Penerapan Inovasi Pelayanan Publik Berbasis Digital Aplikasi Bimasena di Kecamatan Asemrowo Kota Surabaya

  • Ilvi Nikmatul Faidah Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Dr. Soetomo Surabaya
  • Aris Sunarya Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Dr. Soetomo Surabaya
  • Sri Kamariyah F
Abstract views: 25 , Full Text downloads: 15
Keywords: Digitalisasi, Pelayanan Publik, Aplikasi Bimasena

Abstract

Digitalisasi di era modern ini sangat mempengaruhi sistem pelayanan publik di Indonesia, alhasil kondisi ini menimbulkan banyak perubahan dalam pelayanan publik yang dulunya serba manual dan terkesan lama sekarang dengan adanya digitalisasi ini lebih mempermudah tidak hanya bagi para pelayan publik tetapi juga bagi masyarakat. Dengan menggunakan teori dari Rogers (1983 dalam chitta et al, 2014) dengan 4 jenis indikator (knowledge, persuasion,decision, implementation, confirmation). Untuk mengetahui dan mendeskripsikan Bagaimanakah wujud pelaksanaan penerapan inovasi  pelayanan publik berbasis digital Aplikasi Bimasena di dispendukcapil Kota Surabaya. Penelitian ini bertujuan memberikan gambaran secara rinci tentang inovasi Aplikasi Bimasena dengan menggunakan teori dari Rogers (1983 dalam chitta et al, 2014) dengan 4 jenis indikator (knowledge, persuasion,decision, implementation, confirmation) ini Atas dasar ini, penelitian ini jenis/tipe penelitian deskriptif kualitatif. Dari hasil penelitian yang diperoleh peneliti di lapangan menunjukkan bahwa program dari pengembangan inovasi yang diluncurkan oleh dispendukcapil Kota Surabaya ini yakni Aplikasi Bimasena menunjukkan bahwa pelayanan publik di Kota Surabaya dapat dikatakan sangat baik karena dari aplikasi ini dapat mempermudah pelayan publik sekaligus masyarakat dalam kepengurusan administrasi kependudukan. Hasil evaluasi dari Penerapan Inovasi  Pelayanan Publik Berbasis Digital Aplikasi Bimasena di Dispendukcapil Kota Surabaya keseluruhan cukup baik, walaupun masih ada beberapa hal yang harus ditingkatkan kembali. Pelaksanaan pelayanan administrasi pdublik sangat membantu dan dapat terus dilanjutkan dengan catatan guna untuk terpenuhinya kebutuhan kepengurusan administrasi kependudukan. 

 
Published
2024-04-02
How to Cite
Ilvi Nikmatul Faidah, Sunarya, A., & Ka, S. (2024). Penerapan Inovasi Pelayanan Publik Berbasis Digital Aplikasi Bimasena di Kecamatan Asemrowo Kota Surabaya. Soetomo Administrasi Publik , 2(1), 117-126. Retrieved from https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/sap/article/view/8078
Section
Article

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>