Evaluasi Pelayanan SIPRAJA dalam Pengurusan Data Penduduk di Kecamatan Taman Sidoarjo

  • ayudayh Universitas Dr.Soetomo Surabaya
  • Sri Roekminiati Universitas Dr.Soetomo Surabaya
Abstrak views: 45 , PDF downloads: 62
Kata Kunci: Sistem Pelayanan, Evaluasi, SIPRAJA, Pengelolaan Data Penduduk

Abstrak

Pelayanan publik yang efisien dan responsif memiliki peran krusial dalam memenuhi kebutuhan masyarakat yang semakin beragam. Kabupaten Sidoarjo berhasil mengatasi tantangan dalam pelayanan publik dengan mengembangkan aplikasi berbasis teknologi informasi bernama SIPRAJA. Aplikasi ini bertujuan meningkatkan kualitas dan keterjangkauan layanan publik, terutama dalam pengelolaan data penduduk di Kecamatan Taman Sidoarjo. Sebelum adanya SIPRAJA, masyarakat kesulitan mengakses informasi dan layanan publik karena keterbatasan sarana komunikasi dan teknologi. SIPRAJA berhasil meningkatkan akses masyarakat melalui platform digital. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan fokus pada aksesibilitas, kepuasan masyarakat, dan keadilan. Hasil penelitian menunjukkan perlu perbaikan dalam pelayanan SIPRAJA di Kecamatan Taman, seperti optimalisasi aksesibilitas karena lokasi pelayanan sulit dijangkau. Pemerintah juga meningkatkan respons terhadap keluhan masyarakat dan menanggulangi masalah ketidaksetaraan dalam pengelolaan data penduduk. Rekomendasi melibatkan peningkatan literasi digital masyarakat dan pemeliharaan kualitas jaringan internet. Penelitian ini memberikan wawasan bagi Pemerintah Daerah untuk memahami harapan masyarakat terhadap pelayanan publik digital, dengan tujuan meningkatkan kualitas layanan dan kepuasan masyarakat, serta menekankan pentingnya evaluasi berkelanjutan terhadap aplikasi pelayanan publik.

Referensi

Ahzani, F., Musadad, A., Mei, S., & Arif, L. (2020). Sistem Pelayanan Rakyat Sidoarjo (SIPRAJA) sebagai Inovasi Pelayanan Publik. Jurnal Syntax Transformation, 1(6), 206–213.

Along, A. (2020). Kualitas Layanan Administrasi Akademik di Politeknik Negeri Pontianak. Jurnal Ilmiah Administrasi Publik, 6(1), 94–99.

Ayu, A., Maharani, S., Putu, I., Swastika, A., Luh, N., Ning, P., & Astawa, S. P. (2023). Analisis Kualitas Pelayanan Elektronik (E-Servqual): Berfokus Pada Website Zublu. KARMAPATI: Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika, 12(1), 86–94.

Aqiilah, Inge, & Najicha, F. (2023). Peran Keadilan Sosial Dalam Mengatasi Kesenjangan Sosial: Evaluasi Terhadap Realisasi Sila Kelima Pancasila. Disertasi. Universitas Sebelas Maret.

Cronin, J. J., & Taylor, S. A. (1992). Measuring Service Quality: A Reexamination And Extension. Journal of Marketing, 56(3), 55–66.

Daraba, D., Salam, R., Dharma Wijaya, I., Baharuddin, A., & Sunarsi, D. (2023). Building Innovative and Efficient Public Services in The Digital Age in Indonesia. Pallangga Praja, 5(1), 78–102.

Febriani, E. R., & Prathama, A. (2022). Strategi Peningkatan Pelayanan Sistem Pelayanan Rakyat Sidoarjo 4.0 (SIPRAJA 4.0). Jurnal Kebijakan Publik, 13(4), 144–165.

Fitriyanto, M. A. (2018). Analisis Tingkat Kepuasan Konsumen Terhadap Kualitas Layanan dengan Metode Service Quality dan Importance Performance Analysis. Disertasi. Universitas Islam Indonesia.

Gamaputra, G., Aini Rosalia, N., Kusyeni, R., & Vokasi, P. (2022). Penerapan Standar Pelayanan Publik Melalui Aplikasi SIPRAJA (Sistem Pelayanan Rakyat Sidoarjo) di Kantor Kelurahan Celep. Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi, 5(2), 65–75.

Hamim, S., Vianda, L., & Pitaloka, S. (2020). Penerapan Prinsip Prinsip Pelayanan Publik di Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk dan Catatan Sipil Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Pekanbaru. Publika: Jurnal Ilmu Administrasi Publik, 6(1), 122–134.

Hariani, R. R. (2018). Evaluasi Kinerja Aparat Pemerintahan Kelurahan dalam Pelayanan Publik (Studi di Kelurahan Kenangan Baru Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang). Disertasi. Universitas Medan Area.

Isnaini, A. N., & Usrotin, C. I. (2022). Implementation of The Sidoarjo People’s Service System Program (SIPRAJA) as an Embodiment of Smart Governance. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

Juarisman, R., Tua, H., & Yusri, A. (2020). Evaluasi Kinerja Pelayanan Publik. Jurnal Ilmu Administrasi Negara, 16(1), 163–173.

Manchester, C. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Maskapai Penerbangan Nam Air Lubuklinggau. Skripsi. Universitas Bina Insan.

Musaddad, A. A., Ahzani, W. K. F., Susilowati, M., & Arif, L. (2020). Implementasi Sistem Pelayanan Rakyat Sidoarjo (SIPRAJA) Sebagai Inovasi Pelayanan Publik. Jurnal Syntax Transformation, 1(6), 1–20.

Palenewen, J. D. O. (2019). Manajemen Pelayanan Publik: Tinjauan Tentang Keadilan Akses Pelayanan Publik Bagi Kaum Difabel. Journal of Social Politics and Governance, 1(1), 1–12.

Putra, M. B. (2020). Hukum Pelayanan Publik. Sulawesi Selatan: Ombudsman RI Provinsi Sulsel.

Rahimallah, M. T. A., & Ricky, R. (2023). Keterbukaan Informasi Publik: Holistikasi dan Akselerasi Good Governance. Jurnal Ilmiah Wahana Bhakti Praja, 12(2), 62–75.

Rianti, S., Rusli, Z., & Yuliani, D. F. (2019). Kualitas Pelayanan Publik. Jurnal Ilmu Administrasi Negara, 15(3), 412–419.

Saputra, D. P., & Widiyarta, A. (2022). Efektivitas Program SIPRAJA Sebagai Inovasi Pelayanan Publik di Kecamatan Sidoarjo Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Penelitian Administrasi Publik, 7(2), 254–265.

Setiawan, R., & Syahbana, J. A. (2017). Kesetaraan Tingkat Pelayanan Fasilitas Sosial Dalam Perspektif Keadilan Ruang. Biro Penerbit Planologi Undip, 13(4), 1124–1132.

Sinollah, & Masruro. (2019). Pengukuran Kualitas Pelayanan (Servqual ±Parasuraman) dalam Membentuk Kepuasan Pelanggan Sehingga Tercipta Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus Pada Toko Mayang Collection Cabang Kepanjen). Jurnal Dialektika, 4(1), 82–95.

Sinsu, C., Mandey, J., & Plangiten, N. (2022). Pemenuhan Dimensi-Dimensi Pelayanan Publik di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Minahasa Utara. Jurnal Universitas Sam Ratulangi, 1(1), 1–12.

Sosial, H. S. J., Eka Agustina, D., Hikmah, M., & Eka Putri, F. (2022). Peningkatan Efektifitas Pelayanan Publik Melalui Aplikasi SIPRAJA di Kabupaten Sidoarjo. 5(2), 301–311.

Taufik, A., Santoso, S., Fahmi, M. I., Restuanto, F., & Yamin, S. (2022). The Role of Service and Product Quality on Customer Loyalty. Journal of Consumer Sciences, 7(1), 68–82.

Yulianti, T., Soestiantoro, A., & Putri, S. S. (2022). Implementasi Kebijakan Publik Melalui Sistem Pelayanan Rakyat Sidoarjo di Desa Tambak Sumur. Prosiding Seminar Nasional Universitas 17 Agustus, 1(1), 1–6.

Diterbitkan
2024-05-20