Kinerja Aparatur Pemerintah Desa Dalam Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik Di Desa Tapenpah, Kecamatan Insana, Kabupaten Timor Tengah Utara


Abstrak
Pelayanan publik merupakan suatu arena transaksi yang paling realistis dan intensif antara rakyat dan pemerintah, interaksi aktif antara pemberi dan penerima layanan merupakan bagian penting dari proses membangun partisipasi dan akuntabilitas publik. Pemberi layanan publik harus menunjukan kualitas pelayanan yang diberikan kepada publik, melalui kinerja yang diberikan. Prestasi kerja yang ditunjukan pemerintah desa dengan motivasi pelayanan yakni memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat, kemampuan aparatur dalam pelayanan yang cukup baik dan kesempatan pelayanan memudahkan aparat desa maupun masyarakat dalam mengakses jenis-jenis layanan administrasi di desa. Kinerja yang ditunjukan pemerintah desa Tapenpah tersebut, dapat meningkatkan kualitas pelayanan publik di desa.
Referensi
Amins, Achmad. 2012. Manajemen kinerja pemerintah daerah. Laksbang presindo, Yokyakarta.
CreswellW. John.2010. Research Design pendekatan kualitatif, kuantitatif, dan Mixed. Pustaka pelajar. Yokyakarta.
Miles B. Matthew dan Huberman, Michael A. 2014. Analisis data Kualitatif. UI Press. Jakarta.
Mahsun, Mohamad. 2006. Pengkukuran kinerja sektor publik.BPFE. yokyakarta.
Hardyansyah, 2011. kualitas pelayanan Publik, konsep, dimensi, indikator dan implementasinya, Gava Media, Yokyakarta.
Handoko T. Hani. 2011 .Manajemen edisi 2, BPFE yokyakarta.
Mahmudi. 2010. Manajemen kinerja sektor publik. Sekolah Tinggi manajemen YKPN. Yokyakarta.
Suripto,Soleh Chabib. 2011. Menilai kinerja pemerintah Daerah. Fokus Media. Bandung.
Sugiyono. 2001. Metode penelitian Administrasi. Alfabeta. Bandung.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##
Authors who publish with JIMPKS: Jurnal Ilmiah Manajemen Publik dan Kebijakan Sosial agree to the following terms:
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
-
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
-
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.