Model Inovasi Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor di Samsat Tulungagung

  • Asiq Nanang Zamroni
  • Aris Sunarya Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Dr.Soetomo Surabaya
Abstract views: 79 , Full Text downloads: 37
Keywords: Model Inovasi, Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor

Abstract

ABSTRAK

            Samsat Tulungagung menciptakan inovasi pembayaran pajak kendaraan bermotor melalui Sambel Bajak (Sambil Belanja Bayar Pajak), karena masih banyak masyarakat yang kesulitan membayar pajak kendaraan dan terbentur jam kerja. Inovasi tersebut memudahkan wajib pajak untuk membayar pajak kendaraan tahunan di Indomaret/Alfamart selain itu juga dapat mencetak bukti pembayaran sendiri (TBPKP).

            Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan inovasi layanan pembayaran pajak kendaraan bermotor melalui cetak online sendiri. Jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Fokus ini menggunakan teori Everett M. Rogers (2003) dalam Suwarno (2008:17), Dalam penerapannya inovasi memiliki atribut yang melekat didalam inovasi tersebut. Atribut inovasi yang dimaksud adalah sebagai berikut Relative Advantage (keuntungan relatif), Compatibility (kesesuaian), Complexity (kerumitan), Triability (kemungkinan dicoba), Observability (kemudahan diamati),. yang digunakan adalah teori komponen kemampuan inovasi menurut Emery (2016) yaitu budaya inovatif, kepemimpinan, pengetahuan ahli, keterlibatan pemangku kepentingan, desain kerja inovatif. Teknik pengambilan sampel adalah purposive.

            Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan inovasi ini mendapat respon yang baik dari masyarakat walaupun terdapat kendala. Indikator budaya inovatif sudah diterapkan, seperti memberikan ide dan masukan baru. Indikator kepemimpinan mempunyai peran yang cukup besar dalam pelaksanaan kegiatan sehingga berjalan sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan. Indikator pengetahuan ahli, menunjukkan penanggung jawab dan pelatihan serta bimbingan teknis. Indikator keterlibatan pemangku kepentingan, terdiri dari beberapa lembaga dan stakeholder untuk mendukung jalannya kegiatan.

Kata Kunci : Model Inovasi, Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor

References

Agus Salim dan Haeruddin (2019). Dasar-Dasar Perpajakan, Makassar : Library Unismuh
Amri, P., & Pribadi, U. (2015). Implementasi Pelayanan Samsat Corner dalam Rangka Meningkatkan Pelayanan Pajak Kendaraan Bermotor Tahun 2014. Journal of Governance and Public Policy, 2(2), 330-355.
Atarwaman, R. J. (2020). Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Sanksi Pajak Dan Kualitas Pelayanan Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi. Jurnal Akuntansi, 6(1), 39-51.
BAB, I. Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik dinyatakan bahwa Pelayanan Publik merupakan kegiatan atau rangkaian dalam rangka pemenuhan kebutuhan pelayanan sesuai dengan peraturan perundang-undangan bagi setiap warga negara dan penduduk atas barang, jasa, dan/atau pelayanan administratif yang.
Bahri, S., Diantimala, Y., & Majid, M. S. A. (2018). Pengaruh Kualitas pelayanan pajak, pemahaman peraturan perpajakan serta sanksi perpajakan terhadap kepatuhan wajib pajak (Pada Kantor Pajak KPP Pratama Kota Banda Aceh). Jurnal Perspektif Ekonomi Darussalam (Darussalam Journal of Economic Perspec, 4(2), 318-334.
Darmawan, D., Sakawati, H., & Ismail, I. (2018). Inovasi Sektor Publik Dalam Pelayanan Pembayaran Pajak Kendaraaan Bermotor Kota Makassar (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR).
Fandy Tjiptono, Service, Quality, & Satisfaction (2012), Dimensi Kualitas Pelayanan, Yogyakarya : ANDI
HABIBUL, U. (2021). INOVASI POKDARWIS TANJUNG LUAR MENGEMBANGKAN EKOWISATA DI KAWASAN PANTAI TANJUNG LUAR SEBAGAI DESTINASI PARIWISATA DI LOMBOK TIMUR (Doctoral dissertation, Universitas_Muhammadiyah_Mataram).
Haryanto, E. (2013). Kualitas layanan, fasilitas dan harga pengaruhnya terhadap kepuasan pengguna jasa layanan pada kantor samsat Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 1(3).
Keputusan Menteri Negara Pemberdayaan Aparatur Negara Nomor 63/KEP/M.PAN/7/2003 tentang Pedoman Umum Penyelenggaraan Pelayanan Publik
Mahesya, D. E. (2015). Tinjauan Pelayanan Purna Jual Pada Bagian Service di AUTO 2000 Cabang Suci Bandung (Doctoral dissertation, Universitas Widyatama).
Mukarrama, F. A., & Fadjryani, F. (2017). Sistem antrian single channel-multiple phase dalam meningkatkan pelayanan pembayaran pajak kendaraan bermotor di kantor sistem administrasi manunggal satu atap (samsat) kota palu. Natural Science: Journal of Science and Technology, 6(2).
Munazilin, A., & Santoso, F. (2020). Analisis dan Perancangan Forum Komunikasi Mahasiswa Pascasarjana Universitas Ibrahimy Berbasis Website. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(7), 1487-1494.
Nadila, S. (2021). IMPLEMENTASI ELECTRONIC GOVERNMENT DALAM MEWUJUDKAN GOOD GOVERNANCE DAN SMART CITY: NADILA, S. AP. Jurnal Administrasi Nusantara Maha, 3(3), 72-83.
Nugraha, M. W. R. (2015). Pengaruh Ekstensifikasi Pajak Dan Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Terhadap Tingkat Penerimaan Pajak Penghasilan (Studi Kasus Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Bandung Tegallega) (Doctoral dissertation, Universitas Widyatama).
Nurwanda, A., & Badriah, E. (2023). PENGEMBANGAN E-GOVERNMENT DALAM MENINGKATKAN AKURASI DAN INFORMASI POTENSI KELURAHAN STUDI ANALISIS DI KABUPATEN CIAMIS JAWA BARAT.
Oktavia, Y. (2022). Analisis Proses Inovasi Produk Kain Tenun Putri Mas Di Desa Sebauk Bengkalis (Doctoral dissertation, Universitas Islam Riau).
Prabawa, L. A., & Rizan, M. (2015). Perkembangan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, Inovasi, Kepemimpinan Dan Kinerja Perusahaan: Studi Transformasi Pt. Pos Indonesia. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Bisnis (JPEB), 3(1), 81-100.
Prianggono, J., & Manupputy, D. E. (2010). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan wajib pajak dalam penerbitan surat tanda nomor kendaraan di Samsat Balikpapan. Makna: Jurnal Kajian Komunikasi, Bahasa, Dan Budaya, 1(2), 58-74.
Rahim, H. C. K. (2020). Analisis minat belajar siswa terhadap mata pelajaran fisika di sma negeri 1 sakti. Jurnal Sains Riset, 9(3), 68-79.
Rahmadana, M. F., Mawati, A. T., Siagian, N., Perangin-angin, M. A., Refelino, J., Tojiri, M. Y., ... & Bahri, S. (2020). Pelayanan Publik. Yayasan Kita Menulis
Rinaldi, R. (2012). Analisis kualitas pelayanan publik. Jurnal Administrasi Publik (Public Administration Journal), 2(1), 22-34.
Sarunan, W. K. (2016). Pengaruh Modernisasi Sistem Administrasif Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Dan Wajib Pajak Badan Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 3(4).
Sinaga, N. A. (2018). Pemungutan pajak dan permasalahannya di Indonesia. Jurnal Ilmiah Hukum Dirgantara, 7(1).
Published
2023-12-08
How to Cite
Zamroni, A. N., & Sunarya, A. (2023). Model Inovasi Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor di Samsat Tulungagung. Soetomo Magister Ilmu Administrasi, 647 - 662. Retrieved from https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/smia/article/view/7451

Most read articles by the same author(s)