Inovasi Pelayanan Publik LANTARAN (Layanan Pengantar Obat Pasien Rawat Jalan) dalam Peningkatan Kualitas Pelayanan di RSPAL dr. Ramelan Surabaya

  • Ahmad Muchammad Aalijulloh Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Dr. Soetomo Surabaya
  • Aris Sunarya Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Dr. Soetomo Surabaya
  • Sri Roekminiati Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Dr. Soetomo Surabaya
Abstract views: 495 , Full Text downloads: 500
Keywords: Inovasi Pelayanan, Pelayanan Publik, LANTARAN

Abstract

Inovasi LANTARAN merupakan program terobosan yang dibentuk untuk memberikan layanan antar obat pasien rawat jalan dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik. Layanan ini dilaksanakan secara GRATIS untuk wilayah Surabaya, Sidoarjo dan Gresik dalam radius 20 Km. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan inovasi pelayanan LANTARAN di RSPAL dr. Ramelan Surabaya dan mengetahui faktor penghambat dan pendukung LANTARAN. Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Fokus dalam penelitian ini menggunakan inovasi public service menurut Bloch (2010), antara lain Produk, Proses, Organisasi, Komunikasi. Teknik Pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan juga dokumentasi. Teknik analisis data adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini, yaitu: 1) Produk, pihak farmasi telah menghasilkan produk berupa pamflet yang dihadirkan untuk memudahkan Masyarakat dalam pelayanan obat secara gratis. 2) Proses, dalam pelayanan ini yaitu mengantar obat pasien selesai berobat di UPF 2 ke rumah pemohon dengan jaminan keamanan yang baik. 3) Organisasi, membentuk staf khusus untuk pelayanan LANTARAN yang diberikan sesuai tugas dan tanggung jawab untuk membantu pasien. 4) Komunikasi, melakukan sosialisasi dan koordinasi dengan pihak-pihak terkait sebelum inovasi ini diterapkan kepada masyarakat atau pasien. Adapun faktor penghambat pada inovasi LANTARAN yaitu kurangnya sosialisasi dan penyebaran informasi kepada pasien tentang pelayanan LANTARAN. Rekomendasi yang dihasilkan yaitu perlu penambahan sarana dan prasarana yang lebih memadai, misalnya brosur atau baliho dan diperlukan informasi layanan LANTARAN melalui media sosial (WA, Facebook, Instagram dan media lainnya).

 

 
Published
2024-04-02
How to Cite
Ahmad Muchammad Aalijulloh, Sunarya, A., & Roekminiati, S. (2024). Inovasi Pelayanan Publik LANTARAN (Layanan Pengantar Obat Pasien Rawat Jalan) dalam Peningkatan Kualitas Pelayanan di RSPAL dr. Ramelan Surabaya. Soetomo Administrasi Publik , 2(1), 25-38. Retrieved from https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/sap/article/view/8070
Section
Article

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>