Inovasi Pelayanan Pojok Baca Digital (Pocadi) Dalam Mendukung Gerakan Literasi Siswa Sekolah Di Dinas Perpustakaan Dan Arsip Daerah Kota Tebing Tinggi

  • Muhammad Saddam Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Dr. Soetomo Surabaya
  • Nihayatus Sholichah Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Dr. Soetomo Surabaya
  • Zainal Fatah Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Dr. Soetomo Surabaya
Abstract views: 329 , Full Text downloads: 237

Abstract

ABSTRAK

Dinas Perpustakaan Kota Tebing Tinggi dalam peningkatan Teknologi di era digital saat ini telah memberikan inovasi pelayanan beserta Produk yaitu Pojok Baca Digital (POCADI), tujuannya memberikan kenyamaan kepada para pengunjung untuk lebih mudah dalam membaca dan mendapatkan ilmu pengetahuan/daftar pustaka, pelayanan yang diberikan kepada pengguna jasa perpustaakan terutama para siswa sekolah yang keseluruhan merupakan bagian dari pengunjung Di Kota Tebing Tinggi. Tujuan dari penelitian ini adalah  mengetahui bagaimana inovasi pelayanan yang sudah dilakukan oleh Pocadi dalam mendukung gerakan literasi siswa sekolah Di Dinas perpustakaan Kota Tebing Tinggi. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan memperoleh data dari observasi lapangan, wawancara dengan informan penelitian dan dokumentasi. Hasil penelitian ini merujuk pada mengacu pada teori teori yang dikemukakan oleh  Rogers (dalam Rina 2013) yang mengatakan bahwa “inovasi adalah sebuah ide, praktik atau objek yang dianggap baru oleh individu satu unit adopsi lainnya dari lima bagian dari inovasi pelayanan yaitu : (i) Keuntungan Relative (ii) Kesesuaian (iii) Kerumitan (iiii) Kemungkinan Dicoba dan (iiiii) Kemudahan Diamati. Dapat  disimpulkan bahwa, (i) Keuntungan relatif : pelayanan yang diberikan oleh  Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Tebing Tinggi Melalui Pocadi sudah memberikan keuntungan bagi para pengguna nya antara lain seperti menghemat waktu dalam mencari dan membaca buku. (ii) Kesesuian : kesesuian pelayanan yang diberikan oleh Dinas Perpustakaaan dan Arsip Daerah Kota Tebing Tinggi juga sudah sesuai dengan tujuan Literasi itu  sendiri  dengan menciptakan budipekerti yang baik melalui himbauan dan aturan serta memiliki kelebihan dalam memperoleh buku bacaan dengan mudah dan cepat. (iii) Kerumitan : Pelayanan yang telah diberikan Oleh Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Tebing Tinggi melalui Inovasi Pocadi sangat memudahkan petugas dalam memberikan pelayanan dan dengan prosedur yang mudah dimengerti oleh para pengunjung sehingga petugas dan pengunjung tidak memiliki kesulitan apapun sehingga pelayanan berjalan dengan maksimal. (iiii) Kemungkinan Dicoba : Dari segi keuntungan yang didapat, kesesuian, dan juga kerumitan yang tidak dialami pengunjung ketika di lapangan membuat inovasi tersebut kemungkinan dicobanya sangatlah besar karena memiliki manfaat dan keuntungan bagi para penggunanya. (iiiii) Kemudahan Diamati : Pelayanan Inovasi Pocadi sangatlah mudah untuk diamati oleh siapapun.

Kata Kunci : Inovasi Pelayanan; Pojok Baca Digital; Gerakan Literasi Siswa Sekolah

Published
2023-10-18
How to Cite
Saddam, M., Sholichah, N., & Fatah, Z. (2023). Inovasi Pelayanan Pojok Baca Digital (Pocadi) Dalam Mendukung Gerakan Literasi Siswa Sekolah Di Dinas Perpustakaan Dan Arsip Daerah Kota Tebing Tinggi. Soetomo Administrasi Publik , 1(2), 161 - 172. Retrieved from https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/sap/article/view/7154
Section
Article

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>