KAJIAN PELUANG PENERAPAN JALUR SEPEDA DI KOTA SIDOARJO (STUDI KASUS PUSAT KOTA SIDOARJO)
STUDY OF OPPORTUNITIES FOR IMPLEMENTING BIKE LANE IN SIDOARJO CITY (CASE STUDY SIDOARJO CITY CENTER)
Abstract
Sesuai amanat undang-undang, pemerintah berkewajiban menyediakan sarana transportasi yang memadai bagi seluruh pengguna jalan. Berdasarkan Pasal 25 Undang-Undang nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, setiap jalan yang digunakan lalu lintas harus dilengkapi dengan perlengkapan jalan, termasuk fasilitas bagi sepeda, pejalan kaki, dan penyandang disabilitas. Lebih lanjut pada pasal 45 diatur bahwa fasilitas penunjang lalu lintas dan transportasi meliputi jalur sepeda dan pemerintah harus memberikan kemudahan berlalu lintas bagi pengendara sepeda. Pengendara sepeda berhak mendapat fasilitas untuk menunjang keamanan, keselamatan, kelancaran dan kelancaran lalu lintas.
Enam ruas jalan menjadi prioritas dalam penelitian ini dan diharapkan dapat memberikan hasil yang baik sehingga pemerintah Kabupaten Sidoarjo dapat menyediakan jalur sepeda. Penelitian ini mempunyai tujuan utama yaitu menghitung hambatan samping dan kapasitas jalan kota Sidoarjo serta mengukur peluang penerapan jalur sepeda berdasarkan kedua aspek yang dihitung. Peluang itu sendiri dapat dihasilkan setelah mengetahui nilai hambatan samping, kapasitas jalan, total arus dan derajat kejenuhan dengan menggunakan metode pengumpulan data observasi dan survei pada enam ruas jalan.
Hasil yang diperoleh adalah nilai rata-rata hambatan samping yaitu 300,78 (sedang); sedangkan rata-rata kapasitas jalan sebesar 3457,15 smp/jam dengan rata-rata total arus sebesar 1487,55 smp/jam, dan derajat kejenuhan yang diperoleh adalah B. Dengan demikian, keenam ruas jalan mempunyai peluang untuk diterapkan jalur sepeda, sehingga dapat mempertimbangkan aspek keselamatan jalur Sepeda hanya digunakan pada hari Minggu.
References
MKJI, 1997. Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI). Direktorat Jendral Bina Marga Departemen Pekerjaan Umum, Jakarta
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. 2021. Pedoman Perancangan Fasilitas Pesepeda No.05/P/BM/2021.Jakarta.
Artininingsih, Dkk. 2011. Kajian Peluang Penerapan Jalur Sepeda Di Kota Semarang. Riptek Vol. 5, No.II
Karim, M. Y., dan Zulkaidi, D. (2012). Strategi Peningkatan Tingkat Pelayanan Sepeda di Kota Bandung. Jurnal Perencanaan Wilayah dan Kota. Vol. 2 No. 3, Hal. 595 – 604, Perencanaan Wilayah dan Kota. ITB, Bandung
Sugasta, H. H., Widodo, S., dan Mayuni, S. (2016). Analisa efektifitas lajur khusus sepeda pada kawasan perkotaan Pontianak. Jurnal rekayasa Sipil, Vol 4 No. 4, hal. 1-9, Jurusan Teknik Sipil Universitas Negeri Tanjungpura, Pontianak
Weningtyas, Dkk. 2015. Kajian Persepsi Penerimaan Masyarakat Terhadap Kebijakan Transportasi untuk Kawasan Rencana Ecovillage Tamansari Di Kota Bandung. The 18th FSTPT International Symposium, Unila, Bandar Lampung, August 28, 2015.
Authors who publish with CONCRETE: Construction and Civil Integration Technology agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.