Partisipasi Masyarakat Dalam Perencanaan Pembangunan Desa Melalui Musrenbang (Studi Kasus Pada Program Pembangunan Rumah di Desa Fafinesu B, Kecamatan Insana Fafinesu, Kabupaten Timor Tengah Utara )

  • Yohanes Fina Universitas Timor
  • Alfrido Naiheli Universitas Timor
Abstract views: 243 , PDF (Bahasa Indonesia) downloads: 263
Keywords: Partisipasi Masyarakat, Musyawarah, Perencanaan Pembangunan

Abstract

Partisipasi masyarakat mengacu pada praktik yang melibatkan penduduk setempat dalam semua tahap pembangunan, mulai dari konseptualisasi hingga pelaksanaan hingga penilaian hasil. Inisiatif yang disediakan pemerintah mendapat manfaat dari keterlibatan masyarakat dalam bentuk partisipasi. Tujuan prakarsa pembangunan rumah Desa Fafinesu B, Kecamatan Insana Fafinesu, Kabupaten Timor Tengah Utara adalah untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dan paritas sosial melalui penyediaan rumah yang layak dan terjangkau. Oleh karena itu, masalah ini diharapkan dapat diselesaikan dengan bantuan masyarakat. Penyelidikan mengungkapkan bahwa beberapa individu masih tinggal di rumah tidak layak huni atau perumahan lainnya. Tim peneliti di Desa Fafinesu B, Distrik Insana Fafinesu, Kabupaten Timor Tengah Utara melakukan hal itu -- menilai dan mencirikan keterlibatan masyarakat dalam program pembangunan rumah. Ditetapkan bahwa warga Desa Fafinesu B, Distrik Insana Fafinesu, Kabupaten Timor Tengah Utara terlibat aktif dan menemukan nilai dalam program pembangunan rumah.

References

Adisasmita, Raharjdo, (2006). Membangun Desa Partisipatif. Makasar: Graha Ilmu Arikunto.

Afifudin & Saebani, B.A. 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: CV Pustaka Setia.

Buku Panduan Penyelenggaraan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa tahun 2014

Cohen, Uphoof dalam Soepomo. 1992. Pembangunan Masyarakat. Jakarta: CV. Karyako.

Febriana YD.2008. Partisipasi Masyarakat dalam Program Cprporate Socila Responsibiliti “Kampung Siaga Indosat” (SStudi Kasus: RW 04, Kelurahan Manggarai, Kecamatan Tebet, Jakarta selatan.

Mikkelsen, Britha. (2001). Metode Penelitian Partispatoris dan Upaya-Upaya Pemberdayaan, Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Moleong, Lexy, J. 2000. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Ndraha, Taliziduhu. 1987. Pembangunan Masyarakat: Mempersiapkan Masyarakat Tinggal Landas. Jakarta: Bina Aksara

Pusic, Adi, Isbandi Rukminto.2001. Pemberdayaan, Pengembangan Masyarakat dan Intervensi Komunitas. Jakarta: Lembaga Penelitian FE-UI.

Sastropoetro, RA. Santoso,1988, Partisipasi, komunikasi, Persuasi, dan Disiplin dalam Pembangunan, Penerbit Alumni, Bandung

Sugiono.2012b. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

Sunarti, 2003, Partisipasi Masyarakat dalam Pembangunan Perumahan secara Kelompok JurnalTata Loka, Semarang: Planoligi UNDIP.

Tjokroamidjojo, Bintoro. 1995. Manajemen Pembangunan. Jakarta: Gunung Agung.

Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa

Undang-undang Nomor 23 Tahun 2004 tentang Pemerintah Daerah

Published
2023-07-19
How to Cite
Fina, Y., & Naiheli, A. (2023). Partisipasi Masyarakat Dalam Perencanaan Pembangunan Desa Melalui Musrenbang (Studi Kasus Pada Program Pembangunan Rumah di Desa Fafinesu B, Kecamatan Insana Fafinesu, Kabupaten Timor Tengah Utara ). Jurnal Ilmiah Manajemen Publik Dan Kebijakan Sosial, 7(1), 61-70. https://doi.org/10.25139/jmnegara.v7i1.6178