, kondisi dan faktor pengembangan pariwisata yang diterapkan oleh pemerintah. Segala upaya telah dilakukan untuk mengatasi permasalahan pengembangan agar jumlah wisatawan terus meningkat, tetapi masih belum ada peningkatan yang signifikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kebijakan Pengembangan destinasi wisata peninggalan Kerajaan Majapahit di Kabupaten Mojokerto untuk meningkatkan wisatawan.

 

            Melalui pendekatan kualitas, penelitian ini mengidentifikasi faktor-faktor besarnya anggaran yang diberikan, tingkat kunjungan wisatawan, seberapa besar pengembangan dan pelaksanaan kebijakan. Hasil analisis menunjukkan bahwa kebijakan yang diterapkan oleh Pemerintah Kabupaten Mojokerto belum bisa dikatakan maksimal dan belum mendukung dalam pengembangan wisata sehingga belum ada pencapaian kebijakan.

 

            Dampak dalam kebijakan yang dibuat oleh pemerintah Kabupaten Mojokerto, yaitu berkurangnya wisatawan untuk mengunjungi wisata yang berada di Kabupaten Mojokerto khususnya wisata peninggalan Kerajaan Majapahit. Dampak ini juga dirasa pada anggaran yang masuk ke APD Kabupaten Mojokerto yang semakin berkurang.

 

            Penelitian ini memberikan pemahaman mendalam tentang permasalahan kebijakan pengembangan destinasi wisata yang berada di Kabupaten Mojokerto yang khususnya di wisata peninggalan Kerajaan Majapahit. Dengan mengidentifikasi faktor peneyebab dan dampak yang dihasilkan, penelitian ini memberikan dasar untuk evaluasi kebijakan yang lebih efektif dalam menangani isu kompleks ini. Diharapkan bahwa dengan pemahaman yang lebih baik tentang kebijakan pengembangan destinasi wisata, pemerintah bisa bekerja sama dengan masyarakat sekitar untuk meningkatkan kembali wisatawan pada destinasi wisatawan di wisata sejarah Kerajaan Majapahit.

 

Kata Kunci : Evaluasi, Kebijakan, Pengembangan, Wisata

Published
2023-11-13
How to Cite
Suwandi, A. K., Haryati, E., & Suroso. (2023). Evaluasi Kebijakan Pengembangan Destinasi Wisata Peninggalan Kerajaan Majapahit di Kabupaten Mojokerto Untuk Meningkatkan Kunjungan Wisatawan. Soetomo Administrasi Publik , 1(3), 615 - 624. Retrieved from https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/sap/article/view/7313
Section
Article

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>