Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Nasabah Pada PT Bank Mega Syari’ah Cabang Semut Surabaya
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara simultan dan parsial dari dimensi kualitas layanan terhadap kepuasan nasabah pada PT Bank Mega Syariah Cabang Semut Surabaya.Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah PT Bank Mega Syariah Cabang Semut Surabaya. Jumlah sampel sebanyak 100 responden yang telah disebarkan melalui kuesioner. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling serta menggunakan rumus slovin dalam menentukan sampel. Selanjutnya, data analisis menggunakan uji instrumen, uji asumsi klasik, uji analisisregresi linier berganda, uji F, uji koefisien determinasi. uji t serta uji dominan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diensi kualitas layanan ya terdiri dari tangible,responsiveness dan emphaty berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah PT Bank Mega Syariah Cabang Semut Surabaya, sedangkan dimensi reliability dan assurance tidak berpengauh signifikan terhadap kepuasan nasabah PT Bank Mega Syariah Cabang Semut Surabaya. Dalam penelitian ini juga didapat hasil variabel dimensi tangible adalah variabel yang paling dominan dibanding variabel dimensi lainnya.