Inovesi Pelayanan Penelitian Melalui Aplikasi "Sriti Prima"
(Studi pada Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Situbondo)


Abstract
ABSTRAK
Penerbitan surat rekomendasi penelitian memakan waktu yang cukup lama. Waktu yang dibutuhkan mencapai dua sampai tiga hari, sementara dalam standar operasional prosedur ditetapkan hanya 65 menit. Selain itu, pelayanan surat penelitian tidak memiliki standar pelayanan yang jelas mengatur tentang mekanisme pelayanan. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah Inovsi Pelayanan Penelitian Melalui Aplikasi ”Sriti Prima” (Sistem Rekomendasi Ijin Penelitian Pelayanan Ramah Informatif Dalam Pelayanan Masyarakat). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan Pelayanan Surat Penelitian Berbasis Aplikasi Sriti Prima (Sistem Rekomendasi Ijin Penelitian Pelayanan Ramah Informatif Dalam Pelayanan Masyarakat).
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan tingkat eksplanasi deskriptif yang menggambarkan serta mengamati secara mendalam tentang Inovsi Pelayanan Penelitian Melalui Aplikasi ”Sriti Prima” (Sistem Rekomendasi Ijin Penelitian Pelayanan Ramah Informatif Dalam Pelayanan Masyarat) pada Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Situbondo. Sumber data dalam penelitian ini diambil dari 4 orang pegawai Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Situbondo dan 12 orang dari pengguna layanan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Inovasi Pelayanan Penelitian Melalui Aplikasi ”Sriti Prima” (Sistem Rekomendasi Ijin Penelitian Pelayanan Ramah Informatif Dalam Pelayanan Masyarat) telah sesuai dengan standar pelayanan yang telah ditetapkan. Dilihat dari aspek desain, telah ditetapkan standar operasional prosedur, standar pelayanan, dan maklumat pelayanan sebagai kepastian dan jaminan pelayanan. Aspek sosialisasi, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik telah melakukan sosialisasi pelayanan baik kepada pegawai internal Badan Kesatuan Bangsa dan Politik, juga kepada pengguna layanan. Aspek Pelaksanaan, pendaftaran surat rekomendasi penelitian dilakukan secara online melalui link yang dibagi melalui pesan whatsapp. Aspek evaluasi, penyelesaian pelayanan terbilang cepat, mudah diakses dan bebas biaya apapun.
Kata Kunci : Pelayanan, Rekomendasi Penelitian, Aplikasi.References
Dwiyanto, Agus et.al. 2014. Mewujudkan Good Governance Melalui Pelayanan Publik. Yogyakarta : Gadjah Mada University Press . 2015. Reformasi Birokrasi Kontekstual. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press
. 2015. Manajemen Pelayanan Publik : Peduli, Inklusif, dan Kolaboratif Edisi Kedua, Yogyakarta : Gajah Mada University Press
Hayat. 2017. Manajemen Pelayanan Publik. Depok : Rajagrafindo Persada
Ibrahim, Amin. 2008. Teori dan Konsep pelayanan Publik Serta Implementasinya. Bandung : Mandar Maju
Imbaruddin, Amir. 2016. Birokrasi Akuntabilitas Kinerja (Sebuah Refleksi).
Makassar: De La Macca
Indrajit et.al. 2005. e-Government in Action. Yogyakarta : ANDI
Istianto, Bambang. 2009. Manajemen Pemerintahan Dalam Perspektif Pelayanan Pubik. Jakarta : Mitra Wacana Media
Keban, Yeremias T. 2014. Enam Dimensi Strategis Administrasi Publik Konsep, Teori dan Isu Edisi Ketiga. Yogyakarta : Gava Media
Mulyadi, Deddy. 2016. Studi Kebijakan Publik dan Pelayanan Publik.
Bandung : Alfabeta.
Nugraha,Joko tri. 2018. E-Government Dan Pelayanan Publik (Studi Tentang Elemen Sukses Pengembangan E-Government Di Pemerintah Kabupaten Sleman). (online), Vol.2 No.1
http://jurnal.untidar.ac.id/index.php/komunikasi/article/download/758/547
Nurmandi, Achmad. 2010. Manajemen Pelayanan Publik. Yogyakarta : PT Sinergi Visi Utama
Ratminto dan Winarsih Atik Septi. 2008. Manajemen Pelayanan,
Yogyakarta : Pustaka Pelajar