Inovesi Pelayanan Penelitian Melalui Aplikasi "Sriti Prima"

(Studi pada Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Situbondo)

  • Adi Poernomo
  • Eny Haryati Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Dr.Soetomo Surabaya
Abstract views: 42 , Full Text downloads: 11
Keywords: Pelayanan, Rekomendasi Penelitian, Aplikasi

Abstract

ABSTRAK

 

Penerbitan surat rekomendasi penelitian memakan waktu yang cukup lama. Waktu yang dibutuhkan mencapai dua sampai tiga hari, sementara dalam standar operasional prosedur ditetapkan hanya 65 menit. Selain itu, pelayanan surat penelitian tidak memiliki standar pelayanan yang jelas mengatur tentang mekanisme pelayanan. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah Inovsi Pelayanan Penelitian Melalui Aplikasi ”Sriti Prima” (Sistem Rekomendasi Ijin Penelitian Pelayanan Ramah Informatif Dalam Pelayanan Masyarakat). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan Pelayanan Surat Penelitian Berbasis Aplikasi Sriti Prima (Sistem Rekomendasi Ijin Penelitian Pelayanan Ramah Informatif Dalam Pelayanan Masyarakat).

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan tingkat eksplanasi deskriptif yang menggambarkan serta mengamati secara mendalam tentang Inovsi Pelayanan Penelitian Melalui Aplikasi ”Sriti Prima” (Sistem Rekomendasi Ijin Penelitian Pelayanan Ramah Informatif Dalam Pelayanan Masyarat) pada Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Situbondo. Sumber data dalam penelitian ini diambil dari 4 orang pegawai Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Situbondo dan 12 orang dari pengguna layanan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Inovasi Pelayanan Penelitian Melalui Aplikasi ”Sriti Prima” (Sistem Rekomendasi Ijin Penelitian Pelayanan Ramah Informatif Dalam Pelayanan Masyarat) telah sesuai dengan standar pelayanan yang telah ditetapkan. Dilihat dari aspek desain, telah ditetapkan standar operasional prosedur, standar pelayanan, dan maklumat pelayanan sebagai kepastian dan jaminan pelayanan. Aspek sosialisasi, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik telah melakukan sosialisasi pelayanan baik kepada pegawai internal Badan Kesatuan Bangsa dan Politik, juga kepada pengguna layanan. Aspek Pelaksanaan, pendaftaran surat rekomendasi penelitian dilakukan secara online melalui link yang dibagi melalui pesan whatsapp. Aspek evaluasi, penyelesaian pelayanan terbilang cepat, mudah diakses dan bebas biaya apapun.

Kata Kunci : Pelayanan, Rekomendasi Penelitian, Aplikasi.

References

Basri, Muhammad. 2012. Budaya Organisasi dan Pelayanan Publik Suatu Pendekatan Dalam Pelayanan. Makassar : YAPMA
Dwiyanto, Agus et.al. 2014. Mewujudkan Good Governance Melalui Pelayanan Publik. Yogyakarta : Gadjah Mada University Press . 2015. Reformasi Birokrasi Kontekstual. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press
. 2015. Manajemen Pelayanan Publik : Peduli, Inklusif, dan Kolaboratif Edisi Kedua, Yogyakarta : Gajah Mada University Press

Hayat. 2017. Manajemen Pelayanan Publik. Depok : Rajagrafindo Persada

Ibrahim, Amin. 2008. Teori dan Konsep pelayanan Publik Serta Implementasinya. Bandung : Mandar Maju

Imbaruddin, Amir. 2016. Birokrasi Akuntabilitas Kinerja (Sebuah Refleksi).
Makassar: De La Macca

Indrajit et.al. 2005. e-Government in Action. Yogyakarta : ANDI

Istianto, Bambang. 2009. Manajemen Pemerintahan Dalam Perspektif Pelayanan Pubik. Jakarta : Mitra Wacana Media

Keban, Yeremias T. 2014. Enam Dimensi Strategis Administrasi Publik Konsep, Teori dan Isu Edisi Ketiga. Yogyakarta : Gava Media

Mulyadi, Deddy. 2016. Studi Kebijakan Publik dan Pelayanan Publik.
Bandung : Alfabeta.

Nugraha,Joko tri. 2018. E-Government Dan Pelayanan Publik (Studi Tentang Elemen Sukses Pengembangan E-Government Di Pemerintah Kabupaten Sleman). (online), Vol.2 No.1
http://jurnal.untidar.ac.id/index.php/komunikasi/article/download/758/547

Nurmandi, Achmad. 2010. Manajemen Pelayanan Publik. Yogyakarta : PT Sinergi Visi Utama

Ratminto dan Winarsih Atik Septi. 2008. Manajemen Pelayanan,
Yogyakarta : Pustaka Pelajar
Published
2023-12-09
How to Cite
Poernomo, A., & Haryati, E. (2023). Inovesi Pelayanan Penelitian Melalui Aplikasi "Sriti Prima": (Studi pada Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Situbondo). Soetomo Magister Ilmu Administrasi, 861-868. Retrieved from https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/smia/article/view/7449