Analisis Perilaku Aparat Dalam Pelayanan Surat Keterangan Kehilangan dan SKCK Pada Polsek Tenggarong Polres Kutai Kartanegara

  • Purwo Asmasi
  • Aris Sunarya Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Dr.Soetomo Surabaya
Abstract views: 23 , Full Text downloads: 15
Keywords: analysis, service, officer behavior

Abstract

“Penellitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku aparat dalam memberikan pelayanan publik pada Kepolisian Sektor Tenggarong Kota Kutai Kartanegara; juga untuk mengetahui kualitas pelayanan yang diberikan oleh aparat pada Kepolisian Sektor Tenggarong Kota Kutai Kartanegara. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenalogis, yakni mengkaji dan mempelajari fenomena perilaku yang muncul pada pelayanan publik pada Kepolisian Sektor Tenggarong Kota Kutai Kartanegara dalam hal pengurusan SKCK dan pembuatan STNK dan SIM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku aparat yang ditunjukkan berupa ketaatan, ketekunan kerja dan kepuasan tergolong cukup tinggi sementara kedisiplinan masih rendah karena masih banyak aparat yang mangkir dari jam kantor, begitu pula mengenai tanggung jawab masih rendah karena kurangnya keinginan dan kemampuan dalam mengambil keputusan. Sedangkan kualitas layanan seperti pembuatan STNK dan SIM memang agak sukar dan terkesan lambat karena banyak membutuhkan persyaratan, untuk pelayanan dan pengurusan SKCK prosedur pelayanan cukup mudah dan waktu penyelesaian tidak terlalu lama

References

Collier D.A. dalam Vincent Caspersz, 1994. Manajemen Pelayanan Kualitas Total Cara Terbaik untuk Memuaskan Pelanggan. Gramedia:Jakarta.
Danim, Sudarwan. 2002. Menjadi Peneliti Kualitatif. Penerbit Pustaka Setia: Bandung.
Edwardson. 1998. Quality of Service: PT. Gramedia.
Fattah, Sulaeman. 2001. Transformasi Manajemen Pelayanan Publik dalam Era Otonomi Daerah (Online), Vol 7 No. 4, by
Gibson, Ivancenvich, Donnelly, 1996. Organisasi, Perilaku, Struktur, dan Proses. Alih Bahasa Djakarsi. Erlangga: Jakarta.
Heady, Parrel. 1991. Empowerment: The Politics of Alternative Development. Biackwell Published, Massachusetts.
Iqbal Muhammad, 2007. Pelayanan yang Memuaskan. PT. Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia Jakarta.
Kartasasmita. 1996. Perilaku Organisasi. Sinar Baru Algesindo: Bandung.
Komaruddin, 1994. Kamus Manajemen. Alumni: Bandung.
Komisi Hukum Nasional RI. 2004. Reformasi Sektor Pelayanan Publik. Copyright oleh Komisi Hukum Nasional RI Website Pentasoft.
Komisi Hukum Nasional RI. 2005. Studi Model Penerapan Akuntabilitas Pelayanan Publik. Copyright oleh Komisi Hukum Nasional RI Website Pentasoft.
Lukman, Sampara. 1998. Reformasi Pelayanan Publik dalam Menghadapi Era Globalisasi.Widyapraja. UP Depdagri: Jakarta.
Moenir, AS. 1992. Manajemen Pelayanan Publik Indonesia. Bumi Aksara: Jakarta.
Ndraha, Taliziduhu. 1997. Budaya Organisasi. Rinneka Cipta: Jakarta.
Osbone, David dan Gaebler, Ted. 1993. Stewardship (Sikap Melayani). Batam Center Indonesia.
Paul. 2001. Kualitas Pelayanan Publik. Copyright oleh Komisi Hukum Nasional RI.
Rahayu, A.S. 1997. Fenomena Sektor Publik dan era Service Quality dalam Bisnis dan Birokrasi No. 1/Vol. III/ April / 1997. Jakarta.
Rangkuti, Freddy. 2002. Pengukuran Kepuasan Pelanggan. Gramedia: Jakarta.
Rasyid. 1997. Kajian Awal Birokrasi Pemerintahan dan Politik. Yasrif Watampone: Jakarta.
Ratminto. 2008. Manajemen Pelayanan. Pustaka Pelajar: Yogyakarta.
Salusu, J. 2000. Pengambilan Keputusan Strategik untuk Organisasi Publik dan Organisasi Nonprofit. PT. Gramedia Widya Sarana Indonesia: Jakarta.
Sedarmayanti. 2000. Restrukturisasi dan Pemberdayaan Organisasi untuk Menghadapi Dinamika Perubahan Lingkungan. Mandar Maju: Bandung.
Published
2023-12-09
How to Cite
Asmasi, P., & Sunarya, A. (2023). Analisis Perilaku Aparat Dalam Pelayanan Surat Keterangan Kehilangan dan SKCK Pada Polsek Tenggarong Polres Kutai Kartanegara. Soetomo Magister Ilmu Administrasi, 901-912. Retrieved from https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/smia/article/view/7494

Most read articles by the same author(s)