Evaluasi Penggunaan Aplikasi E-Sambat di Kota Pasuruan
Abstract
Layanan lpublik ladalah llayanan lyang ldimediasi lpemerintah lyang lmemenuhi lpersyaratan lmasyarakat. lMelalui laplikasi lyang ldikenal ldengan lE-Government, lkemajuan lteknologi lmemudahkan laparatur lnegara lbagian ldan ldaerah ldalam lmelakukan lpelayanan lpublik. lPemerintah lKota lPasuruaan lberupaya lmenata laplikasi lE-Sambat. lTujuan ldari lpenelitian lini ladalah luntuk lmemberikan lpemahaman ltentang lkualitas llayanan lE-Sambat lberdasarkan lpendekatan ldimensi lE-GovQual, lkesenjangan lantara lkinerja lE-Sambat ldengan lekspektasi lmasyarakat lterhadap laplikasi lE-Sambat, lserta lmengidentifikasi litem lmana lyang lakan ldiprioritaskan luntuk lsegera lperbaikan laplikasi lE-Sambat. lMetode lpenelitian lini lmenggunakan lpendekatan lkuantitatif ldengan lpendekatan ldeskriptif, lmenggunakan linstrumen lpenelitian lseperti langket ldan lbuku. lstrategi lmana lyang ldigunakan luntuk lmenilai lkelayakan laplikasi lide lmenggunakan lGAP. l339 lorang lmengambil lbagian ldalam lsurvei lsebagai lresponden. lMenurut ltemuan lanalisis, lkualitas llayanan laplikasi lE-Sambat l100% llayak, ldengan lGAP lantara lkinerja laplikasi ldan lekspektasi lmasyarakat lterhadap lvariabel lEase lof lUse, lTrust, lFunctionality lof lthe lInteraction lEnvironment, lReliability, lContent land lAppearance lof lInformation, ldan lCitizen lSupport, lserta lnilai lpersentase lkelayakan lmasing-masing lsebesar l0,08. lKesenjangan lrata-rata ldi lseluruh lpapan ladalah l0,01, lmenunjukkan lbahwa lpengguna lsenang ldengan llayanan laplikasi lE-Sambat.
References
Albar, lMooduto, lH. lA., lDahlan, lA. lA., lYuhefizar, lErwadi, l& lNapitupulu, lD. l(2017). lE-Government lService lQuality lBased lOn lE-Govqual lApproach lCase lStudy lIn lWest lSumatera lProvince. lInternational lJournal lOn lAdvanced lScience, lEngineering lAnd lInformation lTechnology, l7(6). lHttps://Doi.Org/10.18517/Ijaseit.7.6.4226
Nasution, lS., lAfrianto, lH., lNurfadillah lSalam, lS. l& lJ., lNim, lN., lSadjati, lI. lM., lAgent, lS. lG., lSifat, lT., lDan, lF., lStudi, lP., lPangan, lT., lPertanian, lF. lT., lKatolik, lU., lMandala, lW., l& lAceh, lD. l(2017). lBerbagai lPendekatan lDalam lProses lBelajar lDan lMengajar. lPendidikam, l3(1). lHttps://Doi.Org/10.1017/Cbo9781107415324.004
Parasuraman. l(2001). lThe lBehaviorial lConsequenses lOf lService lQuality. lJurnal lOf lMarketing, l60.
Sugiyono. l(2019). lMetode lPenelitian lPendidikan lPendekatan lKuantitaif, lKualitatif lDan lR&D. lIn lBandung: lCv lAlfabeta.