Akuntabilitas Pelayanan Uji Kendaraan Bermotor Berbasis E-Kir Studi Kasus di Dinas Perhubungan Surabaya


Abstract
ABSTRAK
Masalah transportasi merupakan salah satu masalah yang sangat penting bagi
kebutuhan manusia untuk menunjang aktifitas sehari-hari dan menunjang perekonomian
masyarakat. Transportasi dapat berupa angkutan pribadi dan angkutan umum, Angkutan
umum merupakan sarana yang diberikan pemerintah untuk melayani masyarakat. Sangat
disayangkan masih banyak masalah yang terjadi di angkutan umum yang seperti tidak
ada ujung penyelesaiannya. Jenis penelitian yang digunakan yakni metode penelitian
deskriptif kualitatif. Metode penelitian kualitatif yaitu statistik untukmenelaah data
supaya mendapatkan gagasan yang konkret,padat, dan terarah akan peristiwa tertentu.
Penelitian dengan pendekatan deskriptif kualitatif merupakan metode penelitian berfokus
pada pendekatan kualitatif sederhana yang menggunakan alur induktif. Penelitian ini
menggunakan indikator Akuntabilitas Jabbra & Dwivedi. Dari hasil penelitian dapat
disimpulkan bahwa akuntabilitas pelayanan sudah terlaksana cukup baik. Hal ini dapat
dilihat dari akuntabilitas pelayanan publik, Proses pelaksanan pegurusan e-Uji Kir.
Namun, bagi Dinas Perhubungan Kota Surabaya, perlunya penambahan atau
pengrekrutan pegawai pengujian kendaraan bermotor yang berkompeten dalam bidang
pengujian kendaraan bermotor
Kata Kunci : Akuntabilitas, Tranportasi, Uji Kir