Kualitas Pelayanan Kesehatan Program JKMM (Jaminan Kesehatan Masyarakat Miskin) Pasien IGD Rawat Inap di RSU Anwar Medika Sidoarjo

  • Aditya Miftakhul Huda Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Dr. Soetomo Surabaya
  • Amirul Mustofa Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Dr. Soetomo Surabaya
  • Sri Roekminiati Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Dr. Soetomo Surabaya
Abstract views: 142 , Full Text downloads: 127
Keywords: Kualitas Pelayanan Kesehatan, Program JKMM

Abstract

Upaya sudah dilakukan pemerintah untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan dengan membentuk undang-undang nomor 36 Tahun 2009 tentang pelayanan kesehatan di Indonesia. Namun usaha pembentukan undang-undang ini juga dirasa belum optimal. Hal ini nampak pada banyaknya keluhan-keluhan masyarakat tentang kualitas pelayanan kesehatan di Indonesia. Masyarakat menuntut agar pemerintah berupaya untuk memperbaiki kualitas pelayanan yang diberikan pada masyarakat.Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif didefinisikan sebagai suatu proses yang mencoba untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik mengenai kompleksitas yang ada dalam interaksi manusia (Marshal C dan Rossman G.B, 1995). Menurut Poerwandari (2007) mengungkapkan bahwa penelitian kualitatif menghasilkan dan mengolah data yang sifatnya deskriptif, seperti transkip wawancara, catatan lapangan, gambar, foto, rekaman video, dan lain sebagainya Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa Kualitas Pelayanan semakin baik meliputi dasar kenyamanan, dan pelayanan yang cepat agar dapat meningkatkan kepuasaan pelayanan untuk pasien serta kenyamanan saat berada di RSU Anwar Medika Sidoarjo.Disimpulkan juga dari kesenjangan gap dapat dilihat pada hasil wawancara dengan berbagai sumber yang menghailkan kesimpulan bahwa standar pelayanan yang diberikan masih dianggap belum maksimal dilihat dari kesenjangan pada gap 1 dimana masih ada kesenjangan antara harapan pasien dan kenyataan pada pelayanan yang diberikan pada RSU Anwar Medika Sidoarjo.
Kata Kunci : Kualitas Pelayanan Kesehatan, Program JKMM

 
Published
2023-11-02
How to Cite
Huda, A. M., Mustofa, A., & Roekminiati, S. (2023). Kualitas Pelayanan Kesehatan Program JKMM (Jaminan Kesehatan Masyarakat Miskin) Pasien IGD Rawat Inap di RSU Anwar Medika Sidoarjo. Soetomo Administrasi Publik , 395 - 406. Retrieved from https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/sap/article/view/7241

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 > >>