Evaluasi Kepuasan Pelayanan E-Proc Pada Penyedia Pengadaan Barang dan Jasa di PT Greatsoft Solusi Indonesia

  • Mahsunah
  • Zainal Fatah Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Dr. Soetomo Surabaya
  • Aris Sunarya Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Dr. Soetomo Surabaya
Abstract views: 96 , Full Text downloads: 97

Abstract

ABSTRAK

 

 

Pengadaan barang dan jasa pada hakekatnya adalah kegiatan untuk memperoleh barang dan jasa oleh kementrian/lembaga/satuan kerja perangkat daerah/institusi lainnya yang prosesnya dimulai dari perencanaan kebutuhan sampai diselesaikannya seluruh kegiatan untuk memperoleh barang/jasa hal ini telah tertuang dalam Peraturan presiden atau Perpres Nomor 16 Tahun 2018 tentang Pengadaan Barang atau Jasa yang didalamnya telah diatur bagaimana alur pengadaan barang dan jasa serta tata cara pengadaan.

Sistem e-procurement dalam pengadaan barang dan jasa secara elektronik melalui internet (e-procurement) mulai digunakan di Indonesa sejak tahun 2003 dengan terbitnya Keputusan Presiden No. 80 Tahun 2003 tentang Pedoman Pelaksanaan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah yang selanjutnya diatur lebih dalam diPerpres No. 54 Tahun 2010 tentang Pedoman Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah yang mana Tahap awal dari sistem Eprocurement diIndonesia yaitu dengan dilaunchingnya e-Announcement (lelang serentak) yang dikenalkan oleh Pemerintah Kota Surabaya pertama kalinya. Setelah e-Announcement.

Pada tahun 2004 Departemen Pekerjaan Umum menjadi instansi pertama yang melakukan uji coba format semi E-procurement pada tahun 2004 untuk wilayah pusat dan Dki Jakarta, kemudian penerapan kebijakan e-procurement dilakukan serentak di seluruh Indonesia dengan dibentuknya Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) yang dikembangkan oleh pusat pengembangan kebijakan pengadaan barang/jasa sesuai Inpres nomor 5 tahun 2004 tentang Percepatan Pemberantasan Korupsi. Selanjunya munculah sistem e-purchasing dengan pelaksanaan tender melalui e-katalog/katalog elektronik yang didasarkan pada Perka LKPP No. 17 Tahun 2012 tentang e-purchasing. Semakin kesini e-procurement semakin disempurnakan dengan munculnya e-kontrak dan e-marketplace. hal ini yang mendorong peneliti untuk melakukan penelitian “Evaluasi Kepuasan Pelayanan E-Proc Pada Penyedia Barang dan Jasa Di PT.Greatsoft Solusi Indonesia“ yang dari hasil evaluasi tersebut peneliti dapat mengambil kesimpulan kepuasaan pelayanan pengadaan barang dan jasa sebelum adanya lelang secara elektronik dan sesudah adanya lelang secara sehingga peneliti dapat menyimpulkan apakah sudah sesuai dengan kepuasan penilaian penyedia barang dan jasa saat ini.

 

  Kata Kunci: Efektivitas, Efisien dan Transparan

 

Published
2023-11-13
How to Cite
Mahsunah, Fatah, Z., & Sunarya, A. (2023). Evaluasi Kepuasan Pelayanan E-Proc Pada Penyedia Pengadaan Barang dan Jasa di PT Greatsoft Solusi Indonesia. Soetomo Administrasi Publik , 1(3), 605 - 614. Retrieved from https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/sap/article/view/7312
Section
Article

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>