Kinerja Aparatur Pemerintah Desa Dalam Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik Di Desa Tapenpah, Kecamatan Insana, Kabupaten Timor Tengah Utara

  • Stefanus Bekun Universitas Timor
  • Yohanes Fina Universitas Timor
Abstrak views: 175 , PDF downloads: 76
Kata Kunci: Kinerja, Kualitas, Pelayanan, Pemerintah Desa

Abstrak

Pelayanan publik merupakan suatu arena transaksi yang paling realistis dan intensif  antara rakyat dan pemerintah, interaksi aktif antara pemberi dan penerima layanan merupakan bagian penting dari proses membangun partisipasi dan akuntabilitas publik. Pemberi layanan publik harus menunjukan kualitas pelayanan  yang diberikan kepada publik, melalui kinerja yang diberikan. Prestasi kerja yang ditunjukan pemerintah desa dengan motivasi pelayanan yakni memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat, kemampuan aparatur dalam pelayanan yang cukup baik  dan kesempatan pelayanan memudahkan aparat desa maupun masyarakat dalam mengakses jenis-jenis layanan administrasi di desa.  Kinerja yang ditunjukan pemerintah desa Tapenpah tersebut, dapat meningkatkan kualitas pelayanan publik di desa.

Referensi

Amins, Achmad. 2012. Manajemen kinerja pemerintah daerah. Laksbang presindo, Yokyakarta.

CreswellW. John.2010. Research Design pendekatan kualitatif, kuantitatif, dan Mixed. Pustaka pelajar. Yokyakarta.

Miles B. Matthew dan Huberman, Michael A. 2014. Analisis data Kualitatif. UI Press. Jakarta.

Mahsun, Mohamad. 2006. Pengkukuran kinerja sektor publik.BPFE. yokyakarta.

Hardyansyah, 2011. kualitas pelayanan Publik, konsep, dimensi, indikator dan implementasinya, Gava Media, Yokyakarta.

Handoko T. Hani. 2011 .Manajemen edisi 2, BPFE yokyakarta.

Mahmudi. 2010. Manajemen kinerja sektor publik. Sekolah Tinggi manajemen YKPN. Yokyakarta.

Suripto,Soleh Chabib. 2011. Menilai kinerja pemerintah Daerah. Fokus Media. Bandung.

Sugiyono. 2001. Metode penelitian Administrasi. Alfabeta. Bandung.

Diterbitkan
2024-12-18