Analisis Kualitas Pelayanan Publik Inovasi Pendidikan Pada Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 4 Penajam Paser Utara Di Era Digital

  • Rahmanu
  • Aris Sunarya Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Dr.Soetomo Surabaya
Abstract views: 24 , Full Text downloads: 26
Keywords: Keywords: Quality of Public Services, Education Innovation, SMK Negeri 4 Penajam Paser Utara

Abstract

ABSTRAK

“Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas pelayanan publik inovasi pendidikan
pada sekolah menengah kejuruan negeri 4 penajam paser utara diera digital. Metode yang
digunakan peneliti adalah metode penelitian kualitatif. Penelitian ini mengambil tempat di
SMK Negeri 4 Penajam Paser Utara. Metode pengumpulan data menggunakan teknik-teknik
kualitatif seperti wawancara, observasi, dokumentasi. Alat analisa data menggunakan
deskriftif kualitatif.” “Hasil penelitian menunjukkan bahwa di SMK Negeri 4 Penajam Paser
Utara, pelaksanaan pembelajaran sudah dilaksanakan dengan baik. Hal ini terlihat dari
penyajian pembelajaran di kelas yang dilakukan oleh guru sudah menggunakan media
pembelajaran yang menarik serta kemampuan guru dalam menggunakan teknologi digital
pada penggunaan media pembelajaran berupa alat peraga digital sudah dalam kategori baik.
Sehingga siswa dapat mengikuti pembelajaran dengan baik dan menyenangkan serta mampu
meningkatkan motivasi belajar siswa yang berujung pada peningkatan hasil belajar siswa
sesuai dengan yang diharapkan.” “Adapun kesimpulkan dari penelitian ini adalah kualitas
pelayanan publik inovasi pendidikan pada sekolah menengah kejuruan negeri 4 penajam
paser utara sudah dilaksanakan dengan baik.” “Hal ini terlihat dari meningkatnya motivasi
siswa karena siswa merasa tertarik dengan penyajian pembelajaran yang berbasis digital yang
sangat menarik yang diberikan oleh guru.

References

Keban, Yeremias T. 2008. Enam Dimensi Strategis Administrasi Publik : Konsep, Teori,
Dan. Isu. Yogyakarta: Gava Media.
Keban, Yeremias T. 2014. Enam Dimensi Strategis Administrasi Publik : Konsep, Teori,
Dan. Isu. Yogyakarta: Gava Media.
Koentjaraningrat.1993. Metode-metode Penelitian Masyarakat. Jakarta. Gramedia Pustaka
Utama
Kusdi. 2009. Teori Organisasi dan Administrasi. Jakarta: Salemba Humanika. Mahmudi.
2010. Manajemen Kinerja Sektor Publik. Yogyakarta: Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen
YKPN.
Mangkunegara, A,P,. 2013, Manajemen Sumber Daya Manusia. Perusahaan. Bandung:
Remaja Rosdakarya,.
Merissan, M.A.dkk. 2010. Teori Komunikasi Massa. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Miles, Matthew B., Hubermen, A. Michael, dan Johnny Saldana. 2014. Analisis Data
Kualitatif, Buku Sumber tentang Metode-metode Baru. Jakarta: UI-Press.
Moekijat. 2001. Pengembangan Manajemen dan Motivator . Bandung: Pionir Jaya.
Muhammad. 2019. Pengantar Ilmu Administrasi Negara. Aceh: Unimal Press.
Muluk, Khairu. 2008. Knowledge Management. Malang: Bayumedia Publishing.
Munaf, Y,. 2016. Hukum Administrasi Negara. Pekanbaru: Marpoyan Tujuh Publishing.
Narudin. 2015. Pengantar Komunikasi Massa. Jakarta: Rajawali Pers. Pasolong, Harbani.
2011. Teori Administrasi Publik. Bandung: Alfabeta. Putra, Fadhilla. 2012. New Public
Governance. Malang: UB Press.
Ratminto dan Atik Septi Winarsih. 2005. Manajemen Pelayanan. Yogyakarta: Pustaka
Pelajar.
Robbins, Stephen P., 1994. Teori Organisasi: Struktur, Desain dan Aplikasi Ahli Bahasa
Jusuf Udayana. Jakrta: Alih. Bahasa.
Ruslan, Rosady. 2005. Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi: Konsep dan
Aplikasinya. Jakarta: Rajawali Pers.
Saefullah. 1999. Konsep Dan Metode Pelayanan Umum yang Baik, dalam Jurnal Ilmu Sosial
dan Ilmu Politik. Sumedang: FISIP UNPAD.
Saggaf, S, dan Akib, H,. 2018. Reformasi Pelayanan Publik di Negara. Berkembang.
Makassar. Sah Media.
Said, M. Mas’ud. 2007. Birokrasi di Negara Birokratis. Malang. UMM Press.
Satori, D,. 2011. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Savas, E, S,. 1987. Privatization: The Key to Better Government. New Jersey: Chatam House
Publisher.
Sellang, K,. 2016. Administrasi dan Pelayanan Publik (Antara Teori dan Aplikasinya).
Yogyakarta: Ombak.
Siagian, P, S,. 2002. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara Sinambela,
dkk. 2010. Reformasi Pelayanan Publik: Teori, Kebijakan, Dan Implementasi. Jakarta:
PT Bumi Aksara.
Siswanto, 2003, Manajemen Tenaga Kerja Indonesia. Jakarta. : Bumi Aksara.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung:Alfabeta.
Sukmadinata, N, S,. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Surjadi. 2012. Pengembangan Kinerja Pelayanan Publik. Bandung: Reifika Aditama.
Susanto. 2010. Management Gems. Jakarta. Kompas.
Wina Sanjaya. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Ed-1.
Jakarta: Prenadamedia Group.
Zeithaml, et al. 1990. Delivering Quality Service. New York. The Free Press.
Published
2023-12-05
How to Cite
Rahmanu, & Sunarya, A. (2023). Analisis Kualitas Pelayanan Publik Inovasi Pendidikan Pada Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 4 Penajam Paser Utara Di Era Digital. Soetomo Magister Ilmu Administrasi, 343-350. Retrieved from https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/smia/article/view/7394

Most read articles by the same author(s)