Inovasi Pelayanan Publik Kepada Penduduk Non Permanen Dengan Layanan Aplikasi Himpunan Data Demografi Kawasan (PUNTADEWA) di Kota Surabaya

  • Herly Soufi Bj Katio Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Dr. Soetomo Surabaya
  • Aris Sunarya Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Dr. Soetomo Surabaya
  • Sri Roekminiati Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Dr. Soetomo Surabaya
Abstract views: 89 , Full Text downloads: 82

Abstract

ABSTRAK

Penduduk warga negara Indonesia yang datang dari luar kota untuk tinggal di tempat yang berbeda dengan alamat domisili yang tertera pada Kartu Tanda Penduduk elektronik, selama beberapa waktu dan bertujuan untuk tidak pindah menetap disebut sebagai penduduk non permanen. Berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 14 Tahun 2015 tentang Pedoman Pendataan Penduduk Non Permanen menyatakan bahwa pemerintah melaksanakan pendataan terhadap penduduk non permanen dalam hal ini dilakukan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil. Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk mengetahui dan memahami bagaimana inovasi pelayanan publik yang dibuat oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Surabaya yaitu aplikasi Himpun Data Demografi Kawasan (Puntadewa) dalam melakukan pendataan penduduk non permanen berjalan secara efektif atau tidak, serta untuk mengetahui bagaimana respon penduduk non permanen terhadap aplikasi Puntadewa di Kota Surabaya selama ini. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan memperoleh data dari observasi lapangan, wawancara dengan informan penelitian, dan dokumentasi. Hasil penelitian dan pembahasan yaitu inovasi pelayanan publik yang dibuat oleh Dispendukcapil Kota Surabaya sudah cukup baik, serta respon penduduk non permanen atas kualitas layanan yang diberikan masih kurang baik terlihat dari beberapa indikator yaitu indikator pendukung dan pada indikator isi dan tampilan dengan faktor pendukung ialah dapat diakses oleh pengguna secara mandiri dan mempermudah proses pendataan antar pemerintah dengan masyarakat. Adapun faktor penghambatnya ialah kurangnya sosialisasi secara berkala, kurangnya kesadaran masyarakat dan kurangnya pengawasan secara merata dalam melakukan pendataan penduduk non permanen.

Kata Kunci : Inovasi, Pelayanan Publik, Penduduk non permanen, Kualitas Layanan e-Government.

Published
2023-11-02
How to Cite
Bj Katio, H. S., Sunarya, A., & Roekminiati, S. (2023). Inovasi Pelayanan Publik Kepada Penduduk Non Permanen Dengan Layanan Aplikasi Himpunan Data Demografi Kawasan (PUNTADEWA) di Kota Surabaya. Soetomo Administrasi Publik , 331 - 342. Retrieved from https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/sap/article/view/7198

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>