Penerapan Prinsip-Prinsip Good Corporate Governance Dalam Pelayanan Bank Jatim Kantor Cabang Dr.Soetomo Kepada Nasabah

  • Mirza Ria Adina Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Dr. Soetomo Surabaya
  • Kristyan Dwijo Susilo Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Dr. Soetomo Surabaya
  • Ika Devy Pramudiana Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Dr. Soetomo Surabaya
Abstract views: 75 , Full Text downloads: 61

Abstract

ABSTRAK

 

Good Corporate Governance dapat digambarkan sebagai bentuk pelaksanaan tanggung jawab antara perusahaan sebagai badan hukum, direksi, dan komisaris sebagai pengurus dengan para pemegang saham. Secara singkat terdapat lima prinsip GCG, yaitu transparancy, independence, accountabilit, responsibility, dan fairness. Pergertian Good Corporate Governnace adalah suatu sistem yang mengatur dan mengendalikan perusahaan yang menciptakan nilai tambah bagi semua pemangku kepentingan. Terdapat dua hal yang ditekankan dalam konsep ini, pertama pentingnya hak pemegang saham untuk mendapatkan informasi dengan benar dan tepat waktu, dan kedua, kewajiban perusahaan untuk mengungkapkan secara akurat, tepat waktu, secara transparan semua informasi tentang kinerja perusahaan, kepemilikan dan pemangku kepentingan (Asna, 2009: 226).

Tata kelola yang Bank Jatim Cabang Dr. Soetomo Surabaya kemudian menjadi sorotan karena menjadi salah satu Bank yang pernah meraih berbagai penghargaan. Ketika  produk  bank-bank mudah ditiru, maka aspek pembeda bank- bank terletak pada aspek pelayanan. Kepuasan dan loyalitas nasabah akan ditingkatkan melalui pelayanan  yang  berkesan. Baik praktisi maupun para ahli mengetahui bahwa  kepuasan  konsumen  dan  loyalitas memiliki hubungan yang tidak dapat terpisahan.   Selain dengan meningkatkan kualitas pelayanan, untuk menjaga dan meningkatkan loyalitas para nasabahnya, Bank Jatim Cabang Dr.Soetomo Surabaya juga  berupaya dengan menerapkan prinsip-prinsip good corporate governance dalam pelayanan.

Kata kunci: Penerapan, Good Corporate Governance, Pelayanan BANK

Published
2023-11-02
How to Cite
Adina, M. R., Susilo, K. D., & Pramudiana, I. D. (2023). Penerapan Prinsip-Prinsip Good Corporate Governance Dalam Pelayanan Bank Jatim Kantor Cabang Dr.Soetomo Kepada Nasabah. Soetomo Administrasi Publik , 309 - 320. Retrieved from https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/sap/article/view/7200

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>