Pengaruh Gaya Hidup Konsumtif dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian di Shopee


Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh gaya hidup konsumtif dan kepercayaan konsumen terhadap keputusan pembelian di Shopee. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kausal dengan teknik kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna Shopee di Surabaya sebanyak 100 sampel. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode incidental sampling. Pengujian hipotesis dilakukan dengan metode regresi linear berganda dengan persamaan regresi Y = 8,292 + 0,152X1 + 0,432X2. Koefisien regresi bernilai positif yang berarti setiap penambahan satu satuan tingkat gaya hidup konsumtif (X1) dan kepercayaan konsumen (X1) akan meningkat sebesar 0,152 begitu pula setiap penambahan satu satuan tingkat kepercayaan konsumen (X2) sebesar 0,432. Hasil Uji f ditemukan nilai sig. 0,000 < 0,05 dan F hitung 171,183 > F tabel 3,06 menunjukkan bahwa variabel bebas Gaya Hidup Konsumtif (X1) dan Kepercayaan Konsumen (X2) berpengaruh signifikan terhadap variabel terikat Keputusan Pembelian (Y) secara simultan. Selain itu, hasil uji t memperoleh nilai sig. sebesar 0,007 < 0,05 dan juga memperoleh nilai t hitung 2,732 > nilai t tabel 1,984 maka diketahui bahwa variabel Gaya Hidup Konsumtif (X1) berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian (Y) di Shopee secara parsial dan untuk variabel kepercayaan konsumen (X2) sebesar 0,000 < 0,05 dan juga memperoleh nilai t hitung 5,796 > nilai t tabel 1,984 maka diketahui bahwa variabel Kepercayaan Konsumen (X2) berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian (Y) di Shopee secara parsial.
Kata kunci : Gaya Hidup Konsumtif, Kepercayaan Konsumen, Keputusan Pembelian