Efektivitas Pelayanan Pemerintah Kelurahan Menggunakan Aplikasi Surabaya Single Window (SSW) Alfa (Studi Di Kelurahan Gunung Anyar Kecamatan Gunung Anyar Kota Surabaya)

(Studi di Kelurahan Gunung Anyar Kecamatan Gunung Anyar Kota Surabaya)

  • Daglish Yuliyantoro
  • Eny Haryati Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Dr.Soetomo Surabaya
Abstract views: 220 , Full Text downloads: 317
Keywords: Kata Kunci: Efektivitas, SSW Alfa, Pelayanan, Pemerintahan Kelurahan Gunung Anyar

Abstract

ABSTRAK

Masyarakat Kelurahan Gunung Anyar yang mengurus perizinan menggunakan Aplikasi SSW Alfa berusia
diatas 45 tahun yang termasuk kategori usia pra pensiun yang mayoritas sudah tidak cakap teknologi.
Diketahui masih terdapat masyarakat Kelurahan Gunung Anyar lebih memilih pelayanan langsung di
kantor kelurahan untuk mengurus surat administratif tertentu. Penulis berminat untuk meninjau lebih lanjut
terkait Efektivitas Pelayanan di Kelurahan GunungAnyar Kota Surabaya dengan menggunakan Aplikasi
SSW Alfa sebagai solusi untuk meminimalisir kesalahan akurasi pelayanan administratif. Penelitian ini
termasuk pada jenis penelitian kualitatif yang memiliki sifat deskriptif berlokasi di Kelurahan Gunung
Anyar Kota Surabaya. Peneliti mengambil data secara langsung kepada objek penelitian melalui
wawancara, observasi, focus group discussion dan dokumentasi. Hasil Penelitian pelayanan mengenai
perizinan di Kelurahan Gunung Anyar Kota Surabaya menggunakan Aplikasi SSW Alfa sudah efektif dan
memenuhi kelima indikator dilihat dari sisi Kebijakan Pemerintah, Sumber Daya Manusia, Sarana dan
Prasarana. Terdapat faktor yang menghambat meliputi: (1) Staff IT (dengan status pegawai kontrak) karena
tidak memiliki kemampuan dalam mengoperasikannya; (2) Petugas kelurahan yang merasa tidak
bertanggung jawab terkait penggunaan aplikasi SSW Alfa tidak memiliki daya tanggap untuk
mempelajarinya dan hanya bersikap mengarahkan kepada staff IT; (3) dukungan pemerintah terkait payung
hukum pelayanan secara digital sudah jelas dan lengkap. Namun pada kenyataannya warga membutuhkan dukungan pemerintah terkait sarana dan prasarana dalam lingkup RW yaitu kebutuhan laptop atau komputer
dan printer.

References

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian:Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Ayu, AP., Nisa, FL & Muchtolifah. 2023. Inovasi Pelayanan Surat Pengantar Nikah Melalui SSW Alfa
Memberi Kemudahan Terhadap Calon Pengantin Dalam Pengurusan Berkas Nikah Di Kelurahan
Rungkut Tengah Surabaya. Edunomika. Vol. 7. No. 1.
Enitasari, R & Hertati, S. 2019. Efektivitas Pelayanan Administrasi Kependudukan Berbasis Aplikasi
Berkas Mlaku Dewe Di Kantor Kecamatan Sukodono Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Ilmu
Administrasi Negara. Vol. 3. No. 5. Pp. 136-149.
Gamal, MS. 2018. Analisis Kualitas Pelayanan Di Kantor Kelurahan Pasangkayu Kabupaten Mamuju
Utara. Jurnal Katalogis. Vol. 6. No. 2. Pp. 162-171.
Hannan, S. 2016. Analisis Pelayanan Administrasi Di Kelurahan Banggae Kabupaten Majene (Studi Kasus
Pembuatan Surakt Keterangan Tidak Mampu dan Surat Ahli Waris). Jurnal Ilmu Pemerintahan &
Ilmu Komunikasi. Vol. 1. No. 1.
Haryati, E et al. 2022. Pengantar Manajemen (Konsep dan Tinjauan Teoritis: Budaya Organisasi, Literasi
Digital dan Kinerja Pelayanan). Bandung:Media Sains Indoneisa. ISBN: 9786233628068
Mulyono, D. 2017. Analisis Faktor Pendorong Dan Faktor Penghambat Pelaksanaan Pelayanan Publik Di
Kelurahan Kacang Timur Kecamatan Pondok Aren Kota Tangerang Selatan. Jurnal Mozaik. Vol.
IX Edisi 2.
Nur’aini, A. 2021. Efektivitas Pelayanan Publik Pada Kantor Kelurahan Leok 1 Kecamatan Biau Kabupaten
Buol. Jurnal Inovasi Penelitian. Vol. 1. No. 12. Pp. 2567-2573.
Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia No. 14
Tahun 2017
Purworejokab.go.id

Rahadi, DR. 2007. Peranan Teknologi Informasi Dalam Peningkatan Pelayanan Di Sektor Publik. Seminar
Nasional Teknologi 2007.
Risambessy A, et al. 2023. Perilaku Organisasi (Digitalisasi SDM). Bandung:Media Sains Indoneisa. ISBN:
9786231951809
Saggaf, S., Salam, R., Kahar, F & Akib H. 2014. Pelayanan Fungsi Administrasi Perkantoran Modern.
Ad’mistrate. Vol. 1. No.1.
Savinatunazah, V. 2019. Efektivitas Pelayanan Perizinan Berbasis Online Di Dinas Penanaman Modal Dan
Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Ciamis. Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi. Vol. 6. No.
2.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:Alfabeta.
Undang-Undang No. 25 Tahun 2009 tentang pelayanan publik
Published
2023-12-05
How to Cite
Yuliyantoro, D., & Haryati, E. (2023). Efektivitas Pelayanan Pemerintah Kelurahan Menggunakan Aplikasi Surabaya Single Window (SSW) Alfa (Studi Di Kelurahan Gunung Anyar Kecamatan Gunung Anyar Kota Surabaya): (Studi di Kelurahan Gunung Anyar Kecamatan Gunung Anyar Kota Surabaya). Soetomo Magister Ilmu Administrasi, 351-362. Retrieved from https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/smia/article/view/7395