EVALUASI KEBIJAKAN PENEMPATAN SUMBER DAYA MANUSIA DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH SYARIFAH AMBAMI RATO EBU BANGKALAN
Abstract
Sejumlah metode dapat digunakan untuk membantu dalam mengevaluasi kebijakan, namun hampir semua teknik yang ada dapat juga digunakan dalam hubungannya dengan metode-metode evaluasi lainnya. Berbagai macam teknik dapat digunakan dengan lebih dari satu metode analisis kebijakan, ini menunjukkan sifat saling ketergantungan dari perumusan masalah, peramalan, rekomendasi, pemantauan dan evaluasi di dalam analisis kebijakan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan studi pustaka, studi lapangan yaitu observasi partisipatif dan wawancara. Sumber informasi yang peneliti gunakan dalam penelitian ini berasal dari wawancara secara langsung dengan nara sumber, yaitu Perawat Rumah Sakit Umum Daerah Syarifah Ambami Rato Ebu Bangkalan. Adapun teknik penentuan informan menggunakan snowball. Berdasarkan pada penelitian yang telah dilaksanakan dapat diketahui bahwa Berdasarkan pada penelitian yang telah dilaksanakan dapat diketahui bahwa penempatan kinerja pegawai Di Rumah Sakit Umum Daerah Syarifah Ambami Rato Ebu Bangkalan dalam peningkatan pelayanan sudah berjalan cukup baik, namun masih ada ditemukan kendala serta masih belum patuhnya pegawai dalam melaksanakan surat rotasi pegawai dikarenaka ada banyak terjadi penolakan dari karyawan itu sendiri khususnya di perawat dalam pelayanan menunjang kinerja dalam hal pelayanan kurang optimal sehingga diperlukanya sebuah model dan langkah kedepan guna meningkatkan pelayanan dengan baik yang menuju kontrak pelayanan.
References
Anonimus, Undang – undang Nomor 32 Tahun 2004 dan Undang-undang Nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah. Lima Bintang. Surabaya
Anwar P. 2004. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Remaja Rosdakarya. Bandung.
_________, Undang – undang Nomor 25 Tahun 2008 tentang Pelayanan Umum. Indonesia. Jakarta.
________, Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara nomor 63/KEP/M.PAN/7/2003 tentang Pedoman Umum Penyelenggaraan Pelayanan Publik.
Dwiyanto, Agus. 2020. “Manajemen Pelayanan Publik”. Yogyakarta; Gadjah Mada University Press
Effendi, Sofyan, 2001. Pelayanan Publik, Pemerataan dan Administrasi Negara Baru, Yogyakarta, P3K UGM.
Hughes. 2001. Managing Productivity on Organization. A Protical. People Oriented Presfektive. Singapore. Mc.Grow Hill Book.Co.
Kurniawan, Agung. 2005. Transformasi Pelayanan Publik. Pembaruan. Yogyakarta. Mangkunegara,
Mahmudi. 2007. Manajemen Kinerja Sektor Publik. UPP STIM YKPN. Yogyakarta.
Mulyasa. 2004. Kurikulum Berbasis Kompetensi : Konsep, Karakteristik dan Implementasi. Cetakan Keenam. Remaja Rosdakarya. Bandung.