Inovasi Pelayanan Masyarakat Jumantik (Juru Pemantau Jentik) Berbasis Website Sayang Warga Dalam Pencegahan Penyakit DBD Di Kelurahan Sumberrejo Kecataman Pakal Surabaya

  • Juniar Finandhita Investasya Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Dr. Soetomo Surabaya
  • Aris Sunarya Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Dr. Soetomo Surabaya
  • Suroso Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Dr. Soetomo Surabaya
Abstract views: 111 , Full Text downloads: 152
Keywords: Inovasi Pelayanan, Jumantik

Abstract

ABSTRAK
Kelurahan Sumberrejo Kecamatan Pakal baerah kawasan dikelilingi oleh budidaya (budidaya ikan), persawahan, TPA dan juga Gelora Bung Tomo. RW 04 yang bersebelahan dengan TPA( Tempat Pembuangan Akhir ) sampah wilayah Surabaya, permasalahan yang sering dihadapi tentang kebersihan lingkungan sekitar dan khususnya sampah. Dengan ini metode penelitian yang peneliti lakukan adalah deskritif kualitatif dengan menggunakan 6 indikator. Berdasarkan Hasil penelitian ini merujuk pada teori inovasi dan pelayanan yang berkaitan dengan keberhasilan website sayang warga ini yaitu: kemitraan, keberlanjutan, kepemimpinan dan pemberdayaan manusia, kecepatan, ketepatan, kemudahan. Dapat disimpulkan bahwa (I)Kemitraan : peran kader jumantik mampu membantu Bapak RW 04 dalam menangangi keluhan – keluhan warga khususnya dari segi kesehatan lingkungan dalam rumah maupun lingkungan sekitar,(II)Keberlanjutan : kualitas pelayanan yang diberikan kader jumantik melalui website sayang warga merupakan kemudahan akses dan penghematan waktu dalam pendataan warga, (III)Kepemimpinan dan pemberdayaan manusia : adanya partisipasi warga dalam membantu tugas para kader jumantik dalam menjaga kebersihan sekitar rumah dan lingkungan rumah,(IV)Kecepatan : dengan adanya website sayang warga dapat membantu para kader menginput data yang harus diupdate disetiap hari jum’at untuk laporan data meskipun ada beberapa kendala dalam jaringan karena website ini harus diakses diinternet,(V)Ketepatan : kader jumantik melakukan kegiatan dengan rutin disetiap hari jum’at dengan cara melakukan pengecekan jentik bak mandi dari rumah ke rumah warga,(VI)Kemudahan : dengan adanya website sayang warga ini memberikan kemudahan pemkot Surabaya dalam menangani permasalahan warga Surabaya.
Kata kunci : Inovasi Pelayanan , Jumantik

 
Published
2023-10-18
How to Cite
Investasya, J. F., Sunarya, A., & Suroso. (2023). Inovasi Pelayanan Masyarakat Jumantik (Juru Pemantau Jentik) Berbasis Website Sayang Warga Dalam Pencegahan Penyakit DBD Di Kelurahan Sumberrejo Kecataman Pakal Surabaya. Soetomo Administrasi Publik , 1(2), 179 - 188. Retrieved from https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/sap/article/view/7158
Section
Article

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>