Pengaruh Pemanfaatan Teknologi Informasi Di Era Digital Terhadap Pengembangan Kinerja Pegawai Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Situbondo

  • Agustin Nurul Hidayati Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Dr. Soetomo Surabaya
  • Eny Haryati Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Dr.Soetomo Surabaya
Abstract views: 152 , Full Text downloads: 65
Keywords: Kata Kunci: Teknologi Informasi, Era Digital, Kinerja Guru

Abstract

ABSTRAK

Pemanfaatan teknologi informasi di era digital terhadap pengembangan kinerja guru di SMP Negeri 8
Palopo. Penelitian ini bertujuan: untuk mendeskripsikan pemanfaatan teknologi informasi di era
digital; untuk mendeskripsikan pengembangan kinerja guru di era digital; untuk mengetahui pengaruh
pemanfaatan teknologi informasi di era digital terhadap pengembangan kinerja guru SMP Negeri 8
Palopo. Jenis penelitian ini adalah ex-postfacto fokus pada pengungkapan hubungan kausal antara
variabel. Populasinya adalah seluruh guru di SMP Negeri 8 Palopo dengan jumlah 48 guru.
Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sensus atau sampling jenuh. Data diperoleh melalui
penyebaran angket dan dokumentasi. Hasil penelitian ini mengemukakan bahwa terdapat pengaruh
positif teknologi informasi di era digital terhadap pengembangan kinerja guru SMP Negeri 8 Palopo
sebesar 70,7% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dapat dijelaskan dalam
penelitian ini.

References

Batubara, D. S. (2018). Kompetensi teknologi informasi dan komunikasi guru sd/mi (potret,
faktor-faktor, dan upaya meningkatkannya). Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah,
3(1), 48-65.
Cholily, Y. M., Putri, W. T., & Kusgiarohmah, P. A. (2019, June). Pembelajaran di era
revolusi industri 4.0. In Seminar & Conference Proceedings of UMT.
Damanik, R. (2019). Hubungan Kompetensi Guru Dengan Kinerja Guru. Jurnal Serunai
Administrasi Pendidikan, 8(2).
Fadilah, H. (2021). Pengaruh penggunaan teknologi informasi dan kompetensi sosial guru
terhadap Motivasi Belajar Siswa Mata Pelajaran PAI dan Budi pekerti kelas X TBSM

SMK PGRI 2 Ponorogo Tahun Ajaran 2020/2021 (Doctoral dissertation, IAIN
Ponorogo).
Hermawan, I. (2019). Metodologi penelitian pendidikan (kualitatif, kuantitatif dan mixed
method). Hidayatul Quran.
Khaeruddin Said, M. M. (2019). Pengembangan Profesi Guru Pada Kurikulum 2013. Zahen
Publisher.
Moleong, L. Metodologi Penelitian Kualitatif. 2011. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nana, N., & Surahman, E. (2019, December). Pengembangan Inovasi Pembelajaran Digital
Menggunakan Model Blended POE2WE di Era Revolusi Industri 4.0. In Prosiding
SNFA (Seminar Nasional Fisika Dan Aplikasinya) (Vol. 4, pp. 82-90).
Nana Syaodih Sukmadinata, N. S. (2007). Metode penelitian pendidikan. Bandung: PT
Remaja Rosda karya.
Notanubun, Z. (2019). Pengembangan kompetensi profesionalisme guru di era digital (Abad
21). Jurnal Bimbingan Dan Konseling Terapan, 3(2), 54.
Prasetyo, B., & Trisyanti, U. (2018). Revolusi industri 4.0 dan tantangan perubahan
sosial. IPTEK Journal of Proceedings Series, (5), 22-27.
Putra, R. R., Siti Khadijah, U. L., & Rakhman, C. U. (2020). Pemanfaatan Teknologi
Informasi dan Komunikasi dalam penerapan Konsep smart tourism di Kabupaten
pangandaran. Jurnal Master Pariwisata (JUMPA), 7(1), 257-279.
Putri, A. D. K., & Imaniyati, N. (2017). Pengembangan profesi guru dalam meningkatkan
kinerja guru (Professional development of teachers in improving the performance of
teacher). Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(2), 93-101.
Rahayu, W. I., & Saputra, M. H. K. (2020). Penerapan Metode Naive Bayes dan Skala Likert
Pada Aplikasi Prediksi Kelulusan Mahasiswa. Kreatif.
Reza, M. Kelebihan Dan Kekurangan Pembelajaran E-Learning.
Riwayadi, P. (2013). Pemanfaatan Perkembangan Teknologi Informasi Dan Komunikasi
Untuk Kemajuan Pendidikan Di Indonesia. available at PLS-UM Database.
Sugiyono, M. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi. Bandung:
Alfabeta.
Sunarto, R. (2010). Pengantar Statistika untuk Pendidikan, Sosial, Ekonomi, Komunikasi dan
Bisnis. Cet. III, Bandung: Alfabeta.
Syam, N. W. (2004). Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Dunia
Pendidikan. Makalah disampaikan dalam diskusi panel tentang Teknologi Informasi
pada hari Sabtu, 18.
Published
2023-12-06
How to Cite
Hidayati , A. N., & Haryati, E. (2023). Pengaruh Pemanfaatan Teknologi Informasi Di Era Digital Terhadap Pengembangan Kinerja Pegawai Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Situbondo. Soetomo Magister Ilmu Administrasi, 409-420. Retrieved from https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/smia/article/view/7409