Evaluasi Layanan E-Channel Samsat dalam Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor di Kantor Bersama Samsat Sampang


Abstract
This research was conducted to determine the evaluation of E-channel services for special tax vehicles in Sampang district by evaluating services and supporting factors as well as inhibiting factors in the E-channel program. This research uses the Evaluation Method with data collection techniques in the form of interviews and documentation. The object of the research is at the Joint Samsat Sampang, Indomaret, Samsat Sampang and Motor Vehicle Taxpayers offices in Sampang. The research results show that it has not shown significant benefits, so it has proven to be less effective in terms of administration. Supporting factors in this E-channel include, in terms of faster time than conventional tax payments, easier payment methods with the PPOB (payment point of bank) system and working with various bank options, and Indomart. The main inhibiting factors found were that E-channel was not fully online, there was a lack of socialization of E-channel to the public, and the habit of using related services was still carried out by the majority of Sampang district residents. Internet and connection problems are also obstacles in using E-channel. As a recommendation to achieve better E-channel goals, it is hoped that the Regional Revenue Service can collaborate with the police regarding E-channel becoming a full online system. The government and BPD of East Java can intensify direct outreach to communities such as universities and every village.
References
Agus Salim dan Haeruddin (2019). Dasar-Dasar Perpajakan, Makassar : Library Unismuh
Almahbuby, A. M. (2021). Efektivitas layanan samsat unggulan dalam memaksimalkan penerimaan pajak kendaraan bermotor di Samsat Surabaya Selatan (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).
Amri, P., & Pribadi, U. (2015). Implementasi Pelayanan Samsat Corner dalam Rangka Meningkatkan Pelayanan Pajak Kendaraan Bermotor Tahun 2014. Journal of Governance and Public Policy, 2(2), 330-355.
Atarwaman, R. J. (2020). Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Sanksi Pajak Dan Kualitas Pelayanan Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi. Jurnal Akuntansi, 6(1), 39-51.
Azmi, M. (2018). Analisis Kualitas Pelayanan Publik Unit Pelaksana Teknis (UPT) Samsat Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah Provinsi Sumatera Utara.
BAB, I. Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik dinyatakan bahwa Pelayanan Publik merupakan kegiatan atau rangkaian dalam rangka pemenuhan kebutuhan pelayanan sesuai dengan peraturan perundang-undangan bagi setiap warga negara dan penduduk atas barang, jasa, dan/atau pelayanan administratif yang.
Bahri, S., Diantimala, Y., & Majid, M. S. A. (2018). Pengaruh Kualitas pelayanan pajak, pemahaman peraturan perpajakan serta sanksi perpajakan terhadap kepatuhan wajib pajak (Pada Kantor Pajak KPP Pratama Kota Banda Aceh). Jurnal Perspektif Ekonomi Darussalam (Darussalam Journal of Economic Perspec, 4(2), 318-334.
Belasari, B., Rahman, B., & Ranto, R. (2022). Implementasi Program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU) sebagai Inovasi dalam Penanggulangan Kemiskinan Masyarakat di Kecamatan Muntok Kabupaten Bangka Barat Tahun 2016-2020. Jurnal Studi Inovasi, 2(2), 1-16.
Bella, B. (2023). PENERAPAN PROGRAM SAMSAT KELILING DALAM MENGOPTIMALKAN PEMUNGUTAN PAJAK KENDARAAN BERMOTOR Di KOTA BANDAR LAMPUNG.
Bukidz, H. W. (2022). Evaluasi Perhitungan Pajak Penghasilan Pasal 21 Pegawai Tetap Pt. Bank Sulutgo Kantor Pusat Manado. Jurnal LPPM Bidang EkoSosBudKum (Ekonomi, Sosial, Budaya, dan Hukum), 6(1), 19-28.
Defi, E. (2024). EVALUASI PROGRAM PRAKTIK KERJA INDUSTRI PADA KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK KOMPUTER JARINGAN (TKJ) DI SMK MUHAMMADIYAH 2 BANDAR LAMPUNG (Doctoral dissertation, UIN RADEN INTAN LAMPUNG).
Fandy Tjiptono, Service, Quality, & Satisfaction (2012), Dimensi Kualitas Pelayanan, Yogyakarya : ANDI
Hajaroh, M. (2018). Pohon Teori Evaluasi Kebijakan dan Program (Metode, Nilai dan Menilai, Penggunaan). Foundasia, 9(1).
Haryanto, E. (2013). Kualitas layanan, fasilitas dan harga pengaruhnya terhadap kepuasan pengguna jasa layanan pada kantor samsat Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 1(3).
Hingis, L. R., & Oktariyanda, T. A. (2021). INOVASI PELAYANAN PEMBAYARAN PAJAK KENDARAAN BERMOTOR MELALUI SAMBEL BAJAK (SAMBIL BELANJA BAYAR PAJAK) DI BADAN PENDAPATAN DAERAH PROVINSI JAWA TIMUR. Publika, 253-268.
Kasahara, R. F. N., & Muhammad, R. N. (2023). Evaluasi Penerapan Tapping Box Dalam Penerimaan Pajak. Hiburan, Pajak. Restoran, Pajak. Hotel, Dan. Pajak Parkir Dengan. Menggunakan Model. End User. Computing Satisfaction Di Kota Sukabumi. KRISNA: Kumpulan Riset Akuntansi, 14(2), 284-296.
Keputusan Menteri Negara Pemberdayaan Aparatur Negara Nomor 63/KEP/M.PAN/7/2003 tentang Pedoman Umum Penyelenggaraan Pelayanan Publik
Khasnayanti, N. (2022). Tinjauan Pemberlakuan Penghapusan Denda Administrasi dalam Meningkatkan Penerimaan Pajak Kendaraan Bermotor pada Kantor Sistem Administasi Manunggal Satu Atap (SAMSAT) Padang (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Padang).
Lindriyati, D. I. (2020). Evaluasi Program Boarding School Model Goal Free Evaluation. Guepedia.
Mahesya, D. E. (2015). Tinjauan Pelayanan Purna Jual Pada Bagian Service di AUTO 2000 Cabang Suci Bandung (Doctoral dissertation, Universitas Widyatama).
Mukarrama, F. A., & Fadjryani, F. (2017). Sistem antrian single channel-multiple phase dalam meningkatkan pelayanan pembayaran pajak kendaraan bermotor di kantor sistem administrasi manunggal satu atap (samsat) kota palu. Natural Science: Journal of Science and Technology, 6(2).
Munazilin, A., & Santoso, F. (2020). Analisis dan Perancangan Forum Komunikasi Mahasiswa Pascasarjana Universitas Ibrahimy Berbasis Website. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(7), 1487-1494.
Nadila, S. (2021). IMPLEMENTASI ELECTRONIC GOVERNMENT DALAM MEWUJUDKAN GOOD GOVERNANCE DAN SMART CITY: NADILA, S. AP. Jurnal Administrasi Nusantara Maha, 3(3), 72-83.
Nugraha, M. W. R. (2015). Pengaruh Ekstensifikasi Pajak Dan Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Terhadap Tingkat Penerimaan Pajak Penghasilan (Studi Kasus Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Bandung Tegallega) (Doctoral dissertation, Universitas Widyatama).
Nuriyah, N. (2016). Evaluasi pembelajaran: sebuah kajian teori. Edueksos Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi, 3(1).
Nurwanda, A., & Badriah, E. (2023). PENGEMBANGAN E-GOVERNMENT DALAM MENINGKATKAN AKURASI DAN INFORMASI POTENSI KELURAHAN STUDI ANALISIS DI KABUPATEN CIAMIS JAWA BARAT.
Oktavia, Y. (2022). Analisis Proses Inovasi Produk Kain Tenun Putri Mas Di Desa Sebauk Bengkalis (Doctoral dissertation, Universitas Islam Riau).
Prabawa, L. A., & Rizan, M. (2015). Perkembangan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, Inovasi, Kepemimpinan Dan Kinerja Perusahaan: Studi Transformasi Pt. Pos Indonesia. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Bisnis (JPEB), 3(1), 81-100.
Prianggono, J., & Manupputy, D. E. (2010). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan wajib pajak dalam penerbitan surat tanda nomor kendaraan di Samsat Balikpapan. Makna: Jurnal Kajian Komunikasi, Bahasa, Dan Budaya, 1(2), 58-74.
Rahim, H. C. K. (2020). Analisis minat belajar siswa terhadap mata pelajaran fisika di sma negeri 1 sakti. Jurnal Sains Riset, 9(3), 68-79.
Rahmadana, M. F., Mawati, A. T., Siagian, N., Perangin-angin, M. A., Refelino, J., Tojiri, M. Y., ... & Bahri, S. (2020). Pelayanan Publik. Yayasan Kita Menulis.
Rinaldi, R. (2012). Analisis kualitas pelayanan publik. Jurnal Administrasi Publik (Public Administration Journal), 2(1), 22-34.
Santoso, T. EVALUASI PAJAK KENDARAAN BERMOTOR BERBASIS ELEKTRONIK SAMSAT.
Sarunan, W. K. (2016). Pengaruh Modernisasi Sistem Administrasif Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Dan Wajib Pajak Badan Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 3(4).
Sinaga, N. A. (2018). Pemungutan pajak dan permasalahannya di Indonesia. Jurnal Ilmiah Hukum Dirgantara, 7(1).
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sulistyorini, D. (2019). Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Pemahaman Wajib Pajak dan Kualitas Pelayanan Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Study Empiris di KPP Pratama Cikarang Selatan). Accounthink: Journal of Accounting and Finance, 4(2).
Sunarso, S., Bilyastuti, M. P., & Andayani, E. (2022). Evaluasi kebijakan larangan pemasangan polisi tidur (Speed bump dan speed hump) di Kabupaten Ponorogo. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(12), 5626-5631.
Syafriyani, I. (2019, December). Implementasi E-Government dalam Menjawab Tantangan Pelayanan Publik di Kabupaten Sumenep. In Prosiding: Seminar Nasional Ekonomi dan Teknologi (pp. 216-221).
Undang-Undang Dasar 1945, Nomor 23 A Tahun 2014 tentang Pajak dan Pungutan
Unismuh
Wicaksono, Y., & Santoso, S. B. (2015). Pengaruh kualitas pelayanan dan kepercayaan terhadap loyalitas pelanggan dengan kepuasan pelanggan sebagai variabel intervening (studi pelanggan di PT. Indo Samudera Perkasa Semarang) (Doctoral dissertation, Fakultas Ekonomika dan Bisnis).
Widhiarsa, O., & YOESTINI, Y. (2011). Analisis Tingkat Kepuasan Konsumen Terhadap Kualitas Pelayanan Hotel. Studi Kasus pada Hotel Ciputra di Semarang.
Widiyanto, H., Basworo, F. H., & Prbawaningrum, W. A. (2022). Penerapan Inovasi Teknologi Dalam IKM Dan Koperasi Kota Surakarta. Jurnal Bengawan Solo: Pusat Kajian Penelitian dan Pengembangan Daerah Kota Surakarta, 1(1), 73-88.
Yuhana, A. N., & Aminy, F. A. (2019). Optimalisasi peran guru pendidikan agama Islam sebagai konselor dalam mengatasi masalah belajar siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam,[SL], 7(1), 79-96.
Zahrani, N. R., & Mildawati, T. (2019). Pengaruh pemahaman pajak, pengetahuan pajak, kualitas pelayanan pajak dan sanksi pajak terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi (JIRA), 8(4).
Zaliluddin, D., & Rully, A. (2020). Implementasi E-Government Berbasis Android. JSiI (Jurnal Sistem Informasi), 7(2), 83-88.